Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Kimia Berbasis Web Kelas XII Di SMAN 6 Padang TA 2024/2025

Authors

  • Ayu Ningsih Saputri Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Indra Wijaya Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Rini Sefriani Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Keywords:

E-modul, Kimia, Web, Flipbook

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis web pada mata pelajaran kimia kelas XII di SMA Negeri 6 Padang semester genap TA 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan penelitian (R&D). Subjek penelitian berjumlah 30 orang. Model pengembangan  yang digunakan adalah model pengembangan (ADDIE) dengan langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation dan (5) evaluate. Modul berbasis web dilakukan dengan uji validitas oleh para ahli. Secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap tiga validator pada modul berbasis web diperoleh nilai sebesar 98%, dengan interpretasi sangat valid digunakan. Hasil uji praktikalitas oleh guru dan siswa diperoleh nilai sebesar 87,64% dengan interpretasi sangat praktis digunakan. Hasil uji efektivitas e-modul diperoleh nilai sebesar 88,40% dengan interpretasi sangat efektif digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan para ahli dan pengguna e-modul berbasis web pada pembelajaran kimia yang sudah teruji sangat valid, sangat praktikalis, dan sangat efektif untuk digunakan pada pembelajaran  kelas XII di SMAN 6 Padang.

References

Alfiani Syarifatul Ajri A, , Tsania Nur Diyana B, & A. (2021). JKPI : Jurnal Kajian Pendidikan IPA. JKPI: Jurnal Kajian Pendidikan IPA Program Studi Pendidikan IPA, 1(2), 69–75.

Dani, M. (2024). Penggunaan Pendekatan -Andragogis Terhadap. 10(1), 1–10.

Dian Nur Septiyawati Putri, Fitriah Islamiah, Tyara Andini, A. M. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 367.

Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). 3 1,2,3. 9(1), 1–7.

Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Te. Nama Jurnal, 1(1), 1–9.

Gunawan, R. (2022). Modul Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar /Modul Pembelajaran. 1(Was), 1–416.

Hanafi, I. R., Astuti, S., & Kurniawan, H. (2024). Mindset : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Konsep Pengembangan Modul Pembelajaran. 3.

Hasan, Misnah, Mutawakkil, & Ardana, K. (2023). Pemanfaatan Web Terhadap Hasil Belajar Sejarah Bagi Siswa Di SMA Negeri 2 Palu. 11(1), 30–37.

Husnita, L. (2024). Strategi Pembelajaran 5.0. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Nomor 1).

Menrisal, Rezi, F., & Rahmadhani, P. (2022). Pengembangan E-Learning Menggunakan PHP Native Pada SMK Muhammadiyah 1 Padang. Ournal Of Social Science Research, 9(1), 28.

Nasution, T. (2016). Penerapan Metode Web Sebagai Solusi Pendidikan Yang Efektif Dan Efisien. Jurnal TIMES, 4(2), 49–52. Https://Doi.Org/10.51351/Jtm.4.2.2015235

Ngizzah, H. K., Jati, S. S. P., & Ayundasari, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Flipbook Berbasis Flip PDF Professional Materi Penjajahan Bangsa Eropa Ke Indonesia Untuk Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Klirong, Kabupaten Kebumen. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 3(3), 240–252. Https://Doi.Org/10.17977/Um063v3i3p240-252

Nuryanti, N. E., Mulyana, E. H., & Loita, A. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Paud Agapedia, 7(2), 176–183. Https://Doi.Org/10.17509/Jpa.V7i2.63929

Riska, F. M., Nur, S., Asmara, A., Sa’diyah, Vitalocca, D., Fadjarajani, S., Husnita, L., Shofwan, I., Yusron, A., Arfanaldy, R. S. R., Kurdi, M. S., Bantam, D. J., Haryanto, S., Ramadianti, W., Doriza, S., Makmur, E.,

Muhidin, A., Jayanti, A. M., Kurdi, M. S., & Sampe, F. (2024). Strategi Pembelajaran 5.0 (Nomor May).

Rohmadoni, J. (2018). Reinassance Academic. Perancangan Simulasi Pembalajaran Kriptografi Klasik Menggunakan Metode Web Based Learning, 1(1), 5.

Triandini, H. R., Darussyamsu, R., Yogica, R., & Rahmi, Y. L. (2023). Komponen-Komponen Modul Ajar Kurikulum Merdeka (Studi Literatur) C. Ruang-Ruang Kelas: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(3), 9–15. Http://Rrkjurnal.Ppj.Unp.Ac.Id/Index.Php/RRKJURNAL

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. Https://Doi.Org/10.33387/Bioedu.V6i2.7305

Yuni, R., & Afriadi, R. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Kondisional Untuk Belajar Dari Rumah (BDR). Jurnal Handayam, 11(2), 144–152.

Zakiyah, H. (2025). Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Web Pada Praktikum Kimia Dasar. 1–10. Https://Doi.Org/10.26811/Xwdqdj98

Downloads

Published

01-10-2025

How to Cite

Ayu Ningsih Saputri, Indra Wijaya, & Rini Sefriani. (2025). Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Kimia Berbasis Web Kelas XII Di SMAN 6 Padang TA 2024/2025. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/395