Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Sirojul Fuadi STKIP Al-Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Fatma Zahara STKIP Al-Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Nola Alfianda STKIP Al-Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Renni Ramadhani Lubis STKIP Al-Maksum Langkat, Stabat, Indonesia

Keywords:

Media Komik, Literasi Siswa, Pembelajaran Sekolah dasar

Abstract

Keterampilan literasi merupakan fondasi penting dalam pendidikan dasar, tetapi hasil penelitian di SD Negeri 054901 Sidomulyo menunjukkan bahwa siswa kelas V masih mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan, menyimpulkan informasi, dan menjawab pertanyaan teks. Minat baca yang rendah dan penggunaan metode konvensional merupakan salah satu penyebab lemahnya literasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik berbasis literasi dan menguji efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen pretes-postes control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media komik meningkatkan keterampilan literasi siswa secara signifikan. Kelompok eksperimen mengalami peningkatan skor literasi sebesar 22,75 poin, jauh lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Komik yang dikembangkan menggabungkan ilustrasi dan narasi kontekstual untuk mendorong minat baca, pemahaman bacaan, dan partisipasi aktif siswa. Disarankan agar guru menggunakan media komik sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran literasi dan menerima pelatihan dalam mengembangkan media cerita visual yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

References

Ardiansyah, R. (2023). Efektivitas Media Komik Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(1), 22-30. https://doi.org/10.22236/jtp.v15i1.2023

Creswell,J.W.(2021).EducationalResearch:Planning,Conducting,and EvaluatingQuantitativeandQualitativeResearch(6thed.).Pearson.https://www.researchgate.net/publication/324451568_Educational_Research_Planning_Conducting_and_Evaluating_Quantitative_and_Qualitative_Research_6th_Edition

Febriana, L. (2023). Penggunaan Komik Edukasi untuk Meningkatkan MinatBaca dan Literasi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 45-54. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpd/article/view/2023

Hasanah, N. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana. https://kencanaonline.com/book/364/metodologi-penelitian-pendidikan

Hasanah, N. (2021). Pengembangan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi dan Pembelajaran, 8(1), 13-20.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlp/article/view/2021

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2020). Instructional Media and Technologies for Learning (11th ed.). Pearson Education. https://www.pearson.com/en-us/subject-catalog/p/instructional-media-and-technologies-for-learning/P200000004587

Kemendikbudristek. (2023). Indikator Literasi Nasional. Jakarta: Puslitjakdikbud. https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/indikator-literasi-2023

Kemendikbudristek. (2023). Rapor Pendidikan Indonesia: Literasi dan Numerasi. Jakarta: Kemdikbudristek. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/rapor2023

Lestari, A., & Widodo, S. (2020). Komik sebagai Media Alternatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 88–97. https://jurnal.uns.ac.id/jpp/article/view/2020

Maulana,A.(2024). PeranGayaBelajarVisualdalamPenerapanMediaKomikdi SD. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(1), 55–63. https://ejournal.um.ac.id/index.php/jpp/article/view/2024

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2020). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). Sage Publications. https://us.sagepub.com/en-us/nam/qualitative-data-analysis/book246128

Pratama, D., & Yunita, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ADDIE. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 10(2), 34–41. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jipd/article/view/2022

Putra, R., & Sari, L. (2020). Transformasi Media Pembelajaran di Era Digital. Jakarta: Rajawali Pers. https://rajawalipers.com/produk/transformasi-media-pembelajaran-2020

Rahmawati, E. (2022). Kondisi Literasi Siswa Sekolah Dasar di Sumatera Utara: Studi Awal. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(3), 78–86. https://jurnal.unimed.ac.id/jip/article/view/2022

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. https://www.alfabeta.co.id/produk/metode-penelitian-sugiyono-2020

Sutrisno, H. (2020). Meningkatkan Literasi Membaca melalui Media Visual di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(3), 23–32. https://jurnal.uny.ac.id/index.php/jip/article/view/2020

Downloads

Published

22-08-2025

How to Cite

Sirojul Fuadi, Fatma Zahara, Nola Alfianda, & Renni Ramadhani Lubis. (2025). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/364