MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI GENIUS LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 050603 KUALA
Keywords:
Motivasi Belajar, Strategi Genius Learning, Siswa SD.Abstract
Abstract—Abstak
Haris Suwondo. Meningkatkan motivasi belajar siswa
dengan menggunakan strategi genius learning pada siswa kelas
V SD Negeri 050603 Kuala T.A. 2010/2011. Skripsi. Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan, 2011.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah
tentang rendahnya motivasi belajar matematika siswa pada
pokok bahasan pecahan dengan menggunakan strategi Genius
Learning.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
motivasi belajar siswa dengan menggunakan Strategi Genius
Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada
pokok bahasan pecahan di kelas V SD Negeri. 050603 Kuala
tahun ajaran 2010/2011. Adapun peningatan motivasi belajar
tersebut dilihat berdasarkan aspek-aspek motivasi dalam
lembar observasi dan angket serta tingkat penguasaan siswa
terhadap pokok bahasan pecahan tersebut.
Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus
empat kali pertemuan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu
perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi/evaluasi.
Instrument penelitian ini menggunakan lembar observasi
siswa,lembar observasi guru, dan angket.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 050603
kuala yang berjumlah 25 orang, yang terdiri dari 14 orang
putra dan 11 orang putri. Penentuan subjek dalam penelitian
ini adalah hasil observasi peneliti selama ini tentang materi
pecahan di kelas ini, dan hasil persetujuan Kepala SD.
Adapun hasil angket belajar siswa saat diberikan pada
kundisi awal dalam penelitian ini adalah 20% yang merupakan
kemampuan awal yang harus diberi tindakan. Setelah
diberikan tindakan penerapan Strategi Genius Learning siklus I
diperoleh peningkatan menjadi 52% dan pada siklus II
meningkat menjadi 92% peningkatan motivasi belajar siswa
dalam angket siklus II yang menjadi bukti keberhasilan siswa
dalam menguasai materi pecahan.
Dari 25 siswa terdapat 23 orang yang memperoleh angka
motivasi di atas 80% (motivasi belajar sangat tinggi) dan 2
orang hanya memperoleh nilai di bawah 80%. Dengan
demikian persentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 92%
maka ketuntasan belajar secara klasikal dinyatakan tercapai
secara optimal.
Dari hasil pengolahan data tersebut di atas maka dapat
disimpulkan bahwa penerapan Strategi Genius Learning dalam
pembelajaran matematika pada pokok bahasan pecahan adalah
dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri No.
050603 Kuala tahun ajaran 2010/2011.