Konsep Pendidikan Akhlak dalam Islam: Analisis Literatur Klasik dan Kontemporer
Keywords:
Pendidikan, Akhlak, Konsep Pendidikan, Etika IslamAbstract
Pendidikan akhlak dalam Islam merupakan salah satu aspek fundamental yang membentuk karakter dan kepribadian seorang Muslim. Dalam perspektif Islam, pendidikan tidak hanya bertujuan untuk mentransfer ilmu pengetahuan, tetapi juga untuk membentuk insan yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, dan mampu menjalani kehidupan sesuai dengan nilai-nilai ketuhanan. Oleh karena itu, akhlak menempati posisi sentral dalam sistem pendidikan Islam dan menjadi inti dari segala proses pembelajaran, baik formal maupun informal. Dalam sejarah peradaban Islam, para ulama dan cendekiawan telah menekankan pentingnya pendidikan akhlak sebagai sarana membentuk masyarakat yang beradab, adil, dan harmonis. Analisis Literatur Klasik dan Kontemporer adalah suatu metode kajian ilmiah yang dilakukan dengan cara menelaah, membandingkan, dan mengkaji secara kritis isi, pemikiran, atau konsep dari dua jenis sumber pustaka, yaitu: Literatur Klasik karya-karya ilmiah atau pemikiran dari tokoh-tokoh terdahulu yang memiliki nilai historis dan menjadi dasar perkembangan ilmu pengetahuan dalam suatu bidang. Al-Ghazali, misalnya, menekankan pentingnya pembersihan jiwa melalui proses takhalli, tahalli, dan tajalli, yang menjadi jalan menuju akhlak yang tertanam secara permanen dalam diri manusia. Ibnu Miskawaih membawa pendekatan etika filosofis dengan mengedepankan keseimbangan antara akal dan nafsu untuk mencapai kebajikan utama: hikmah (kebijaksanaan), iffah (pengendalian diri), syaja’ah (keberanian), dan ‘adalah (keadilan).
References
Anwar, A., & Hitami, M. (2023). Ulumul Qur’an: Sebuah Pengantar. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Aris, A. S. (2022). Ilmu Pendidikan Islam. Penerbit Yayasan Wiyata Bestari Samasta.
AZIZAH, R. A. N. U. R. (2025). Implementasi Metode Tahfidzul Qur’an One Day One Colour Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Di Sd Islam Pangeran Diponegoro Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Fatiq, D. F. N., & Nasrullah, N. (2024). Eksplorasi Peran Dukungan Sosial dan Rasa Syukur Dalam Meningkatkan Subjective Well Being Santri Penghafal Al-Qur’an di Pesantren Malang. Journal of Education Research, 5(4), 6048–6056.
Helmi, A. R., Ramdhani, K., & Khulasoh, S. (2025). Upaya Guru Dalam Mempertahankan Hafalan Juz 30 Melalui Metode Muraja’ah Pada Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Amanah. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 52–63.
Hendra, J. A. (2024). Studi Fenomenologi Regulasi Diri Terhadap Kemampuan Menghafal Santri Tahfidz di Pondok Pesantren Nahdlatut Ta’limiyah Karang Anyar Plakpak Pegantenan Pamekasan. Institut Agama Islam Negeri Madura.
Herwati, H., Tri, R., Arsyil, W., Deetje, J. S., Siti, Z., Kholis, A., Totok, H., Synthia, S. P., & Barlian, K. (2023). Motivasi dalam Pendidikan (Konsep-Teori-Aplikasi).
Imran, M. (2022). Implementasi Program Tahfidz Camp dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Tangerang. Universitas Islam Indonesia.
Insanni, N., Hidayah, N., & Abdullah, M. (2023). Penerapan Metode Muroja’ah Jadid Dan Qodim Dalam Menjaga Kualitas Hafalan Al-Qur’an. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 336–343.
Maulana, A. D., & Latifah, A. (2025). Strategi Guru Tahfidz Melalui Metode Pengulangan dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Lampung Selatan: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 4085–4093.
Mawaddah, N., & Said, A. (2022). Implementasi Program Tahfidz Lembaga Madrasah Hifdzil Qurâ€TM an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Jombang). Education, Learning, and Islamic Journal, 4(2), 121–145.
Mirza, M. (2024). Penerapan Metode Muraja’ah Mutqin Di Pesantren Babul Maghfirah. Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
Mubarak, A. (2025). Upaya Pembina Tahfidz Dalam Mengatsi Kejenuhan Santri Menghafal Al-Qur’an Dalam Perspektif PAI Di PPTQ Darul Muqamah Kabupaten Sidrap. IAIN Parepare.
Nisanabila, K. (2024). Penerapan pembelajaran al-Qur’an melalui metode wafa dengan menggunakan media kartu gambar dan alat peraga terhadap kemampuan bacaan di TK Terpadu Putera Zaman. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Rahmad, W. B., & Kibtiyah, A. (2022). Pembentukan Karakter Religius, Disiplin dan Tanggungjawab Melalui Kegiatan Tahfidzul Qur’an di SD Islam Roushon Fikr Jombang. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(2), 31–52.
Rakhmayanti, F. Z. (2024). Manajemen program Unggulan Tahfidz Al-Quran dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Siswa MI Istiqomah Sambas Purbalinga. IAINU Kebumen.
Rokim, S. (2020). Akselerasi Pembelajaran Tahfiz Pada Lembaga Pendidikan Alquran: Studi Di Pondok Pesantren Wadi Mubarak Bogor.
Saleh, M. (2022). Analisis Tentang Pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an Pada Pondok Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Septiani, D. (2024). Penerapan Metode Ummi dalam Menghafal Al-Qur’an Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas Amanah Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayatullah Sleman. Universitas Islam Indonesia.
Soleh, M. (2024). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Juz ‘Amma Dalam Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Pati. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Susilo, A. A., & Wulansari, R. (2020). Sejarah Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 20(2), 83–96.
Yusuf, M. A. (2025). Komunikasi Interpersonal dalam Pembinaan Tahfizh: Analisis Proses Menghafal Al-Qur’an Santri Zaid bin Tsabit. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 8(2), 257–275.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Wifaqi Shiddiqi, Khoirotul Idawati, Hanifudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International