KEKUATAN DAN KELEMAHAN PEMBELAJARAN MELALUI DARING PADA MASA COVID – 19 DI MTs. SWASTA AL-BUKHARY RANTAUPRAPAT

Authors

  • Bukhari Is STIT Al-Bukhary
  • Suryatik STIT AL-BUKHARY LABUHANBATU

Keywords:

Kekuatan dan kelemahan, Pembelajaran Daring, Covid-19.

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan penting dalam hidup dan kehidupan manusia
oleh karena itu proses pendidikan atau pembelajaran harus berjalan dengan baik
dan dilaksanakan sesuai dengan kondisi dan situasi pada waktu tersebut karena
kriteria pengelompokan negara maju dan negara berkembang salah satunya
didasarkan pada masalah pendidikan. Bank Dunia berfokus dalam mendukung
Rencana Strategis (Renstra) dengan portofolio pinjaman investasi pendidikan
anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan tinggi dan pendidikan informal.
Dalam situasi pandemi Covid 19 pendidikan harus berjalan dengan lancer dengan
menggunakan berbagai metode dan bantuan teknologi sehingga lahirlah model
pembelajaran dengan menggunakan jaringan internet (daring), namun disadari
bahwa teknologi tidak dapat menggantikan guru dalam proses pembelajaran, dan
proses pembelajaran harus terlaksana dengan baik.
Pelaksanakan pembelajaran daring adalah salah satu model pembelajaran
yang dilakukan pada masa pandemi, karena dalam prinsip kebijakan pendidikan di
masa pandemi Covid-19 adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan para
peserta didik, para pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat pada
umumnya, dalam rangka pemenuhan layanan pendidikan selama masa pandemi.
Corona adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis corona virus yang baru
ditemukan dan penyakit yang tidak dikenal sebelum terjadi wabah di Wuhan. Istilah
sebutan virus ini adalah Covid-19 yang merupakan singkatan dari CoronaVirus Disease-2019.
Masa Covid-19 harus terlaksana
dengan baik oleh kare a itu proses
pembelajaran dengan memaksimalkan
fasilitas internet sehingga newnormal
dapat terlaksana dengan baik. Dapat
proses pembelajaran melalui daring
memerlukan kesadaran belajar yang
tinggi dengan bantuan orang tua
dirumah untuk memberi motivasi
belajar anak. Sehingga belajar anak
dapat maksimal.

Downloads

Published

09-12-2022

How to Cite

Bukhari Is, & Suryatik. (2022). KEKUATAN DAN KELEMAHAN PEMBELAJARAN MELALUI DARING PADA MASA COVID – 19 DI MTs. SWASTA AL-BUKHARY RANTAUPRAPAT. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 5(1). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/60