PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING KEGIATAN BELAJAR ANAK PADA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Ismi Yulizar STIT Al-Bukhary
  • Tetty Yana Ritonga Mahasiswa PGMI STIT AL-BUKHARY LABUHANBATU

Keywords:

Peran Orang tua, Kegiatan Belajar Anak, Pandemi Covid 19

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui : (1) Peran orang tua dalam
membimbing kegiatan belajar anak di rumah, (2) Kendala pembelajaran daring di
rumah pada masa pandemi covid 19, (3) Dampak pembelajaran daring terhadap anak.
Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan
data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang dikumpulkan
berasal dari orang tua yang memiliki anak usia rentang 10-15 tahun. Analisis
data menggunakan analisis deskripstif kualitatif. Simpulan dari hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran daring di rumah menuntut orang tua
untuk lebih ekstra bekerja keras dalam membimbing anak belajar di bandingkan
dengan pembelajaran tatap muka di sekolah, (2) Orang tua tidak hanya mengawasi
anak-anak belajar tetapi juga harus memahami materi pelajaran yang diberikan
oleh guru guna untuk dapat membantu menyelesaikan tugas yang sulit, (3) Dengan
penggunaan jaringan internet yang selalu diakses anak-anak ketika belajar di rumah,
anak-anak cenderung menggunakan hp dengan waktu yang lebih lama dan memiliki
kesempatan untuk bermain game atau menggunakan aplikasi terkini lebih besar.

Downloads

Published

09-12-2022

How to Cite

Ismi Yulizar, & Tetty Yana Ritonga. (2022). PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING KEGIATAN BELAJAR ANAK PADA MASA PANDEMI COVID 19. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 5(1). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/57