Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Pendidikan Anak Usia Dini Desa Tanjung Tambak
Keywords:
Video Animasi, Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, ADDIE, Validitas Dan KepraktisaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berupa video animasi yang valid dan praktis guna meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak usia dini di Raudhatul Jannah, Desa Tanjung Tambak. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap analisis dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar anak, desain difokuskan pada penyusunan storyboard dan konsep visual, sementara tahap pengembangan menghasilkan media video animasi yang interaktif dan menarik. Implementasi dilakukan melalui uji coba pada kelompok kecil (small group) dan individu (one to one), sedangkan tahap evaluasi bertujuan mengukur validitas dan kepraktisan media. Hasil validasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa menunjukkan rata-rata skor persentase 92,5% dengan kategori sangat valid. Uji coba kepraktisan pada small group dan one to one menunjukkan skor persentase 100% pada kedua skenario, dikategorikan sangat praktis. Temuan ini menunjukkan bahwa media video animasi yang dikembangkan efektif dan layak digunakan sebagai sarana pembelajaran mengenal huruf hijaiyah pada pendidikan anak usia dini. Dengan demikian, media ini dapat dijadikan alternatif inovatif untuk mendukung proses pembelajaran yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik perkembangan anak.
References
Afifah, U. N. (2021). Media Pembelajaran Maharah Istima’Berbasis Video Animasi Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. In International Conference of Students on Arabic Language (Vol. 5, pp. 181–188).
Agustin, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Tiga Dimensi Tata Cara Berwudhu Di Taman Pendidikan Al-Quran Thariqotussa’Adah Desa Senuro. Strata-I Universitas Sriwijaya.
Amiliya, R., & Susanti, U. (2024). Urgensi Usia Keemasan Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 7(2), 72–78.
Amin, S., & Hidayat, R. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi digital untuk meningkatkan minat belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 12(1), 45–60.
Anafi, K., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan media pembelajaran model ADDIE menggunakan software Unity 3D. Jurnal Education and Development, 9(4), 433–438.
Ariyana, R. Y., Susanti, E., & Haryani, P. (2022). Rancangan Storyboard Aplikasi Pengenalan Isen-Isen Batik Berbasis Multimedia Interaktif. INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, 1(3), 321–331.
Asih, R. M., & Muslim, A. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Kearifan Lokal pada Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 di Kelas V SD Negeri 1 Dukuhwaluh. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(3), 330–341.
Asnawati, Y., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan media vidio animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Journal of Islamic Education, 3(1), 64–72.
Azzahra, L., & Irawan, D. (2023). Pentingnya Mengenalkan Alqur’an Sejak Dini Melalui Pendidikan Agama Islam. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 1(1), 13–20.
Bulu, Y. K., Triwahyudianto, T., & Sulistyowati, P. (2022, November). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Sd. In Prosiding Seminar Nasional PGSD Unikama (Vol. 6, No. 1, pp. 46–56).
Dewayanti, A., Suryanti, H. H. S., & Wicaksono, A. G. (2021). Analisis Video Animasi Inovatif dalam Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19 di MIM Girimargo Miri Sragen Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Sinektik, 4(2), 187–195.
Erinsyah, M. F., Sasmito, G. W., Wibowo, D. S., & Bakti, V. K. (2024). Sistem Evaluasi Pada Aplikasi Akademik Menggunakan Metode Skala Likert Dan Algoritma Naïve Bayes. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 13(1), 74–82.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01–17.
Harahap, P., Pasaribu, F., Aziz, A., Awaluddin, A., & Setiawan, H. R. (2024). Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran pendidikan agama Islam bagi peserta didik SMP di Kabupaten Aceh Singkil. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(3), 33–48.
Husin, A. (2019). Pengetahuan guru terhadap potensi sekolah untuk pendidikan nilai lingkungan hidup. In National Conference on Mathematics Education (Vol. 1, No. 1, pp. 234–242).
Husin, A., & Guntara, M. A. (2021). Dampak Eksploitasi Anak Dalam Bidang Pendidikan. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 947–958.
Husin, A., Maharani, S. D., & Sumarni, S. (2020). Teachers’ perceptions of environmental care education in elementary schools. Creative Education, 11(09), 1802.
Kaniawati, E., Mardani, M. E., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 18–32.
Komara, A. L., Pamungkas, A. S., & Dewi, R. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Kartun Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 316.
Kurniawan, D., Setiawan, U., & Purnama, A. (2021). Inovasi media pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 89–102.
Kusrini, N., Trisna, I. N., & Ikhtiarti, E. (2022). Pelatihan pembuatan video animasi pembelajaran bahasa prancis berbasis powtoon kepada guru bahasa prancis se-lampung. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 108–121.
