MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MERONCE DI RA AL JAMIYATUL WASHLIYAH KAMPUNG PADANG

Authors

  • Sarini Pasaribu Mahasiswa PGMI
  • Bukhari Is STIT Al-Bukhary
  • Suryatik STIT Al-Bukhary

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v6i2.93

Keywords:

Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini, Kegiatan Meronce

Abstract

Abstract—Abstrak
Sarini Pasaribu, 2021, dengan judul penelitian “Meningkatkan Kemampuan
Kognitif Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Meronce di RA Al Jamiyatul Washliyah
Kampung Padang”, mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary (STITA)
LAbuhanbatu di Rntauprapat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui melalui kegiatan meronce dapat
meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dalam mengenal ukuran benda,
mengenal warna, mengenal lambang bilngan 1-20, serta mengenal bnetuk benda. Di
RA Aljamiyatul Washliyah Kampung Padang kecamatan pangkatan.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode
Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Dari data yang dihasilkan melalui observasidan
wawancara.Penelitian ini dilaksanakan di kelompk B1 RA Al Jamiyatul Washliyah
Kampung Padang Kecamatan Pangkatan dengan jumlah siswa 17 orang.
“Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif dapat meningkat
setelah adanya tindakan yang di lakukan melalui kegiatan meronce.” “Pada saat
pratinda persentase perkembangan kognitif anak sebesar 25%.kemudian mengalami peningkatan pada siklus I sebesar
61%, dan pada pelaksanaan siklus II
mengalami peningkatan yang sangat
baik yaitu, sebesar 88,3%.” Dengan
demikian kegiatan meronce dapat
menigkatkan kemampuan kognitif
anak usia dini kelas B1 RA Al Jamiyatul
Washliyah Kampung Padang, hal
tersebut dapat terlihat berdasarkan
persentase yang di peroleh dari hasil
pada setiap siklus meningkat. 

Downloads

Published

25-12-2022

How to Cite

Sarini Pasaribu, Bukhari Is, & Suryatik. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MERONCE DI RA AL JAMIYATUL WASHLIYAH KAMPUNG PADANG. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 6(2). https://doi.org/10.58822/tbq.v6i2.93