PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI PAUD BSB PLUS TAMAN ANDARA
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v6i2.95Keywords:
Keywords: Keterampilan Sosial, Anak Usia Dini, Bermain Peran.Abstract
Abstract—Abstrak
Penelitian ini dilakukan oleh Herawati NIM: 17.86326.00.36, Mahasiswa
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Ilmu
Tarbiyah Al-Bukhary Labuhan batu, Sumatera Utara.
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Melalui
Kegiatan Bermain Peran di PAUD BSB Plus Taman Andara Kec Cinere, Kota Depok,
Jawa Barat 16514. Peneltian ini dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan dalam
keterampilan sosial anak di BSB Plus Taman Andara Kec Cinere, Kota Depok, Jawa
Barat 16514. “Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas
(PTK).” “Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 15
anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.” Objek penelitian
ini adalah keterampilan sosial. “Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi.” Instrument yang digunakan adalah pedoman observasi. “Teknik analisis
data dilakukan secara deskriptif, kualitatif dan kuantitatif.” Pada penelitian ini
dilakukan sebanyak dua siklus.
Keberhasilan dalam penelitian Kegiatan Bermain Peran dapat dilihat dengan
dua stimulasi yaitu : “1) stimulasi anak paham dan menaati peraturan, 2) stimulasi
sabar menunggu giliran.” Dalam tindakan tersebut dapat meningkatkan keterampilan
sosial anak. Pada saat dilakukan observasi pratindakan diperoleh 20% atau 3 anak
yang berkriteria baik, “hasil pelaksanaan masih kurang dari indikator keberhasilan
yang ditentukan berada pada kriteria kurang sekali, pada siklus I sebesar 40% menunjukkan adanya peningkatan
tetapi belum mencapai indikator yang
telah ditentukan karena masih berada
pada kriteria kurang sekali, dan
pada siklus II sebesar 86%.” Hasil
persentase pada siklus II menunjukkan
bahwa keterampilan sosial anak
di PAUD BSB Plus Taman Andara
dengan kriteria sangat baik sudah
tercapai indicator keberhasilan, maka
penelitian tersebut diberhentikan.