Analisis Perilaku Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary (STITA) Labuhanbatu Sumatera Utara Pada Penggunaan Aplikasi Tik Tok

Authors

  • Leli Hasanah Lubis STIT Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Ismi Yulizar STIT Al-Bukhary

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v7i1.103

Keywords:

Keywords—Perilaku; Mahasiswa; Tik Tok; Kualitatif

Abstract

AbstractAbstak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary (STITA) Labuhanbatu Sumatera Utara pada penggunaan aplikasi Tik Tok. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik “Purposive Sampling”. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Guru madrasah ibtidaiyah sebanyak 2 orang, angkatan 2019 sebanyak 3 orang, dan angkatan 2021 sebanyak 2 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary (STITA) Labuhanbatu Sumatera Utara menggunakan aplikasi Tik Tok untuk hal yang positif, hal itu bisa dilihat dari video yang mereka tonton dan waktu yang mereka habiskan untuk menggunakan aplikasi tersebut. Rata-rata mahasiswa menggunakan aplikasi Tik Tok untuk menonton video yang mengedukasi, misalnya seperti tutorial make-up dan masak. Kebanyakan para mahasiswa menghabiskan waktu untuk menggunakan aplikasi Tik Tok sekitar1-2 jam perhari. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary (STITA) Labuhanbatu Sumatera Utara menggunakan aplikasi Tik Tok masih dalam kategori perilaku yang wajar dan bersifat positif.

References

Agung, P., & Marisa, F. (2019). Analisis Statistik pada Dampak Negatif dari Sosial Media Terhadap Perilaku Manusia. JOINTECS(Journal of Information Technology and Computer Science), 4(1), 1-4.

Arifin, Z. (2015). Perilaku remaja pengguna gadget; Analisis teori sosiologi pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 26(2), 287-316.

Chaplin, J. P .1997. Kamus Lengkap Psikologi (Terjemahan Dr. Kartini Kartono)Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Deriyanto, Demmy, Fathul Qorib. 2018. Persepsi Mahasiswa Universitas

Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol. 7 No. 2.Fatimah Kartini Bohang. (2018). Tik Tok Punya 10 juta pengguna Aktif di Indonesia-Kompas.com. Retrieved September 10, from https://tekno. kompas.com/read/2018/07/05/09531027/tik-tok-punya-10-juta-penggunaaktif-di-indonesiaHandy, M., Wijaya, D. 2020. Konsumsi Media Sosial Bagi KalanganPelajar (Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok). 3(2), 170-192.Januarti, Wahyuni, D. 2018. “Perilaku Mahasiswa Dalam Menggunakan Media Sosial Di Universitas Sam Ratulangi Manado”. Ejornal UNSRAT..Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)Nazara, Krismun. 2019. Analisis Perilaku Cyberbullying Remaja Di Jejaring Sosial Instagram Di SekolahMadrasah Aliyah Islamiyah Sunggal[Skripsi]. Medan: Universitas Medan Area.Nugroho, Wisnu, A. 2018. Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia.Oktaheriyani, putri. 2020. Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial Tik Tok (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNISKA MAB Banjarmasin). Repository Universitas Islam Kalimantan.Putri, Wilga Secsio Ratsja, Nunung Nurwati, and Meilanny Budiarti S. 2016. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1)Madrasah Aliyah Islamiyah Sunggal[Skripsi]. Medan: Universitas Medan Area.

Munthe, Muhammad Zulham, Sahbuki Ritonga, and Leli hasanah Lubis. "UPAYA PENINGKATAN KREATIFITAS BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AL AMTSAL DI MIS PERDAMEAN SIGAMBAL RANTAUPRAPAT." Qalam lil Mubtadiin 1.1 (2022).

Downloads

Published

15-07-2023

How to Cite

Leli Hasanah Lubis, & Ismi Yulizar. (2023). Analisis Perilaku Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary (STITA) Labuhanbatu Sumatera Utara Pada Penggunaan Aplikasi Tik Tok. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 7(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v7i1.103