Analisis Dampak Ketergantungan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bawen

Authors

  • Diva Sulistyaning Sekar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Semarang
  • Asep Ginanjar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Ketergantungan Media Sosial, Motivasi Belajar, Siswa Sekolah Menengah Pertama, Dampak Teknologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak ketergantungan media sosial terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bawen. Latar belakang penelitian berangkat dari pesatnya perkembangan teknologi informasi yang menjadikan media sosial bagian tak terpisahkan dari kehidupan siswa, memengaruhi gaya belajar, perhatian, dan motivasi mereka. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas siswa kelas VIII dan guru, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan interaksi sosial, desain platform yang adiktif, serta fenomena Fear of Missing Out (FoMO) menjadi faktor utama ketergantungan. Ketergantungan ini berdampak pada penurunan konsentrasi, motivasi belajar, dan potensi gangguan psikologis siswa. Temuan ini menegaskan perlunya pengawasan dan strategi penggunaan media sosial yang bijak oleh guru dan orang tua, termasuk pembiasaan literasi digital dan pengelolaan waktu secara efektif, untuk menjaga motivasi belajar siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman hubungan antara media sosial dan motivasi belajar, sekaligus menjadi acuan bagi kebijakan pendidikan dan bimbingan di sekolah menengah pertama.

References

AlFuraih, A., & Al-Awidi, H. (2024). Impact of social media duration on adolescents’ sleep quality and mental fatigue. Journal of Youth and Technology, 16(1), 45–60.

Ayub, M., Rahman, A., & Fitriani, L. (2022). Benefits of social media in educational communication among students. Journal of Educational Media Studies, 10(2), 103–115.

Badan Pusat Statistik. (2023). Survei sosial ekonomi nasional (Susenas).

Badan Pusat Statistik. (2024). Tren penggunaan teknologi oleh anak usia dini.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.

DeFranzo, S. (2020). How collaboration between parents and schools reduces social media addiction. Journal of Family & Media, 8(3), 44–50.

Diki Wahyudi, S., Maulana, A., & Putri, M. (2024). Peran media sosial dalam interaksi belajar siswa dan guru. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 11(1), 78–89.

Edtech Empire. (2022). Teachers' technology usage report.

Eka Susanti, R., Nugroho, T., & Maharani, Y. (2024). Dampak penggunaan media sosial terhadap prestasi akademik siswa SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan, 6(2), 55–67.

Eom, S. B. (2023). Mobile learning in higher education: The role of smartphones and tablets. SAGE Open, 13(2), 1–12.

Ghina Shofiyanti, L., Prasetya, M., & Wulandari, S. (2024). Social media addiction and its effect on learning motivation. Jurnal Psikologi Remaja, 9(1), 90–100.

Hidayah, R., Saputra, D., & Ahmad, A. (2022). Ketergantungan media sosial dan dampaknya terhadap fokus belajar siswa. Jurnal Ilmu Sosial Digital, 5(3), 120–131.

Iris Rengganis, D., Farida, S., & Nugroho, E. (2021). Peran orang tua dalam mengawasi aktivitas media sosial anak usia sekolah. Jurnal Perlindungan Anak, 4(1), 88–97.

Kompas. (2018, September 12). Rudiantara: 2019, semua daerah terhubung internet.

Muhammad Rinjani, A. (2020). Dampak media sosial terhadap konsentrasi belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 43–52.

Patton, M. Q. (2015). Qualitative research and evaluation methods (4th ed.). SAGE Publications.

Rifanda, A., Setiawati, Y., & Abadi, M. (2025). Potensi media sosial sebagai pendukung dan penghambat motivasi belajar siswa. Jurnal Media & Pendidikan, 14(1), 101–115.

Rifa’i, M. (2023). Teknik dokumentasi dalam penelitian kualitatif. Jurnal Metodologi Penelitian, 8(2), 33–39.

Rinjani, M., Oktaviani, I., & Suseno, B. (2025). Pemanfaatan media sosial untuk tujuan akademik dan efeknya pada motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Digital, 5(1), 72–84.

Rizk, A., Yuliana, L., & Permadi, R. (2025). Dampak kurangnya pengawasan penggunaan media sosial terhadap prestasi akademik siswa. Jurnal Psikologi dan Pendidikan Remaja, 12(1), 61–70.

UNESCO. (2023). Digital learning and access to technology in education.

Downloads

Published

15-08-2025

How to Cite

Diva Sulistyaning Sekar, & Asep Ginanjar. (2025). Analisis Dampak Ketergantungan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bawen. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/353