PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMK SWASTA AL-BUKHARY RANTAUPRAPAT

Authors

  • Dwina Putri STIT Al-Bukhary Labuhanbatu

Keywords:

Kepemimpinan, Kompetensi Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Pengaruh Kepemimpinan Dan Kompetensi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja
Guru Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Al-Bukhary Rantauprapat.
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Untuk mengetahui apakah kepemimpinan
kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru pada Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Al-Bukhary Rantauprapat, 2. Untuk mengetahui
apakah kompetensi kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru pada Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Al-Bukhary Rantauprapat, 3. Untuk mengetahui
Berapa besar pengaruh kepemimpinan dan kompetensi kepala sekolah secara
bersama-sama terhadap kinerja guru pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Swasta Al-Bukhary Rantauprapat
Untuk mengetahui tingkat signifikan pengaruh kepemimpinan dan kompetensi
kepala sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta
Al-Bukhary Rantauprapat digunakan pengujian individual (uji t). pengambilan
keputusan diperoleh dengan membandingkan nilai t-hitung dengan t-tabel pada
taraf signifikan sebesar 95% atau α = 0,05. Berdasarkan hasil uji t dengan SPSS
versi 22 diperoleh hasil yaitu variabel kepemimpinan dapat mempengaruhi kinerja
guru sebesar 0,216 atau 21,6%.
Kompetensi kepala sekolah berdasarkan hasil t diperoleh hasil bahwa
kompetensi kepala sekolah berpengaruh signifikat terhadap kinerja guru sebesar
0,383 atau 38,3%.
Pengujian koefisien determinasi (R2 ) digunakan untuk mengukur proporsi
atau persentase kemampuan model dalam menerangkan variabel terikat. Koefisien
determinasi berkisar antara nol sampai satu (0 ≤ R 2 ≤ 1). Jika R 2 semakin besar
(mendekati satu), maka dapat dikatakan bahwa pengaruh variabel bebas (X) adalah besar terhadap variabel terikat (Y).
Hal ini berarti model yang digunakan
semakin kuat untuk menerangkan
pengaruh variabel bebas terhadap
variabel terikat dan demikian
sebaliknya.
Berdasarkan hasil uji secara
simultan bahwa kinerja guru dapat
dipengaruhi oleh kepemimpinan dan
kompetensi kepala sekolah secara
simultan sebesar 43,4%, sedangkan
sisanya 56,6% dijelaskan oleh
variabel lain yang tidak termasuk
dalam permodelan

Downloads

Published

09-12-2022

How to Cite

Dwina Putri. (2022). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMK SWASTA AL-BUKHARY RANTAUPRAPAT. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 5(1). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/61