Keterlibatan Guru dalam Evaluasi Kurikulum sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SDN 69 Palembang
Keywords:
Asesmen, Evaluasi Kurikulum, Keterlibatan Guru, Kolaborasi, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini mengkaji keterlibatan guru dalam evaluasi Kurikulum Merdeka sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran di SDN 69 Palembang. Tujuan penelitian adalah menganalisis peran, tantangan, dan strategi guru dalam evaluasi kurikulum. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru, serta tenaga administrasi. Populasi penelitian mencakup seluruh pemangku kepentingan implementasi kurikulum, dengan teknik purposive sampling untuk memilih informan yang relevan. Instrumen utama berupa pedoman observasi dan wawancara, sedangkan analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan penting sebagai perancang, pelaksana, dan penilai, namun menghadapi kendala seperti keterbatasan pemahaman kurikulum baru, minimnya fasilitas, variasi dukungan orang tua, beban administrasi, serta kesulitan menyusun instrumen penilaian berbasis profil pelajar Pancasila. Penelitian menyimpulkan bahwa penguatan kompetensi guru, penyediaan fasilitas memadai, dan kolaborasi antara sekolah, orang tua, serta pemerintah sangat penting untuk optimalisasi implementasi kurikulum.
References
Abdurrahmansyah. (2021). Pendidikan karakter siswa di SD Kota Palembang: Studi terhadap implementasi kurikulum dan pembelajaran karakter di masa pandemi Covid-19. Palembang: Rafa Cipta Media.
Abdurrahmansyah. (2022). Cakrawala pendidikan Islam: Isu-isu kurikulum dan pembelajaran klasik sampai kontemporer. Yogyakarta: Nas Media.
Aisyah, S., Aini, M. N., Gemilang, J. P., & Soraya, S. Z. (2025). Peran guru sebagai implementers dalam pengembangan kurikulum. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 2(3), 85–92.
Bayona, E. L. M., Carter, D. S. G., & Punch, K. F. (1990). The role of teachers in curriculum development. Curriculum Perspectives, 10(4), 9–19. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v9i1.314
Cresswell, J. W., & Poth, C. N. (2023). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage Publications.
Emzir, M. (2021). Metodologi penelitian kualitatif: Analisis data. Jakarta: Rajawali Pers.
Hidayati, N. (2023). Exploring teacher creativity in developing project-based learning. Innovatsioon, 5(2), 112–124.
Kurniawan, D., Syakhrani, R. (2025). Implementation of the 2025 project-based and contextual curriculum in elementary schools. INJOE: International Journal of Education, 7(1), 45–59.
Lesyani, R. (2024). Implementation of project-based learning model in elementary school. Jurnal Cendekia, 8(2), 101–115.
M. Irfan, Putri Miftah Auliyah, & Muhammad Faadhil Az Zahraan. (2025). Evaluasi administrasi peserta didik di Madrasah Ibtida`Iyah Al-Islah. Taqrib: Journal of Islamic Studies and Education, 3(1), 53–65. https://doi.org/10.61994/taqrib.v3i1.956
Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran guru dalam mengembangkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Nyimbili, F., & Nyimbili, L. (2024). Types of purposive sampling techniques with their examples and application in qualitative research studies. International Journal of Social Science and Humanities Research, 12(1), 23–34.
Patika Pratama, Windianti Windianti, Ira Susanti, & Syahrial Syahrial. (2024). Peran guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran di sekolah. Simpati, 2(3), 109–121. https://doi.org/10.59024/simpati.v2i3.821
Pratami, S. (2024). Introducing project-based learning steps to the preschool and elementary classroom. Journal of Technology and Science Education, 14(2), 98–110.
Prasetyo, A. (2024). Challenges of implementing Merdeka Curriculum in Pancasila student profile development. Cakrawala, 6(1), 55–67.
Raza, M., Miranda, S. (2020). Teacher creativity in project-based learning: A case study. Journal of Educational Innovation, 3(2), 77–89.
Sudaryono, E. (2023). Metode penelitian kualitatif dalam pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Sustiana, M., Abdurrahmansyah, A., Amalia, N., & Yolanda, K. (2025). Meningkatkan kompetensi guru untuk mewujudkan pendidikan berkualitas. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 5(1), 90–100. https://doi.org/10.32665/jurmia.v5i1.4128
Sutanto, S. (2024). Transformasi pendidikan di sekolah dasar: Peran guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Indonesia. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(1), 69–76. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i1.0009
Tresnatri, D., Hasmar, R. (2022). The impact of school and parent collaboration in curriculum implementation. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 120–135.
Upu, E. E., Ere, D. A., & Rena, P. (2025). Inovasi dalam pengembangan kurikulum. Arini: Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru, 2(1), 65–76. https://doi.org/10.71153/arini.v2i1.327
Utami Rosalina, U. (2022). Data analysis in qualitative research: Miles and Huberman model. Jurnal Pendidikan, 8(1), 45–56.
Vasefian, F., et al. (2023). Elementary teachers’ living experiences regarding the functions of descriptive (qualitative) evaluation. Journal of Qualitative Research in Education, 11(2), 88–102.
Wuwur, O. (2023). Obstacles in implementing the independent curriculum in elementary schools. Cendikia, 7(1), 33–47.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M.Irfan, Shifa Nazira Juliasih, Abdul Hafiz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International


















