Revitalisasi Peran Pondok Pesantren dalam Menyiapkan Generasi Alpha Menghadapi Tantangan Pendidikan di Era Society 5.
Keywords:
Pondok Pesantren, Generasi Alpha, Tantangan Dunia Pendidikan, Era Society 5.0Abstract
Era society 5.0 menghadirkan tantangan dan peluang baru dalam dunia pendidikan, khususnya dalam menyiapkan Generasi Alpha sebagai generasi digital yang hidup berdampingan dengan kecerdasan buatan, internet, robotika, dan Big Data. Generasi Alpha memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya namun mereka minim dan lemah dalam berinteraksi sosial karena seringnya terpaut dengan gadget atau handphone. Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang erat kaitannya dengan pendidikan tradisional, dihadapkan pada kebutuhan untuk beradaptasi pada era baru tanpa menghilangkan identitas utamanya sebagai lembaga pendidikan Islam. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis pondok pesantren dalam membentuk kompetensi digital, mengetahui karakteristik pada Generasi Alpha, tantangan pendidikan ditengah distrupsi teknologi era Society 5.0. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kajian literatur. Penelitian ini menyoroti pentingnya metode pembelajaran inovatif, revitalisasi kurikulum, dan integrasi teknologi yang selaras dengan nilai-nilai Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa pondok pesantren memiliki potensi besar sebagai lembaga pendidikan transformatif dalam menghadapi tantangan era Society 5.0 seperti Generasi Alpha yang minim empati, dan sosialisasi, dan kurangnya memperhatikan spiritualisasi dalam dirinya sehingga pondok pesantren harus melakukan revitalisasi bahwa peran pondok pesantren dalam menyiapkan Generasi Alpha di Era Society 5.0 adalah mampu menggabungkan tradisi dan inovasi teknologi seperti pelatihan digitalisasi pada pengajar, modernisasi kurikulum dan integrasi teknologi dalam pembelajaran.
References
Amin, Betin Nuha. 2022. “Pembelajaran Asmaul Husna Melalui Metode Hanifida Gerak Tangan Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Di RA An Najah Gandrungmangu.”
Apriani, Helma, Sumardi, and Elan. 2022. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus Di SPS Taam Annuur Kota Tasikmalaya).” Jurnal Kewarganegaraan 6(2):4406–16.
Desmufita Sari, Dian. 2020. “Mendidik Generasi Alpha Dalam Membangun Sikap Mandiri, Sosial Dan Tanggung Jawab.”
Dewi, Nyoman Ayu Permata, Sri Utami, and Kadek Ayu Dwi Ratri Pradnyandari. 2022. “Fashion for Alpha Generation.” VISWA DESIGN: Journal of Design 1(1):32–41. doi: 10.59997/vide.v1i1.899.
Erfan Gazali. 2018. “Pesantren Di Antara Generasi Alfa Dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0.” OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam 2(2):94–109.
Fathul Amin. 2020. “Analisa Pendidikan Pesantren Dan Perannya Terhadap Pendidikan Islam.” Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam 13(2):56–73. doi: 10.51675/jt.v13i2.63.
Ferdinan. 2016. “Pondok Pesantren, Ciri Khas Perkembangannya.” Jurnal Tarbawi 1(1):12–20.
Fukuyama, Mayumi. n.d. “Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society.”
Hafizah, Nurul. 2023. “Media Pembelajaran Digital Generasi Alpha Era Society 5.0 Pada Kurikulum Merdeka.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7(4):1675. doi: 10.35931/am.v7i4.2699.
Hafni Rambe, Rizki, Ananda Yukhairiza Simatupang, and Abdusima Nasution. 2024. “Perkembangan Pendidikan Islam Di Nusantara: Dari Pengajian Hingga Era Kontemporer.” Rayah Al-Islam 8(4):2370–85. doi: 10.37274/rais.v8i4.1211.
Haqi, Halifa, and Hasna Wijayati. 2019. Revolusi Industri 4.0 Di Tengah Society 5.0. Yogyakarta: Quadrant.
