Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa X SMA Swasta Persiapan

Authors

  • Ari Fransisco Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu
  • Syahraini Ritonga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu
  • Rahmi Syafriyeti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v9i2.300

Keywords:

Metode Cooperative Script, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Siswa SMA, Metode Konvensional, Eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Swasta Persiapan. Tujuan khusus dari penelitian ini antara lain: mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Cooperative Script dan metode pembelajaran konvensional, menganalisis sejauh mana efektivitas metode Cooperative Script dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, dan untuk memberikan alternatif strategi pembelajaran yang lebih kolaboratif dan partisipatif bagi guru dalam proses mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experiment). Data diperoleh melalui pelaksanaan pretest dan posttest pada dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis menggunakan Independent Sample t-Test, diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, H₀ ditolak dan Hₐ diterima, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kedua kelompok. Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan rata-rata 22,61 poin, sedangkan kelompok kontrol hanya 12 poin. Temuan ini membuktikan bahwa metode Cooperative Script lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan metode konvensional.

References

Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 104.

Hasim, F. Y., Popoi, I., & Ardiansyah, A. (2019). Penerapan Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 1(2), 51–60. https://doi.org/10.37479/jeej.v1i2.2521

Herman, H., Ivantara, E. P., & Manalu, D. B. (2020). the Effect of Using Cooperative Script on Student’S Reading Comprehension At Grade Elevent of Sma Negri 2 Pematangsiantar. ACITYA Journal of Teaching & Education, 2(2), 82–94. https://doi.org/10.30650/ajte.v2i2.1361

Oriza Candra, Yanto, D. T. P., & Imam, N. (2020). Aplikasi Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Menggunakan Hasil Pengukuran. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 11(2), 17–22. https://doi.org/10.25299/perspektif.2020.vol11(2).5393

Prastika, Y. D. (2021). Hubungan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.772

Rokhanah, N., Widowati, A., & Sutanto, E. H. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3173–3180. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.860

Rusydiana, D. (2021). Penerapan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan hasil Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1, 683–691. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562053

Selamet, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa di SD Inpres Tumpu Jaya I. Jurnal Paedagogy, 8(2), 152. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3493

Solissa, E. M. (2022). Implementation of Cooperative Script Learning Model to Improve News Listening Ability Students of Class X1-IPS SMA Negeri 14 Maluku Tengah. Budapest International Research and Critics Institute Journal, 5(2), 9796–9807.

Ungusari, E. (2015). Penerapan Model PembelajaranCooperativeScriptdalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas VII DI MTsN Kediri 2, 151, 10–17.

Downloads

Published

14-07-2025

How to Cite

Ari Fransisco, Syahraini Ritonga, & Rahmi Syafriyeti. (2025). Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa X SMA Swasta Persiapan. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(2). https://doi.org/10.58822/tbq.v9i2.300