UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS IV MIS AL-AZHAR BAGAN BILAH
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v7i2.162Keywords:
Hasil Belajar IPS. Media GambarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV MIS Al-Azhar Bagan Bilah . Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) model kemmis dan mc. tenggard. penelitian dilakukan pada semester I tahun ajaran 2020/2021 dalam dua siklus. setiap siklus ada dua pertemuan. subjek penelitian ini ada siswa kelas IV ada berjumlah 20. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. sementara instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi dan dokumen. teknik alnalisis data dilakukan secara deskriptip kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS kelas IV MIS Al-Azhar Bagan Bilah. hasil belajar saat pratindakan , rata-rata kelas adalah 65,76 untuk ketuntasan ada 4 orang atau 32% dan belum tuntas ada 16 orang atau 68% hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70,00. pada siklus 1 diperoleh peningkatan hasil rata-rata kelas 71,92. ketuntasan ada 8 orang siswa atau 40% dan b elum tuntas 12 orang atau 60%berarti ada kenaikan nilai rata-rata pratindakan ke siklus I sebesar 6,61. sedangkan siklus II hasilnya mengalami kenaikan lagi yaitu rata-rata kelas menjadi 76,90%. dan ketuntasan ada 17orang atau 82% dan belum tuntas 3 orang atau 11% dengan demikian ada kenaikan rat-rat dari siklus I ke siklus II sebesar 4,98. selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. hal ini ditandai dengan meningkatkan keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab perganyaan dan mengemukakan pendapat.
References
Arif S. sadirman dkk. (2010). Media pendidikan, pengertian, pengembangan, dan pemamfaatan. Jakarta: rajawali pers.
Arsyad dan sadirman. (2015). Media pembelajaran. Jakarta: PT raja grapindo persadaAtmaja. (2014). Manajemen keuangan, buku satu, penerbit andi offset, yogyakarta.
Azhar arsyad. (2017). Media pembelajaran.
Jakarta: PT raja grapindo persada.
Basuki wibawa dan farida mukti. (2012). Media pengajaran. Jakarta departemen pendidikan dan kebudayaan.
Daryanto. (2010). Media pembelajaran. Yogyakarta: gava media.
Djojo Suradisastro dkk. (2012). Pendidikan IPS III. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Etin Solihati Dan Raharjo. (2018).
Cooperatifve leaning. Jalarta: bumi aksara.
Fakih Samlawi Bunyamin. (2015). Konsep dasar IPS. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan
Hamalik dan arstad. (2019).kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: bumi aksara.
Havighurst dalam desmita. (2019). Psikologi perkembangan pesertadidik. Bandung: PT remaja rosdakarya.
Hidayati. (2014). Pendidikan ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar. Yogyakarta: universitas negri yogyakarta Kurikulum 2013 dan dkk. (2016). Kurikulum
pendidikan dasar. Jakarta.
Kemp dan dayton dalam azhar arsyad. (2016). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.
Levie dan lentz dalam arsyad. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: raja grapindo persada.
Mc luhan dan sabuki. (2013). Media pengajaran. Jakarta:departemen pendidikan dan kebudayaan.
Mulyasa. (2017). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: Remaja Rosada Karya.
Mulyani sumatri dan johar pratama. (2019). Strategi belajar mengajar. Jakarta: depdiknas.
Nursid sumatamadja dalam Hidayati. (2012). Pendidikan ilmu pengetahuan sosisal di sekolah dasar. Yogyakarta: universitas negri Yogyakarta.
Nana sudjana. (2015). Penilaian hasil mengajar. Bandung:PT remaja rosdakaya
Oemar hamalik. (2018). Media pendidikan. Bandung: alumni.
Santosa S. hamidjojo dalam ahmad rohani. (2016). Media intruksional edukatif. Jakarta: PT rineka cifta.
Suharjo. (2018). Mengenal pendididkan sekolah dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Samatowa. (2014). Bangaimana membelajarkan IPS di sekolah dasar.jakarta: depdiknas Sadirman. (2015). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: rajawali press
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:rineka cipta.
Sudjana dan ripai. (2012). Media pengajaran. Bandung: sinar sinar baru algesindo
Suhardjono. (2017). Diklat pengembangan
ilmu pendidikan sosial. Yogyakarta: universitas negri yogyakarta.
Suharsimi arikuntoro. (2018). Manajemen penelitian. Jakarta rineka cipta.
Sukmadinata. (2012). Landasan psikologi prose pendidikan. Bandung:PT remaja rosda karya
Suwarsih madya. (2014). Panduan penelitian, yogyakarta: lembaga penelitian IKIP yogyakarta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syaipul sagala. (2018). Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: CV Alfabeta
Wina sanjaya. (2019). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: prenadamedia group.
Zainal aqib. (2013).penelitian tindakan kelas. Bandung: Yrama Widya.
Zamrona. (2015). Paradikma pendidikan masadepan. Jakarta: bayu indra grafik.