Potret Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini di Daerah Terpencil:Studi Kasus TK di Desa Silo Laut
Keywords:
Pendidikan, Anak, Usia, Dini, Taman, DesaAbstract
Usia dini merupakan periode emas pertumbuhan potensi anak yang hanya terjadi sekali seumur hidup. Untuk itu, perlu program PAUD bermakna sejak lahir hingga 6 tahun untuk menstimulasi perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Namun ketersediaan Pendidikan anak usia dini masih belum merata dan sangat terbatas. Seperti yang terjadi di Desa Silau Laut, TK Yasir Arrafa menjadi satu-satunya Lembaga Pendidikan anak usia dini terkait sarana, SDM, kurikulum, dan fasilitas yang terbatas menghambat kualitas pembelajaran. Padahal, anak-anak di desa terpencil memiliki potensi setara dengan anak-anak yang tinggal di perkotaan. Penelitian mengenai tantangan dan solusi kontekstual PAUD di daerah terpencil diperlukan agar pemerataan dan kualitas pendidikan usia dini dapat tercapai secara merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana potret penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di desa silo laut Kabupaten Asahan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan Pendidikan anak usia dini di desa terpencil. Hasil penelitian menunjukkan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini memiliki kendala terkait keterbatasan pada sarana dan prasarana, sumberdaya manusia dan juga dalam aspek sosial yangmana kurangnya pemahaman Masyarakat terhadap pentingnya Pendidikan anak usia dini untuk itu perlu adanya sosialisasi yang lebih intensif kepada Masyarakat mengenai hal ini.
References
Arifin, Zainal. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung;PT Remaja Rosdakarya.
Aryani, N. (2015). Konsep pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 213-227.
Asmawati, Luluk. (2017) Konsep Pembelajaran PAUD, Bandung: PT Remaja rosdakarya.
Basri, H. (2021). Optimalisasi peran guru pendidikan anak usia dini yang proporsional. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 1(1), 29-45.
Bronfenbrenner dan Ceci. (1994). Nature-Nurture Reconceptualized in Development Perspective; A Bioecological Model”. Psycoligical Review IOJ (4); 568-686.
Bronfenbrenner dan Morris, The Ecology of Developmental Processes. In W.Damon(Series Ed.) & R. M. Lerner (Vol. Ed.), Handbook of Child Psychology: Vol. 1: Theoretical Models of Human Development,(New York: Wiley, 1998),
Bronfenbrenner., (1986) Ecology of the Family As A Context for Human Development Research Perspectives, Developmental Psychology, 22, 6.
Citriadin, Y. (2020). Metode penelitian kualitatif (suatu pendekatan dasar). In Sanabil Creative. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx
Creswell, J. W. (2016) Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dini, J. P. A. U. (2022). Analisis implementasi pendidikan keuangan pada jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2429-2438.
Ita, E. (2018). Manajemen pembelajaran pendidikan anak usia dini di TK Rutosoro kecamatan Golewa kabupaten Ngada Flores nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45-52.
Jamal, N. A., & Wahyudi, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Dasar, 1-12.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Opan Arifudin, dkk. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada.
Pratiwi, E. S., & Utsman, A. F. (2022). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 232-240.
Ridlo, U. (2023). Metode Penelitian Studi Kasus: Teori dan Praktik Jakarta: Publica Indonesia Utama.
Salam, A., Ikhwanuddin, I., & Jamilah, S. J. S. (2022). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 50-60.
Santrock. (2003). Adolescence. Terjemahan: Adelar dan Saragih, Jakarta:Erlangga,
Sudarsana, I. K. (2018). Membentuk karakter anak sebagai generasi penerus bangsa melalui pendidikan anak usia dini. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 1(1).
Sudayadi. (2017). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini, Bandung: PT Remaja Rodaskarya
Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 49-60.
Yin, R. K. (2018) Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eka Lestari, Syahrizal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International