GURU SEBAGAI PELAKSANA MANAJEMEN KELAS (STUDI KASUS PADA KELAS RENDAH DI MIN 2 BABUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2021-2022)

Authors

  • Yuli Yani STIT Al-Bukhary Labuhanbatu

Keywords:

Guru, Manajemen Kelas.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran tenaga pendidik dalam
manajemen kelas, penelitian ini dilaksankan di kelas rendah MIN 2 Babssalam.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kualitatif dengan menggunakan
strategi penelitian studi kasus.Subjek penelitian ini adalah guru-guru kelas rendah,
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data
penelitian divalidasi dengan teknik triangulasi. Data dianalisis melalui tiga tahap
yaitu reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa peran guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar merupakan kunci
dalam pengelolaan pembelajaran. Di MIN Babssalam, guru harus merencanakan,
melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran dan membangun hubungan timbal
balik yang baik di antara semua anggota proses pembelajaran. Guru juga harus
berperan sebagai fasilitator, motivator, demonstrator, mediator dan evaluator, dalam
pengelolaan kelas yang inovatif.Guru juga dalam pelaksanaan manajemen Sekolah
dilibatkan dalam administrasi sekolah, dimana juga harus mengelola dan menjalankan
posisi yang ditugaskan pada guru untuk menjalankan administrasi sekolah.

References

Arikunto, S., 1986, Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif, Jakarta, Rajawali.

Djamarah, S. B,1997, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Banjar-masin: Rineka Cipta.

Efendy, S. R. dan Sahlan S, 1987, Dimensi-dimensi Mengajar, Bandung: Sinar Baru.

Kawuryan, Sekar, Purbarini, 2020, Kara-kteristik siswa SD Kelas Rendah Dan Pembelajarannya, PPSD FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Marno dan Supriyanto, 2008, Manajemen dan Kepemimpinan Pandidikan Is-lam, Bandung: PT Refika Aditama.

Rusyan, T,1992, Strategi Penerapan Kuri-kulum di Sekolah, Jakarta: Bina Mulia.

Saefullah, 2012, Manajemen Mendidikan Islam, Bandung:Pustaka Setia.

Sanjaya, W, 2008,Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pen-didikan, Jakarta: Kencana P

Sudirman dkk, 1991, Ilmu Pendidikan: Kurikulum, Program pengajaran, Efek Intruksional dan pengiring, CBSA, Metode mengajar, Media pendidikan, Pengelolaan kelas dan Evaluasi hasil belajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003

Wragg, E.C., 1996, Pengelolaan Kelas, Ja-karta: GrasindoYuli YaniGuru Sebagai Pelaksana Manajemen Kelas (Studi Kasus Pada Kelas Rendah di MIn 2...

Downloads

Published

11-12-2022

How to Cite

Yuli Yani. (2022). GURU SEBAGAI PELAKSANA MANAJEMEN KELAS (STUDI KASUS PADA KELAS RENDAH DI MIN 2 BABUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2021-2022). Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 6(1). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/79