PENGARUH METODE MENDONGENG TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AR-RAUDHATUL JANNAH SIGAMBAL

Authors

  • Elly Agustina Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu Sumatera Utara
  • Suryatik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu Sumatera Utara
  • Azhar Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu Sumatera Utara
  • Jupriaman Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.193

Keywords:

Metode Mendongeng, Perkembangan Bahasa

Abstract

Pengaruh Metode Mendongeng Dapat Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Di TK Ar-Raudhatul Jannah Sigambal. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah metode mendongeng dapat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK Ar-Raudhatul Jannah Sigambal dan berapa besar pengaruh metode mendongeng dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK Ar-Raudhatul Jannah Sigambal.

                Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Kuantitatif dengan pre test post test control design group. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan total sampling yakni dengan melibatkan seluruh peserta didik TK Ar-Raudhatul Jannah Sigambal yang berjumlah 40 siswa. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu 20 siswa kelas control dan 20 siswa kelas eksperimen.

Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 23 untuk uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji Hipotesis. Peningkatan perkembangan bahasa anak kelas kontrol pada tema binatang dan tidak diberikan perlakuan metode mendongeng diperoleh nilai rata-rata pre tes sebesar 5.1 dan nilai rata-rata post tes sebesar 7,65. Peningkatan perkembangan bahasa anak kelas eksperimen pada tema binatang dengan menggunakan metode mendongeng diperoleh nilai rata-rata pre tes sebesar 4,7 dan nilai rata-rata post tes sebesar 9,85. Hasil pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t, yaitu uji satu pihak dengan taraf signifikan 5%. Uji pengaruh nilai post-tes kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung = 4,762 sedangkan ttabel = 2,10092 atau thitung ≥ ttabel ( 4,762 ≥ 2,10092) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh metode mendongeng terhadap peningkatan perkembangan bahasa anak TK Ar-Raudhatul Jannah Sigambal.

References

Abdullah SaniRidwan, 2013, Inovasi Pembelajaran, Bumi Aksara, JakartaRukiyah, 2018, Dongeng, Mendongeng dan Manfaatnya, ISSN : 2598-3040Vol.2, Universitas Diponegoro, Semarang

Affandi Muhammad dkk, 2013, Model dan metode pembelajaran di sekolah, Unissa Press, Semarang

AsmawatiLuluk, 2014, Perencanaan Pembelajaran PAUD, PT.Remaja Rosdakarya, Bandung

Beaty J Janice, 2014, Observasi Perkembangan Anak Usia Dini, Kencana, Jakarta

Dalman, 2014, keterampilan membaca, Rajawali, Jakarta

Darmawan, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

DhieniNurbiana dkk, 2018,Metode Pengembangan Bahasa, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan

HildayaniRini dkk, 2015, Psikologi Perkembangan Anak, Universitas Terbuka. Tangerang selatan

Hoff Erika, 2014, Language Development, Wadsworth Cengage Learning, United

Holiya, FadilDjamali, 2018, Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Peningkatan Kosakata Anak Usia Dini di TK Berdikari Sukorambi Jember, Vol 2, Nomor 1, ISSN: 2614-4387, JECIE, Jember

HurlockBElizabeth, 2014, Psikologi Perkembangan, Erlangga, Jakarta

Karmila Mila & Purwadi, 2019, Pembelajaran Bahasa untuk Anak Usia Dini,UPT

Kultsum Umi, 2018, Pendidikan dalam kajian hadits tekstual dan kontekstual, Cinta Buku Media, Tangerang Selatan

Mansur, 2014, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Marliani Rosleny, 2015, Psikologi Perkembangan, CV. Pustaka Setia, Bandung

Masturoh Imas dan Anggita T Nauri, 2018, Metodologi Penelitian Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta

Musthofa Yanto, 2017, Bahasa Mencerdaskan Bangsa, Yayasan batutis Al-ilmi, Bekasi

Nuryadi, 2017, Dasar-dasar Statistik Penelitian, Sibuku Media, Yogyakarta

Pedoman Penilaian Pembelajaran AUD, 2015, Direktorat pembinaan Pada AnakUsia Dini, Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press, Semarang

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014. Jakarta

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Jakarta

Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 137 Tahun 2013. Jakarta

PuspitasariNur Aini, dkk, 2018, Keterampilan Mendongeng, Nuansa Grafika, Jakarta Selatan

Rimsasi Dwi Suryani, 2018, Menganalisis metode pembelajaran dongeng, Universitas Muhammadiyah, Sidoarjo

Rohmadi Muhammad dkk, 2016, Soft skill & spiritual skill pustakawan dalam layanan prima pustaka, ISI Press, Surakarta

Sareb PutraMasri, 2018, Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini, Indeks, JakartaYunny Wulandari Komang Tatis, 2018, Pengaruh Terapi Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Pra sekolah, Vol 6, Nomor 1, ISSN: 2303-1298, Universitas Udayana, Bali

Sudjono Anas, 2018, Pengantar Statistik Pendidikan, PT Raja Grafindo Persada, Depok

Sugiyono, 2014,Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabet Bandung

Sukardi, 2017, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta, Bumi Aksara

Suryadi, Dahlia, 2014, Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

SusantoAhmad, 2014, Perkembangan Anak Usia Dini, Kencana

Suyadi, Ulfa Mulidya, 2016, Konsep dasar PAUD, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Taufiqurrahman Safikri & Suyadi, 2019, Analisis Aspek Perkembangan Bahasa Anak UsiaDasar dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Pendidikan, Vol.8, ISSN 2549-6611, UIN Ar-Rainy Banda Aceh

UlfaZakariyah, 2019, Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta

Undang-undang No 20 tahun 2003, tentang Sitem Pendidikan Nasional pasal 28 ayat (1). Jakarta

UptonPenney, 2012, Psikologi Perkembangan, Erlangga. Bandung

Wandi Sustiyo dkk, 2013, Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang, Journal Of Physical Education, Vol 2, ISSN: 2252-6773, Semarang

Widoyoko, 2012, Tehnik Penyusunan Instrument Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Wijana D Widarmi, 2013, Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan

Downloads

Published

25-06-2024

How to Cite

Elly Agustina, Suryatik, Azhar, & Jupriaman. (2024). PENGARUH METODE MENDONGENG TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AR-RAUDHATUL JANNAH SIGAMBAL. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 8(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.193