Lia, L. K. A., Atikah, C., & Nulhakim, L. (2023). Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis animaker untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 386–400.
Magdalena, I., Nadya, R., Prahastiwi, W., Sutriyani, S., & Khoirunnisa, K. (2021). Analisis Penggunaan Jenis-Jenis Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sd Negeri Bunder Iii.
Melani, S., Amaliyah, A., & Rini, C. P. (2022). Analisis proses pembelajaran matematika berbasis daring pada masa pandemi covid-19 siswa kelas V SDN Sudimara 13 Ciledug Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 6–15.
Miftah, M. (2022a). Landasan Konseptual Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 25–31.
Miftah, M. (2022b). Peran, fungsi, dan pemanfaatan media pembelajaran. Feniks Muda Sejahtera.
Naffi'an, I., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). PENTINGNYA MEDIA Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Studi Multidisipliner, 8(6).
Nastiti, M. D., Mustaziri, & Tompunu, A. N. (2021). Animasi 2D (Motion Graphic) Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Etika Profesi. Jurnal EL Sains, 3(1), 37–42.
Novaldy, T., & Mahpudin, A. (2021). Penerapan Aplikasi Dengan Menggunakan Barcode Dan Aplikasi Untuk Laporan Presensi Kepada Orang Tua. ICT Learning, 5(1).
Nugroho, D. A., Khaerunisa, N., Firdaussi, F. N., & Zulfa, A. (2025). Implementasi Teknologi Pembelajaran Berbasis Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Anak usia Dini. Kumaracitta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 117–143.
Nur, S., Hidayah, R., & Fauzi, A. (2022). Peran media visual dalam meningkatkan literasi dasar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 15(3), 210–223.
Nurfadhillah, S., Azhar, C. R., Aini, D. N., Apriansyah, F., & Setiani, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Pinang 1.
Palimbong, Y. W. (2021). Penerapan Media Video Animasi Dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa Kelas XII SMAN 11 Makassar. [Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar].
Perdana, N. C. P., & Rocmah, L. I. (2024). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Animasi Alfabelt Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK ABA Klemunan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10163–10169.
Rahmah, Z. A., Komalasari, D., Simatupang, N. D., & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Pengembangan Video Alphabet Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 7(2).
Rahman, A., & Fauzi, A. (2020). Pengaruh media audiovisual terhadap motivasi belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 134–147.
Rasagama, I. G. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Getaran Berbasis Video YouTube untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Politeknik. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(2), 91–101. https://doi.org/10.26714/jps.8.2.2020.91-
Saleh, M. S., Syahruddin, S., Saleh, M., & Azis, I. (2023). Media pembelajaran.
Saputra, A. M. A., Tawil, M. R., Hartutik, H., Nazmi, R., La Abute, E., Husnita, L., & Haluti, F. (2023). Pendidikan Karakter Di Era Milenial: Membangun Generasai Unggul Dengan Nilai-Nilai Positif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sari, I. P., Syafdaningsih, M. P., Hasmalena, M. P., & Husin, A. (2020). Pengaruh media flaschard terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok a di tk it izzudin palembang.
Sari, N., & Wirman, A. (2023). Efektivitas Media Video Animasi dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Terhadap Anak Usia 5-6 Tahun. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 158–172.
Sari, N., Wahyuningsih, S., & Palupi, W. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah melalui media papan flanel. Kumara Cendekia, 9(2), 76–84.
Sartika, S., Indriani, D., & Limiansih, K. (2023). Implementasi Pendekatan Computational Thinking Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas III Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2588–2601.
Setyosari, P. (2020). Model-model Pengembangan Pembelajaran. Universitas Negeri Malang Press.
Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173.
Suci, F., Handayani, R., & Lestari, W. (2024). Pengaruh Media Animasi Interaktif terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 45–56.
Suci, F., Sulasminah, D., & Bastina. (2024). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Video Animasi Pada Siswa Tunangrahita Kelas VIII di SLB C YPPLB CENDRAWASIH. Jurnal Metafora Pendidikan, 2(1), 144–154.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Video animasi pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56.
Tantowie, T. A., & Firdaus, A. (2021). Meningkatkan Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode Iqra (Pengabdian Masyarakat di Desa Kertajaya Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran). Khidmat, 1(2), 93–101.
Wastriami, W., & Mudinillah, A. (2022). Manfaat media pembelajaran berbasis aplikasi kinemaster terhadap hasil belajar ipa siswa sdn 25 tambangan. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 30–43.
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224.
Widyahabsari, D., Aka, K. A., & Zaman, W. I. (2023, August). Media Video Animasi Materi Bangun Ruang. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 6, pp. 587–594).
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78.
Zaifullah, Z., Cikka, H., & Kahar, M. I. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 9–18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Miftahul Jannah, Azizah Husain, Erna Retna Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International