Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Spiritual Anak Usia Dini

Authors

  • Mursal Aziz STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara
  • Dedi Sahputra Napitupulu STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara
  • Juliani Juliani STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

Keywords:

Manajemen, Kurikulum, Sosial, Spiritual

Abstract

Keterampilan sosial dan spiritual Anak Usia Dini sangat penting diajarkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kurikulum Merdeka Belajar dalam meningkatkan keterampilan sosial dan spiritual Anak Usia Dini. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dapat dilakukan beberapa upaya dalam meningkatkan sikap sosial dan spiritual anak. Dalam konteks penelitian ini, TK Aisyiyah II Sukarame telah merencanakan pembelajaran dengan menyesuaikan kepada karakteristik masing-masing anak dengan visi dan misi yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam konteks perencanaan pembelajaran para guru telah menyusun modul pembelajaran. Adapun yang terkait dengan implementasi pembelajaran yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan sosial dilakukan melalui pembelajaran berkelompok, budaya gotong-royong, dan budaya membuang sampah pada tempatnya. Implementasi pembelajaran yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan spiritual dilakukan dengan membiasakan berdoa, shalat berjamaah dan hafalan surah-surah pendek. Sedangkan evaluasi pembelajaran dilakukan dengan cara observasi dan koordinasi dengan orangtua anak.

References

Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019). Keterampilan sosial anak usia dini: Teori dan metode pengembangan. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Amada, N. Z., & Hakim, A. (2022). Analisis penggunaan YouTube sebagai media ajar pendidikan anak usia dini di era digital. Jurnal Riset Pendidikan Guru PAUD, 2(1).

Arikarani, Y., Pasiska, P., & Helandri, J. (2023). Manajemen pengelolaan pendidikan Islam anak usia dini (PIAUD) berbasis Al-Qur’an. Bouseik: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1).

Aziz, M., & Wati, D. R. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dengan metode bernyanyi di madrasah ibtidaiyah. Edutainment, 12(1).

Aziz, M., Napitupulu, D. S., & Tanjung, F. Z. (2025). Islamic religious education curriculum management in developing religious tolerance attitudes. Maharot: Journal of Islamic Education, 9(1).

Brutu, D., Annur, S., & Ibrahim, I. (2023). Integrasi nilai filsafat pendidikan dalam Kurikulum Merdeka pada lembaga pendidikan Islam. Jambura Journal of Educational Management, 4(2).

Dwijayanti, I. (2024). Analisis pelaksanaan Kurikulum Merdeka terhadap pengembangan karakter anak usia dini. Edukatika, 2(1).

Fajrul, M. M., & Wantini, W. (2023). Kurikulum holistik-integratif: Analisis kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan berpola Kurikulum Merdeka. Fenomena, 15(2).

Hanifah, R., & Farida, N. A. (2023). Peran keluarga dalam mengoptimalkan perkembangan anak. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(1).

Hanipah, S. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar dalam memfasilitasi pembelajaran abad ke-21 pada siswa menengah atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2).

Lestari, S. (2020). Pengembangan karakter berbasis budaya sekolah. Temanggung: CV. Pilar Nusantara.

Muliastrini, N. K. E. (2025). Pengembangan strategi pembelajaran berbasis karakter untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(1).

Mustofa, et al. (2023). Implementasi kurikulum berbasis kompetensi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4).

Rini, H., Mapappoleonro, A. M., & Jatiningsih, R. (2019). Peningkatan perilaku sosial anak usia dini melalui metode bercerita. Instruksional, 1(1).

Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam sebagai pilar pembentukan moral dan etika. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 8(1).

Sahroni, et al. (2024). Membangun karakter dan spiritual Gen Z di lingkungan pendidikan perspektif Ruhiologi Quotient. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 14(1).

Salimah, A. S., et al. (2023). Strategi pendidikan Islam anak usia dini (PIAUD) dalam mengembangkan kecerdasan spiritual. Bouseik: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1).

Suhaili, H., et al. (2024). Pendekatan evaluasi pendidikan Islam untuk anak usia dini: Kajian literatur teoritis. Rayah Al-Islam, 8(4).

Susanna, J. U., & Suyanta, S. (2023). Guru di persimpangan kurikulum baru: Dilema implementasi Kurikulum Merdeka berbasis keislaman. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(2).

Su’ud, F. M. (2017). Pengembangan keterampilan sosial anak usia dini analisis psikologi pendidikan Islam. Al-Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 6(2).

Wahyudi, M., Arisanti, F., & Muttaqin, M. A. (2024). Pendekatan holistik dalam pendidikan anak usia dini: Menyelaraskan aspek kognitif, emosional, dan sosial. Journal of Early Childhood Education Studies, 4(1).

Downloads

Published

08-09-2025

How to Cite

Aziz, M., Napitupulu, D. S., & Juliani, J. (2025). Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Spiritual Anak Usia Dini. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/367