Haris, Mohammad Akmal. 2023. “Urgensi Digitalisasi Pendidikan Pesantren Di Era Society 5.0 (Peluang Dan Tantangannya Di Pondok Pesantren Al-Amin Indramayu).” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6(01):49–64. doi: 10.30868/im.v4i02.3616.
Hidayat, Arifin Hidayat. 2023. “Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Di Desa Ujunggurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua.” Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 4(2):317–34. doi: 10.24952/bki.v4i2.6534.
Idawati, Khoirotul, Devind Camelia Rossa, Daeng Fuadi A. Kadir Tajawok, and Hanifudin. 2024. “The Implementation of the Tilawati Method in Learning Qur’an at Madrasah Aliyah.” Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan 3(1):46–478. doi: https://doi.org/10.25217/ji.v9i2.5756.
Islam, Jurnal Studi. 2021. “Karakteristik Pendidikan Agama Islam.” FiTua : Jurnal Studi Islam 2(2):167–78. doi: https://doi.org/10.47625/fitua.v2i2.316.
Kemal Husen, and Muhammad Husni. 2025. “Peran Pesantren Dalam Meneguhkan Identitas Budaya Indonesia Di Tengah Arus Modernisasi.” Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam 3(1):387–97. doi: 10.61104/ihsan.v3i1.847.
MA Achlami. 2024. “Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan, Dakwah Dan Sosial Dalam Menangkal Radikalisme Dan Terorisme.” At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam 1(2):118–26.
Maarif, Saiful. 2024. “Melihat Ekosistem Kemandirian Pesantren.” Kementrian Agama Republik Indonesia.
Mahbubah, Royyanatul, and Khoirotul Idawati. 2025. “Relevansi Pendidikan Karakter Dengan Profesionalisme Pendidik Perspektif Hadratussyaikh Hasyim Asy ’ Ari Dalam Kitab Adabul ‘ Alim Wal Muta ’ Allim The Relevance Of Character Education To The Professionalism Of Educators From The Perspective Of Hadratussy.” 7:48–58.
Maris, Stella. 2021. “Cara Mendidik Anak Generasi Alfa Untuk Masa Depannya Yang Gemilang.” Stella Maris International Education.
Marketing. 2023. “Era Society 5.0: Era Kedewasaan Teknologi Dan Kemanusiaan.” Universitas Pendidikan Nasional, September.
Maulida, Hesty, Eka Putry, Rofiatus Sholeha, and Danial Hilmi. 2020. “Video Based Learning Sebagai Trend Media Pembeljaran Di Era 4.0.” 5(1):1–24.
Misra, Sanjay, Kousik Barik, and Petter Kvalvik. 2025. “Digital Sovereignty in the Era of Industry 5.0: Challenges and Opportunities.” Procedia Computer Science 254:108–17. doi: 10.1016/j.procs.2025.02.069.
Mutiani, Ria, and Suyadi Suyadi. 2020. “Diagnosa Diskalkulia Generasi Alpha: Masalah Dan Perkembangannya.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 4(1):104–12. doi: 10.33487/edumaspul.v4i1.278.
Ningrum, Vena Zulinda, and Totok Rochana. 2019. “Perilaku Sosial Santri Di Pondok Pesantren Tarbiyatul Muballighin Desa Reksosari Suruh Kabupaten Semarang.” Solidarity 8(2):749–61.
Nuryadin, M. Andy, Furry Fairuz, and Jatmiko Joko Sembodo. 2024. “Metode Pembelajaran Khusus Untuk Generasi Alpha, Generasi Z Dan Generasi Beta.” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 9(4):45–50.
Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu. 2023. “Membangun Generasi Alpha Melalui Pembelajaran Efektif.” Universitas Esa Unggul.
Rahayu, Komang Novita Sri. 2021. “Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia Di Era Society.” 2(1):87–100.
Rahmad Fuad, and Iswantir M. 2024. “Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Pesantren Melalui Inovasi Kurikulum.” Jurnal Hukum, Politik Dan Ilmu Sosial 3(2):118–31. doi: 10.55606/jhpis.v3i2.3735.
