KINERJA GURU DAN KARAKTER ANAK USIA DINI
Keywords:
Kinberja Guru, Mengelola Karakter,Anak Usia Dini .Abstract
Penelitian ini difokuskan pada kinerja guru dalam mengelola karakter anak
usia dini. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskripsi kuantitatif
dengan pendekatan survey studies. Teknik penelitian ini yang digunakan adalah
teknik komunikasi tidak langsung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah
wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru dalam mengelola
karakter anak usia dini adalah sangat sulit mengingat pola piker anak usia dini
masih labil.
Tugas guru memang sangat berat, terlebih guru tingkat anak usia dini,
memahami dalam mengelola cara belajar terlihat dari guru membuat rencana
program kegiatan pembelajaran setiap hari, merumuskan tujuan pembelajaran dan
menentukan jenis kegiatan serta media dan sumber belajar yang akan digunakan,
guru mengelola pelaksanaan pembelajaran dengan mensetting kelas menggunakan
media dan sumber belajar serta menggunakan metode pembelajaran saat mengajar
dan mengevaluasi pembelajaran secara intergarative serta berdasarkan tingkat
perkembangan anak.