STRATEGI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI ERA DIGITAL

Authors

  • Rahma Dania Purba Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syahida Az Zahra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rahmat Rizki Hutagalung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Abdul Fattah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.199

Keywords:

Era digital, profesionalisme guru, strategi

Abstract

Penelitian ini membahas strategi pengembangan profesionalisme guru dalam era digital. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, guru perlu mengembangkan keterampilan dan pengetahuan digital agar dapat efektif mengajar serta mempersiapkan siswa untuk masa depan yang didominasi oleh teknologi. Guru, sebagai ujung tombak pendidikan, dituntut untuk terus meningkatkan profesionalisme mereka agar mampu menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh era digital. Penelitian ini menemukan bahwa Guru harus memiliki kemampuan dalam penggunaan teknologi edukatif dan non edukatif serta kemampuan mengelola pembelajaran yang adaptif dan personalisasi. Strategi pengembangan profesionalisme guru yang efektif meliputi pelatihan teknologi kolaborasi dengan rekan, dan partisipasi dalam diskusi profesional. Dengan demikian, guru dapat meningkatkan kompetensi mereka dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan digital yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengembangan profesionalisme guru di era digital. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode kepustakaan. Beberapa strategi yang dikaji meliputi profesionalisme guru, pengembangan profesionalisme guru, dan strategi menghadapi tantangan profesionalisme guru di era digital. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti peran penting dukungan dari pihak sekolah, pemerintah, dan lembaga terkait dalam implementasi strategi ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pembuat kebijakan pendidikan dan pihak terkait untuk meningkatkan profesionalisme guru di era digital guna mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.

References

Akbar, F. (2022). Strategi Guru Profesional Menghadapi Era Digital. Seri Publikasi Pembelajaran, 1-12.

Budiana, I. (2021). Menjadi Guru Profesional Di Era Digital. Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 144-161.

Dasmo, H. Didik Natosudjono, Oding Sunardi, & Sri Setyaningsih. (2022). Perilaku Inovatif Sebagai Pusat Pengembangan Profesional Guru Pada Era Digital. Malang: Media Nusa Creative.

Ertmer, P. A. (1999). Addressing first- and second-order barriers to change: Strategies for technology integration. Educational Technology Research and Development, 47-61.

Hargreaves, A, & Fullan, M. (2012). Professional Capital: Transforming Teaching in Every School. Teachers College Press.

Hetwi Marselina Saerang, Jelly Maria Lembong, Shelty Deity Meity Sumual, & Roos Marie Stella Tuerah. (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Digital:Tantangan dan Peluang. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 65-75.

Maya Veronica Sianturi, & Marta Putri Uli Simanjuntak. (2024). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital. Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi, 180-190.

Mishra, P, & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 1017-1054.

Scherer, R, Siddiq, F, & Tondeur, J. (2019). The Technology Acceptance Model (TAM): A meta-analytic structural equation modeling approach to explaining teachers' adoption of digital technology in education. Computers & Education, 13-35.

UT, U. (2016). Strategi Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Menghadapi Tantangan di Era Digital. Universitas Terbuka Convention Center, 164.

Yaredi Waruwu, Genoveva Dua Eni, Marta Alinda, Julinaldi, Dewi Apriani, Siti Afifah, . . . Ida Bagus Kade Ari Sukma. (2024). Teknologi Pendidikan: Transfoemasi Pembelajaran Di Era Digital . Bali: Intelektual Manifes.

Downloads

Published

25-06-2024

How to Cite

Rahma Dania Purba, Syahida Az Zahra, Rahmat Rizki Hutagalung, & Abdul Fattah Nasution. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI ERA DIGITAL. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 8(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.199