STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN IBADAH POKOK BAHASAN PENGURUSAN JANAZAH DI MTs. Al- MA’SHUM RANTAUPRAPAT LABUHANBATU

Authors

  • Muhammad Abri Harahap STIT Al-Bukhary Labuhantu

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Metode Drill, Aktivitas Belajar, Keterampilan Ibadah

Abstract

Abstract—Abstak
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan guna
memperbaiki pembelajaran dalam pengurusan Jenazah
kelas IXB
- Pi di MTs Al-Ma’shum Rantauprapat
Labuhanbatu telah dilakukan dengan tujuan: (1)
mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan
pengurusan Jenazah sebelum menggunakan metode
Drill. (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran pada
pokok bahasan pengurusan Jenazah setelah
menggunakan metode Drill. (3) mengetahui hasil belajar
siswa pada pokok bahasan pengurusan Jenazah setelah
menggunakan metode Drill. (4) mengetahui peningkatan
keterampilan pelaksanaan aktivitas siswa pada pokok
bahasan pengurusan Jenazah dengan mengunakan
metode Drill. (5) mengetahui respon belajar siswa selama
proses pembelajaran dengan mengunakan metode Drill
pada pokok bahasan Jenazah.
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 09
Februari hingga 15 Mei 2015. Lokasi penelitian adalah
MTs Al-Ma’shum Rantauprapat Labuhanbatu Provinsi
Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas IXB
- Pi yang berjumlah 29 orang.
Tindakan dilakukan dalam 3 (tiga) siklus. Setiap siklus
terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan refleksi. Pembelajaran didesain dengan
strategi pembelajaran langsung dengan metode Drill.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung
terhadap aktivitas peserta didik dalam pembelajaran
kelompok dengan bimbingan guru. teknik tertulis dan
praktik dilakukan untuk mendapatkan data
peningkatan hasil belajar peserta didik pada ranah
kognitif dan psikomotorik. Angket dan wawancara
digunakan untuk mengumpulkan data respon peserta
didik terhadap strategi pembelajaran langsung yang
diterapkan.
Pada akhir penelitian diperoleh hasil (1) aktivitas
peserta didik dalam kegiatan proses pembelajaran
dengan mengunakan metode Drill menunjukkan bahwa
peserta didik telah mampu melaksanakan pembelajaran
dengan baik. Indikatornya adalah kecenderungan
peningkatan persantase aktivitas positif dari siklus I
sampei siklus III. (2) ketuntasan hasil belajar peserta
didik semakin meningkat, yakni: pada siklus I praktik
45,83% dan tertulis 54,2%, pada siklus II pratik 66,7%
dan tertulis 66,7% dan pada siklus III praktik 83,3% dan
tertulis 91,7%. (3) peserta didik memberikan respon
positif (sangat setuju dan setuju) dalam mengikuti
pembelajaran dengan metode Drill.

Downloads

Published

29-11-2022

How to Cite

Muhammad Abri Harahap. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN IBADAH POKOK BAHASAN PENGURUSAN JANAZAH DI MTs. Al- MA’SHUM RANTAUPRAPAT LABUHANBATU. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 3(1). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/8

Issue

Section

Articles