MANAJEMEN KELAS DALAM HUBUNGANNYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Syanty Ericka STIT Al-Bukhary Labuhanbatu

Keywords:

Manajemen kelas, Motivasi belajar, Siswa, MI

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh Shanti Ericha, Dosen
Pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary (STITA)
Labuhanbatu Sumatera Utara.
Penelitian ini bertujuan untuk membangkitkan semangat
belajar siswa madrasah ibtidaiyah melalui manajemen kelas.
Masih ada guru yang mengabaikan manajemen kelas, maka
melalui penelitian ini diharapkan para guru dan pengelola
pendidikan menyadari pentingnya manajemen kelas.
Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu
Manajemen kelas sebagai variabel X dan Motivasi belajar siswa
sebagai variabel Y. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi
dengan tingkat signifikan 5%. Teknik analisa data pada
penelitian ini adalah statistik deskriptif. Dan sampel yang di
gunakan dalam penelitian ini sebanyak 44 orang.
Berdasarkan hasil analisis di peroleh bahwa manajemen
kelas mempunyai hubungan yang erat dengan motivasi belajar
siswa, semakin tinggi perhatian guru terhadap manajemen
kelas maka semakin tinggi motivasi belajar siswa.

Downloads

Published

29-11-2022

How to Cite

Syanty Ericka. (2022). MANAJEMEN KELAS DALAM HUBUNGANNYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 3(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/13

Issue

Section

Articles