Pengaruh Model Pembelajaran Blended Terhadap Kemampuan Manajemen Waktu Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N5 Satu Atap Sei.Kanan

Yenni Amelia Gultom 1, Nurlina Ariani Harahap2, Sakinah Ubudiyah Siregar3, Amin Harahap4

Authors

  • Yenni Amelia Gultom Universitas Labuhanbatu
  • Nurlina Ariani Harahap Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Labuhan Batu University
  • Sakinah Ubudiyah Siregar Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Labuhan Batu University
  • Amin Harahap Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Labuhan Batu University

Keywords:

Pembelajaran Campuran, Keterampilan Manajemen Waktu, Model, Tipe Picture and Picture, Motivasi Belajar

Abstract

Pendidikan adalah segala sesuatu yang memengaruhi pertumbuhan, perubahan, dan kondisi setiap manusia. Perubahan yang terjadi merupakan pengembangan potensi siswa, termasuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran campuran terhadap keterampilan manajemen waktu dan motivasi belajar siswa, baik secara positif maupun negatif, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya dalam meningkatkan kedua aspek tersebut. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods), dengan pendekatan kuantitatif berupa kuasi eksperimen dan didukung oleh metode kualitatif. Pendekatan kualitatif dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi langsung untuk menggali persepsi siswa dan guru mengenai penerapan model pembelajaran campuran, serta mengidentifikasi faktor pendukung maupun penghambat dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian kuantitatif, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran campuran secara signifikan meningkatkan keterampilan manajemen waktu dan motivasi belajar matematika siswa, terlihat dari rata-rata peningkatan skor pretes ke postes sebesar 15,08 poin pada kelompok eksperimen. Selain itu, hasil Uji-t Sampel Independen menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol, dengan kelompok pembelajaran campuran menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi. Hasil analisis kualitatif memperkuat temuan ini, di mana sebagian besar siswa merasa lebih termotivasi dan terbantu dalam mengatur waktu belajar, meskipun masih menghadapi kendala seperti terbatasnya akses teknologi dan rendahnya disiplin belajar. Dengan demikian, efektivitas pembelajaran campuran di SMP N5 Satu Atap Sei Kanan membutuhkan dukungan infrastruktur dan bimbingan belajar mandiri yang lebih intensif.

References

Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Fikrotuna, 7(1), 855–866. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169

Anggraeni, A. W., & Nuraini, K. (2022). Kajian Model Blended Learning dalam Jurbal Terpilih: Implementasinya Dalam Pembelajaran. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(4), 247–267.

Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Diandaru, B. H. (2023). Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika di MTs Negeri 2 Kota Semarang. Jurnal Pendidkan Widyatama, 2(2), 185–196.

Hijrah, N., Julianti, E., & Labuhanbatu, U. (2024). Jurnal Ilmu Pendidikan Progresif UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA. 8, 35–42.

Mustika Dwi Mulyani. (2013). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa. Educational Psychology Journal, 2(1), 43–48.

Rachmah, H. (2019). Blended Learning: Memudahkan Atau Menyulitkan? Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 673–679.

Sudane, I. W. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Penerapan Model CORE. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 136–147. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i2.581

Surur, A. M., & Nadhirin, A. U. (2020). Manajemen Waktu Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 81–94.

Suryana, N., & Yulianti, S. D. (2021). Aplikasi Penjadwalaan Manajemen Artis Daily Schedule ( Studi Kasus : Pt . Tetap Seratus Selamanya ). Jurnal Aplikasi Penjadwalaan Manajemen Artis Daily Schedule, 7(2), 149–158.

Yudharsyah, J., Kresnadi, H., & Suparjan. (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya pada Siswa Kelas V Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(6), 1–8.

Downloads

Published

08-09-2025

How to Cite

Yenni Amelia Gultom, Nurlina Ariani Harahap, Sakinah Ubudiyah Siregar, & Amin Harahap. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Terhadap Kemampuan Manajemen Waktu Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N5 Satu Atap Sei.Kanan : Yenni Amelia Gultom 1, Nurlina Ariani Harahap2, Sakinah Ubudiyah Siregar3, Amin Harahap4. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/363