Pengembangan Aplikasi DUIT (Dengan Uang Ingat Tabungan) Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Uang, Pendapatan dan Tabungan Mata Pelajaran IPS Kelas VII D di SMP Negeri 22 Malang
Keywords:
Aplikasi Pembelajaran, Gaya Belajar, Media Pembelajaran, Mobile Learning, Motivasi BelajarAbstract
Pesatnya perkembangan teknologi berdampak signifikan pada pendidikan, namun penerapannya di sekolah pinggiran, seperti SMP Negeri 22 Malang, masih menghadapi tantangan. Metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya media berbasis teknologi menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Mobile Learning berbasis Android bernama DUIT (Dengan Uang Ingat Tabungan) sebagai media pembelajaran pada materi uang, pendapatan, dan tabungan. Menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model 4-D, penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VII D (N=31) sebagai populasi dan sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan siswa, serta dianalisis menggunakan rumus persentase kevalidan. Hasil validasi menunjukkan persentase kelayakan dari ahli media sebesar 95.66% dan ahli materi sebesar 83.33%, dengan respon positif dari siswa. Dengan demikian, aplikasi DUIT dinyatakan sangat layak dan berpotensi meningkatkan keterlibatan serta motivasi belajar siswa. Disarankan agar penelitian selanjutnya dapat mengupayakan penyebaran aplikasi ke platform yang lebih luas.
References
Alhafidz, M. R. L., & Haryono, A. (2018). Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 118–124.
Andry, J., & Stefanus, M. (2020). Pengembangan aplikasi e-learning berbasis web menggunakan model Waterfall pada SMK Strada 2 Jakarta. JURNAL FASILKOM, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.37859/jf.v10i1.1878
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jurnal IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). SAGE Publications.
Hidayat, Y. A. A. (2022). Pengembangan mobile learning audio visual berbasis QR-Code pada materi plantae sebagai alternatif media pembelajaran virtual [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Walisongo.
Ningrum, V. (2020). Penggunaan kata baku dan tidak baku di kalangan mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Jurnal Skripta, 5(2). https://doi.org/10.31316/skripta.v5i2.398
Picauly, V. E. (2024). Transformasi pendidikan di era digital: Tantangan dan peluang. Indonesian Research Journal on Education, 4(3). https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.1278
Pratiwi, W., & Dewi, H. (2024). Kesulitan guru dalam menggunakan media pembelajaran matematika berbasis teknologi digital. Jurnal Kependidikan Media, 13(2), 1-7. https://doi.org/10.26618/jkm.v13i2.15497
Rahmah, S., & Hadi, M. F. (2023). Pengaruh penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis android terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 89–96. https://doi.org/10.56854/tp.v2i1.223
Ramli, A., & Maswan, M. (2022). Teknologi pendidikan: Penerapan pembelajaran yang sistematis. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 64–74.
Rohayah, A. A., Lathifah, H., Adelin, N., Saleha, T. N., & Khasanah, U. (2024). Efektifitas penggunaan metode ceramah dan diskusi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMAN 3 Babelan. PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 130–139.
Setiadi, M. E., & Ghofur, M. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(3).
Sugiyono. (2023). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Robby Arief Hadirizky Perwira, Khofifatu Rohmah Adi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International


















