Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa X SMA Swasta Persiapan
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v9i2.300Keywords:
Metode Cooperative Script, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Siswa SMA, Metode Konvensional, EksperimenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Swasta Persiapan. Tujuan khusus dari penelitian ini antara lain: mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Cooperative Script dan metode pembelajaran konvensional, menganalisis sejauh mana efektivitas metode Cooperative Script dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, dan untuk memberikan alternatif strategi pembelajaran yang lebih kolaboratif dan partisipatif bagi guru dalam proses mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experiment). Data diperoleh melalui pelaksanaan pretest dan posttest pada dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis menggunakan Independent Sample t-Test, diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, H₀ ditolak dan Hₐ diterima, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kedua kelompok. Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan rata-rata 22,61 poin, sedangkan kelompok kontrol hanya 12 poin. Temuan ini membuktikan bahwa metode Cooperative Script lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan metode konvensional.
References
Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 104.
Hasim, F. Y., Popoi, I., & Ardiansyah, A. (2019). Penerapan Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 1(2), 51–60. https://doi.org/10.37479/jeej.v1i2.2521
Herman, H., Ivantara, E. P., & Manalu, D. B. (2020). the Effect of Using Cooperative Script on Student’S Reading Comprehension At Grade Elevent of Sma Negri 2 Pematangsiantar. ACITYA Journal of Teaching & Education, 2(2), 82–94. https://doi.org/10.30650/ajte.v2i2.1361
Oriza Candra, Yanto, D. T. P., & Imam, N. (2020). Aplikasi Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Menggunakan Hasil Pengukuran. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 11(2), 17–22. https://doi.org/10.25299/perspektif.2020.vol11(2).5393
Prastika, Y. D. (2021). Hubungan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.772
Rokhanah, N., Widowati, A., & Sutanto, E. H. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3173–3180. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.860
Rusydiana, D. (2021). Penerapan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan hasil Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1, 683–691. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562053
Selamet, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa di SD Inpres Tumpu Jaya I. Jurnal Paedagogy, 8(2), 152. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3493
Solissa, E. M. (2022). Implementation of Cooperative Script Learning Model to Improve News Listening Ability Students of Class X1-IPS SMA Negeri 14 Maluku Tengah. Budapest International Research and Critics Institute Journal, 5(2), 9796–9807.
Ungusari, E. (2015). Penerapan Model PembelajaranCooperativeScriptdalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas VII DI MTsN Kediri 2, 151, 10–17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ari Fransisco, Syahraini Ritonga, Rahmi Syafriyeti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International