STRATEGI MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI PAUD

Authors

  • Mia Audina Ananda STIT Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Anggili Pratama STIT AL-BUKHARY LABUHANBATU

Abstract

Pendidikan sebagai upaya pengubahan perilaku anak untuk menjadi lebih
baik, terutama dalam mendidik budipekerti pada anak usia dini. Pelaksanaan
pendidikan budi pekerti pada anak usia dini melibatkan banyak pihak, yaitu: orang
tua dan guru di lembaga pendidikan. Orang tua berperan sebagai guru pertama bagi
anak. Anak akan dengan mudah meniru tingkah laku, tutur kata, dan penampilan
orang tuanya. Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan mampu memberikan berbagai
stimulasi untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak, salah satunya
dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk anak. Orang dewasa
disekitar anak harus siap menjadi model dan teladan bagi anak dalam membentuk
budi pekerti yang baik. Strategi yang dilakukan dalam mengimplementasikan
pendidikan budi pekerti pada anak usia dini di lembaga pendidikan dapat dimulai
dengan keteladanan dari guru dan seluruh arga sekolah, dan dilanjutkan dengan
berbagai pelaksanaan kegiatan seperti kegiatan spontan, teguran kepada peserta
didik, pengkondisian lingkungan dan kegiatan rutin

Downloads

Published

09-12-2022

How to Cite

Mia Audina Ananda, & Anggili Pratama. (2022). STRATEGI MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI PAUD. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 5(1). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/59