Implementasi Program Madrasah Hifdzil Qur’an (Mhq) Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Putri Walisongo Jombang
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v9i2.290Keywords:
Madrasah Hifzil Qur'an, Pondok Pesantren, Hafalan Al-Qur'an, Pendekatan Fenomenologi, Peran Ustadz/UstadzahAbstract
Penelitian ini membahas tentang implementasi program Madrasah Hifzil Qur'an (MHQ) di Pondok Pesantren Putri Walisongo Jombang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program MHQ dilaksanakan secara praktis di lapangan, peran pendidik dalam mendampingi proses hafalan Al-Qur'an, serta faktor pendukung dan penghambat yang dialami para santri dalam menghafal Al-Qur'an. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi strategi monitoring dan evaluasi yang diterapkan oleh pihak pesantren dalam menjaga kualitas hafalan santri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yang memfokuskan pada pengalaman subjektif para santri dan ustadz/ustadzah sebagai partisipan utama. Peneliti mendekati data dengan melihat, mendengar, dan memahami secara langsung dinamika pelaksanaan program MHQ. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran ustadz/ustadzah sangat krusial, khususnya dalam proses monitoring hafalan melalui pengecekan absensi, murojaah secara kelompok dan individu, serta evaluasi bulanan. Program MHQ memberikan kebebasan metode menghafal kepada santri, sehingga mereka dapat menyesuaikan strategi hafalan dengan kemampuan masing-masing. Penelitian ini juga mengungkapkan adanya faktor internal seperti motivasi diri dan eksternal seperti dukungan lingkungan, yang memengaruhi keberhasilan hafalan Al-Qur'an santri.
References
Abdullah, S. (2022). Metode Pembelajaran dan Menghafal Al-Qur’an. Bantul: Lembaga Ladang Kata.
Ahmad, M., & Robanoi, S. (2021). Menghafal Al-Qur’an. Bandung: Mujahid Press.
Al-Hidayah, L. (2020). The Impact of Environment on Quran Memorization. Islamic Education and Psychology, 5(2), 40–55.
Al-Mansur, A. (2021). The Role of Tasmi’ in Enhancing Quranic Memorization. Journal of Quranic Studies, 12(2), 40–58.
Al-Qasim, A. M. (2018). Tahfizh Al-Qur'an: Metode dan Motivasi. Dar Al-Mughni.
Alfi, D. Z., & Idawati, K. (2022). Efektivitas model pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri pada program pengajian ba’da subuh di Pondok Pesantren Tebuireng. Dinamika: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman, 7(2), 27–47. https://doi.org/10.32764/dinamika.v7i2.2936
Az-Zahrani, M. (2015). The Role of Parents in Memorizing the Qur'an. Dar Ibn Khuzaimah.
Husein, M. (2020). Pengaruh Metode Sambung Ayat terhadap Memori Otak. Journal of Islamic Education, 12(2), 89.
Idayu, H. (2020). Manajemen Waktu Penghafal Al-Qur’an dalam Meraih Prestasi Akademik. Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 4(1), 75–86. https://doi.org/10.23971/tf.v4i1.1764
Journal of Islamic Education. (2018). The Effectiveness of Talaqqi Method in Quran Memorization, 12(3), 45–60.
Khamdan, M. U., & Mahadun, H. (2022). Implementasi metode pembelajaran Qiro’ah Sab’ah dalam meningkatkan pemahaman terhadap Qiro’ah Masyhuroh di Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18, 17–33.
Mardan. (2009). Sebuah Pengantar Memahami Al-Qur’an. Jakarta: Mapan.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammmedi. (2017). Psikologi Belajar. Medan: CV Iscom Medan.
Nurlatifah, P. (2009). Menjadikan Al-Qur’an Sebagai Teman. Banten: Talenta Pustaka.
Salim, A. (2009). Panduan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Semarang: Diva Press.
Shihab, M. Q. (1998). Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i. Bandung: Abacus.
Shihab, M. Q. (2005). Tafsir Al-Misbah (Vol. 7). Jakarta: Lentera Hati.
Syukri, A. (2019). Urgensi Qiyamullail dalam Kehidupan Seorang Muslim. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 12(2), 115. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/futura/article/view/1567
Syukur, A. (1987). Studi Implementasi Latar Belakang Konsep Pendekatan dan Relevansinya Dalam Pembangunan. Ujung Padang: Persadi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M Zainal Abidin Nur, Muhammad Muhsin Ks

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International