Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Media Komik, Literasi Siswa, Pembelajaran Sekolah dasarAbstract
Keterampilan literasi merupakan fondasi penting dalam pendidikan dasar, tetapi hasil penelitian di SD Negeri 054901 Sidomulyo menunjukkan bahwa siswa kelas V masih mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan, menyimpulkan informasi, dan menjawab pertanyaan teks. Minat baca yang rendah dan penggunaan metode konvensional merupakan salah satu penyebab lemahnya literasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik berbasis literasi dan menguji efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen pretes-postes control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media komik meningkatkan keterampilan literasi siswa secara signifikan. Kelompok eksperimen mengalami peningkatan skor literasi sebesar 22,75 poin, jauh lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Komik yang dikembangkan menggabungkan ilustrasi dan narasi kontekstual untuk mendorong minat baca, pemahaman bacaan, dan partisipasi aktif siswa. Disarankan agar guru menggunakan media komik sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran literasi dan menerima pelatihan dalam mengembangkan media cerita visual yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
References
Ardiansyah, R. (2023). Efektivitas Media Komik Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(1), 22-30. https://doi.org/10.22236/jtp.v15i1.2023
Creswell,J.W.(2021).EducationalResearch:Planning,Conducting,and EvaluatingQuantitativeandQualitativeResearch(6thed.).Pearson.https://www.researchgate.net/publication/324451568_Educational_Research_Planning_Conducting_and_Evaluating_Quantitative_and_Qualitative_Research_6th_Edition
Febriana, L. (2023). Penggunaan Komik Edukasi untuk Meningkatkan MinatBaca dan Literasi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 45-54. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpd/article/view/2023
Hasanah, N. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana. https://kencanaonline.com/book/364/metodologi-penelitian-pendidikan
Hasanah, N. (2021). Pengembangan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi dan Pembelajaran, 8(1), 13-20.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlp/article/view/2021
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2020). Instructional Media and Technologies for Learning (11th ed.). Pearson Education. https://www.pearson.com/en-us/subject-catalog/p/instructional-media-and-technologies-for-learning/P200000004587
Kemendikbudristek. (2023). Indikator Literasi Nasional. Jakarta: Puslitjakdikbud. https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/indikator-literasi-2023
Kemendikbudristek. (2023). Rapor Pendidikan Indonesia: Literasi dan Numerasi. Jakarta: Kemdikbudristek. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/rapor2023
Lestari, A., & Widodo, S. (2020). Komik sebagai Media Alternatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 88–97. https://jurnal.uns.ac.id/jpp/article/view/2020
Maulana,A.(2024). PeranGayaBelajarVisualdalamPenerapanMediaKomikdi SD. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(1), 55–63. https://ejournal.um.ac.id/index.php/jpp/article/view/2024
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2020). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). Sage Publications. https://us.sagepub.com/en-us/nam/qualitative-data-analysis/book246128
Pratama, D., & Yunita, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ADDIE. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 10(2), 34–41. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jipd/article/view/2022
Putra, R., & Sari, L. (2020). Transformasi Media Pembelajaran di Era Digital. Jakarta: Rajawali Pers. https://rajawalipers.com/produk/transformasi-media-pembelajaran-2020
Rahmawati, E. (2022). Kondisi Literasi Siswa Sekolah Dasar di Sumatera Utara: Studi Awal. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(3), 78–86. https://jurnal.unimed.ac.id/jip/article/view/2022
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. https://www.alfabeta.co.id/produk/metode-penelitian-sugiyono-2020
Sutrisno, H. (2020). Meningkatkan Literasi Membaca melalui Media Visual di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(3), 23–32. https://jurnal.uny.ac.id/index.php/jip/article/view/2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sirojul Fuadi, Fatma Zahara, Nola Alfianda, Renni Ramadhani Lubis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International