MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI PAUD TERPADU ‘AISYIYAH NUR’AINI YOGYAKARTA

Authors

  • Eriani PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary (STITA)
  • Ahmad Soleh Rambe Mahasiswa PGMI STIT AL-BUKHARY LABUHANBATU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan, pengawasan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian ini adalah pimpinan yayasan, kepala sekolah,
ketua tim kurikulum, guru kelas, dan guru sentra di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah
Nur’aini Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah
triangulasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan empat tahapan yakni
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau
verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1)Perencanaan pembelajaran
berbasis multiple intelligences dilakukan dengan setiap guru mengenali intelegensi
siswa dengan cara melakukan observasi atau pengamatan harian, sharing sesama
guru dan mempersiapkan lesson plan berupa RPPH dan RPPM, 2)Pengorganisasian
pembelajaran berbasis multiple intelligences dilakukan oleh pimpinan yayasan, guru
kelas dan guru sentra, yaitu berupa pengorganisasian pembagian tugas megajar
dilaukan oleh pimpinan yayasan, pengorganisasian materi dan alokasi waktu serta
pengorgansasian media pembelajaran dilakukan oleh guru kelas dan guru sentra,
3)Pelaksanaan pembelajaran berbasis multiple intelligences dilakukan dengan
tiga tahap yaitu kegiatan awal dengan penyampian materi pagi oleh guru kelas
yang terdiri dari pra-pembelajaran, pemberian apersepsi, kedua yaitu kegiatan inti
dengan memasuki pijakan-pijakan bermain yang dissampaikan oleh guru sentra,
dan ketiga yaitu kegiatan akhir guru sentra dan guru kelas melakukan review
tentang belajar dan bermain yang telah dilakukan, 4) Pengawasan pembelajaran
18
Tarbiyah bil Qalam Vol. IV Edisi 2 Juli-Desember 2020
Eriani - Ahmad Soleh Rambe
Manajemen Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Di PAUD Terpadu ............
berbasis multiple intelligences berupa
evaluasi pembelajaran dimana guru
melakukan penilaian terhadap proses
pembelajaran dengan beberapa
program pengembangan di antaranya
ada: nilai agama dan moral, fisik
motorik, kognitif, bahasa, sosem,
seni, Al-Kemuhammadiyahan dan
Ke’aisyiyahan dan untuk menilai
pengetahuan, keterampilan, sikap
menggunakan teknik penilaian:
observasi, percakapan, unjuk kerja,
penugasan, hasil karya dan hasil
dari penilaian tersebut dapat dilihat
paada skala capaian penilaian
harian, catatan anekdot, dan laporan
perkembangan anak didik pada setiap
akhir semester

Downloads

Published

08-12-2022

How to Cite

Eriani, & Ahmad Soleh Rambe. (2022). MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI PAUD TERPADU ‘AISYIYAH NUR’AINI YOGYAKARTA. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 4(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/45