PERANAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MIN 2 BABUSSALAM KECAMATAN MARBAU
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v6i2.92Keywords:
Kata Kunci: Peranan Guru, Implementasi Kurikulum 2013Abstract
Abstract-Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peranan guru dalam
implementasi kurikulum 2013, apa saja faktor penghambat guru dalam implementasi
kurikulum di MIN 2 Babussalam.Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif
kualitatif. Dalam mengumpulkan datanya, penulis menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan
reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan.Hasil dari penelitian ini adalah
bahwa Implementasi Kurikulum 2013 di MIN 2 Babussalam secara umum sudah
berjalan dengan baik mulai tahap persiapan sampai tahap evaluasi. Karena
sekolah MIN 2 Babussalam yang sudah menggunakan Kurikulum 2013, selalu ada
pendampingan dari Pemerintah tentang tata cara impelementasi kurikulum 2013.
Adapun faktor yang menjadi penghambat implementasi kurikulum adalah kurangnya
pendalaman materi yang diajarkan. Oleh karena itu, pihak sekolah mengadakan
pengayaan sebagai bentuk penambahan materi untuk siswa kelas VI agar lebih siap
menghadapi Ujian dari sekolah maupun Negara.