MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN METODE EDUTAINMENT

Authors

  • Haris Suwondo STIT Al-Bukhary Labuhanbatu

Keywords:

Hasil Belajar Sains, Metode Edutainment

Abstract

Ilmu pengetahuan alam semestinya sudah dipelajari sejak dini khususnya dalam
pendidikan formal. Sebagai contoh dalam sebuah pembelajaran di Pendidikan Anak
Usia Dini (PAUD) sudah diajarkan tema diri sendiri yang mana tema ini membahas
tentang anggota tubuh manusia beserta fungsinya, seperti tangan, mulut, hidung dll.
Sifat keilmiahan dari bidang ilmu ini membuatnya tetap masuk dalam daftar mata
pelajaran disetiap jenjang pendidikan . dari jenjang sekolah dasar (SD), Sekolah
Penengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Mengengah Atas (SMA), bahkan sampai
ke perguruan tinggi. Di SD masih dikenal dengan nama Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) yang sifat materi pelajaranya masih umum, dalam tingkat ini dipelajari semua
tentang yang berkenaan dengan alam semesta beserta isinya, namun hanya bagianbagiannya dasarnya saja. Pada jenjang sekolah menengah pertama, sains sudah di
bagi menjadi beberapa cabang keilmuan yaitu biologi dan fisika.
Metode edutainmentberasal dari kata education dan entertainment. education
artinya pendidikan dan entertainment artinya hiburan. Jadi apabila dibahas dari segi
bahasa edutainment artinya pendidikan yang menghibur atau menyenangkan. Hasil
belajar sains adalah derajat penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran
sains, yang diperoleh peserta didik melalui tes hasil belajar.

Downloads

Published

11-12-2022

How to Cite

Haris Suwondo. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN METODE EDUTAINMENT. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 6(1). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/75