Rahman, Habibur. 2024. “Intergrasi Spiritualitas Dan Teknologi Pendidikan : Potret Pesantren Masa Depan Abad 21.” Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor 3. doi: file:///C:/Users/User/Downloads/Integrasi%20Spiritualitas%20dan%20Teknologi%20Pendidikan%20(Potret%20Pesantren%20Masa%20Depan%20Abad%2021).pdf.
Ramli, Tasya Safiranita, Dadang Epi Sukarsa, Yusuf Saepul Zamil, Zainal Muttaqin, Sherly Ayuna Putri, Amelia Cahyadini, Ega Ramadayanti, Reihan Ahmad Millaudy, and Muhammad Jaka Hidayat. 2022. “Pemanfaatan Teknologi Bagi Siswa Dalam Menyokong Peningkatan Ekonomi Digital Dan Upaya Menghadapi Era Society 5 .0.” Jurnal Ilmu Hukum Kenotariatan 6:81–98.
redaksiKS. 2023. “Nilai Gotong Royong Dalam Budaya Santri.” Kalimah Sawa, November.
Sari, Milya. 2020. “NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” 41–53.
SARI, P., Yulizar, I., & Munthe, M. Z. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Picture And Picture Unuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di SDN 01 Rantau Selatan. Cemara Education and Science, 2(2).
Sleman, MtTsN 8. 2024. “Kurikulum Paud Yang Holistik Dan Integratif.” November.
Sukandar, Clara Aprilia. 2024. “Kenali Kelemahan Generasi Alpha, Mulai Dari Egois Hingga Maunya Serba Cepat Aja!” Olenka.
Syabibi, M. Ridho, Ahmad Walid, and Raden Gamel Tamrin Kusumah. 2023. NU, Pondok Pesantren Dan Generasi Alpha. Klaten, Jawa Tengah: Lakeisha.
Tauhid, Abu. 1990. Beberapa Aspek Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sekretariat Jurusan Fakultas Tarbiyah.
Ubaidillah, Aan Fardani, Fika Fitriasari, and Dewi Ayu Sakdiyyah. 2025. “Asistensi Pengembangan Website Sebagai Media Transformasi Digital Pesantren Melalui Metode ABCD.” International Journal of Community Service Learning 9(1):173–81. doi: 10.23887/ijcsl.v9i1.87108.
Ulfah, Almira Keumala, Ramadhan Razali, Habibur Rahman, Abd Ghofur, and Umar Bukhoriy. 2022. Ragam Analisis Data Penelitian. Pamekasan: IAIN Madura Press.
Uswatun Hasanah, and Ainur Rofiq Sofa. 2024. “Strategi, Implementasi, Dan Peran Pengasuh Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo.” Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam 3(1):152–72. doi: 10.61132/jmpai.v3i1.836.
Wandawari, Andi, Ahlun Ansar, Dewi Ayuh Ningsih, Arismunandar Arismunandar, and Rina Pratiwi. 2025. “Implementasi Kurikulum Pengetahuan Agama Dan Pengetahuan Umum Di Pondok Pesantren Modern Ulul Albab Makassar.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 3(01):32–40. doi: 10.58812/spp.v3i01.489.
Wati, Kardila, Mawardi Lubis, and Ahmad Walid. 2021. “Peranan Pesantren Dalam Menghadapi Generasi Alfa Dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0.” Attadib: Journal of Elementary Education 5(2):131. doi: 10.32507/attadib.v5i2.952.
Wicaksono, Dimas Setiyo, Kasmantoni, and Ahmad Walid. 2021. “Peranan Pondok Pesantren Dalam Menghadapi Generasi Alfa Dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Society 5.0.” Jurnal Pendidikan Tematik 2(2):181–89.
Zed, Mestika. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Zed, Mustika. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Zulfa, Aulia, and Fatma Ulfatun Najicha. 2022. “Urgensi Penguatan Identitas Nasional Dalam Menghadapi Society 5.0 Di Era Globalisasi.” Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan 3(2):65. doi: 10.31002/kalacakra.v3i2.6267.
Zulfahmi, Najhan. 2024. “7 Macam Nama Generasi Dan Tahunnya, Serta Perbedaan Karakteristiknya.” DetikEdu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Devind Camelia Rossa, Khoirotul Idawati, Hanifudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International