Urgensi Pendidikan Karakter sebagai Strategi Menghadapi Tantangan Globalisasi di Sekolah
Keywords:
Pendidikan Karakter, Globalisasi, Sekolah, Nilai Moral, Strategi PendidikanAbstract
Globalisasi memberikan dampak besar terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Kemajuan teknologi dan informasi menyebabkan nilai-nilai budaya asing masuk dengan cepat dan tanpa filter, yang dapat menggerus karakter generasi muda. Oleh karena itu, pendidikan karakter menjadi sangat penting untuk membekali peserta didik dengan nilai-nilai moral, etika, dan sosial yang kuat agar mampu menghadapi tantangan global. Sekolah memiliki peran strategis dalam menanamkan dan mengembangkan karakter peserta didik melalui proses pembelajaran, keteladanan, serta budaya sekolah yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah urgensi pendidikan karakter di sekolah sebagai strategi dalam menyikapi dampak negatif globalisasi. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, kajian ini menyoroti pentingnya integrasi nilai-nilai karakter seperti tanggung jawab, disiplin, toleransi, dan kerja sama dalam kurikulum dan aktivitas keseharian siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang dijalankan secara konsisten dan terstruktur mampu memperkuat jati diri siswa dan mempersiapkan mereka menjadi pribadi yang tangguh, adaptif, dan berdaya saing. Dengan demikian, pendidikan karakter bukan hanya pelengkap, melainkan fondasi utama dalam membangun generasi yang siap bersaing secara global tanpa kehilangan nilai-nilai lokal dan nasional.
References
Akmal, Farhana, Choudhry Shahid, dan Ishfaque Ahmed, “Globalization in the Educational Culture of Punjab Public Secondary Schools,” Global Sociological Review, VII.I (2022), hal. 203–09, doi:10.31703/gsr.2022(vii-i).20
Aningsih, et al., “How is the Education Character Implemented? The Case Study in Indonesian Elementary School,” Journal of Educational and Social Research, 12.1 (2022), hal. 371–80, doi:10.36941/jesr-2022-0029
Fauziah, Fina, dan Rofiatul Hosna, “Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Burlian Karya Tere Liye,” Jurnal Penelitian Tarbawi, 9.2 (2024), hal. 80–90, doi:10.37216/tarbawi.v9i2.1792
Hermino, Agustinus, dan Imron Arifin, “Contextual character education for students in the senior high school,” European Journal of Educational Research, 9.3 (2020), hal. 1009–23, doi:10.12973/EU-JER.9.3.1009
Jamaludin, Sophan, et al., “Character Education Strengthening Strategy Based On School Culture For Senior High School Students,” International Journal of Educational Research & Social Sciences, 3.5 (2022), hal. 2061–71, doi:10.51601/ijersc.v3i5.496
Jin, Yangbin, “The Rise of Education Globalization: Embracing Opportunities and Overcoming Challenges,” Advances in Economics and Management Research, 8.1 (2023), hal. 62, doi:10.56028/aemr.8.1.62.2023
Nahouli, Dima, “Globalization and the Internationalization of Standards,” International Journal of Science and Research (IJSR), 12.10 (2023), hal. 1786–91, doi:10.21275/sr231023175641
Oo, Sodikinin, Yosal Iriantara, dan Sri Handayani, “Ancaman atau Peluang Globalisasi Pendidikan dalam Perubahan Kebijakan Pendidikan,” AS-SALAM Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmuKeislaman, 7.1 (2022), hal. 14–24
Rahmania, et al., “Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah: Membangun Generasi Yang Beretika dan Bertanggung Jawab,” SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 3.1 (2025), hal. 28–33, doi:10.70115/semesta.v3i1.235
Sinaga, Janes, Ramlen Woran, dan Juita Lusiana Sinambela, “Pendidikan Karakter Dalam Era Milenial: Menjawab Tantangan Global DanLokal,” Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3.September (2021), hal. 94–100
Utina, Sitriah Salim, et al., “Challenges and Opportunities for Children’s Education in the Era of Globalization,” International Journal of Social Science and Human Research, 06.06 (2023), hal. 3381–88, doi:10.47191/ijsshr/v6-i6-22
Yusnan, Muhammad, “Implementation Of Character Education In State Elementary School,” ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5.2 (2022), hal. 218–23, doi:10.34050/elsjish.v5i2.21019
Zalli, Eneida, “Globalization and Education: Exploring the Exchange of Ideas, Values, and Traditions in Promoting Cultural Understanding and Global Citizenship,” Interdisciplinary Journal of Research and Development, 11.1 S1 (2024), hal. 55, doi:10.56345/ijrdv11n1s109
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fina Fauziah, Khoirotul Idawati, Hanifudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International