MODEL PEMBELAJARAN AL-AMTSAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA NALAR ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Authors

  • Bukhari Is STIT Al-Bukhary

Keywords:

Model Pembelajaran AlAmtsal, Meningkatkan Daya Nalar Anak.

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari selalu menemui masalah mana yang dianggap
baik dan manapula yang dikategorikan buruk. Untuk menetapkankan pilihan
teresbut diperlukan daya nalar yang tinggi dengan pertimbangan akal. Dengan kata
lain daya nalar merupakan suatu kekuatan atau usaha untuk melakukan sesuatu
berdasarkan pertimbangan baik dan buruk oleh akal atau kesanggupan seseorang
untuk melakukan sesuatu sesuai dengan akal pikirannya. Sehingga daya nalar itu
adalah Dengan demikian daya nalar dapat diartikan sebagai suatu kemampuan
atau kekuatan tenaga, siasat dengan menggunakan akal untuk dapat berbuat atau
bertindak dalam mempertimbangkan hal baik dan buruk disertai akal dan budi
berbasis iman dan taqwa.
Dayan alar yang kuat dapat menghasilkan beberapa perbuatan yang baik
dan benar, demikian sebaliknya jika dapay nalar rendah dapat mengakibatkan
salah dalam menetapkan mana yang benar dan mana yang salah. Dengan demikian
daya nalar merupakan hal yang sangat perlu ditingkatkan, salah satu upaya untuk
meningkatkan daya mnalar siswa madrasah/sekolah tingkat dasar melalui medel
pembelajaran al-amtsal.
Model pembelajaran al-amtsal merupakan salah satu alternative model
pembelajaran yang dapat diterapkan dalam rangka menumbuhkan daya nalar (power
of reason) anak. Model Pembelajaran Al-Amtsal adalah model pembelajaran yang
dilakukan dengan mengawali ayat al-Quran yang berkaitan dengan perumpamaan,
gambaran pemikiran yang mucul, apa yang dirasakan, sikap apa yang dapat dibentuk,
perbuatan apa yang dapat dilakukan dan bagaimana tanggungjawabnya baik pada
diri sendiri maupun kepada orang lain, lingkungan dan yang Maha Kuasa.
Model Pembelajaran Al-Amtsal adalah model pembelajaran yang dilakukan
dengan mengawali ayat al-Quran yang berkaitan dengan perumpamaan, gambaranpemikiran yang mucul, apa yang
dirasakan, sikap apa yang dapat
dibentuk, perbuatan apa yang
dapat dilakukan dan bagaimana
tanggungjawabnya baik pada diri
sendiri maupun kepada orang lain,
lingkungan dan yang Maha Kuasa.

Downloads

Published

08-12-2022

How to Cite

Bukhari Is. (2022). MODEL PEMBELAJARAN AL-AMTSAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA NALAR ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 4(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/48