Persepsi Santri Terhadap Efektivitas Program Muroja’ah Dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an Di Madrasah Hifdzil Qur-an (MHQ) Pondok Pesantren Putri (PPP). Walisongo Cukir Jombang

Authors

  • Rahayu Ningsih Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang Jawa Timur, Indonesia
  • Khoirotul Idawati Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang Jawa Timur, Indonesia
  • Hanifudin Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Persepsi Santri, Efektivitas, Program Muroja’ah, Hafalan Al-Qur’an, MHQ, PPP. Walisongo Cukir

Abstract

Al-Qur'an merupakan kalam Allah Swt Swt. yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW SAW melalui malaikat Jibril secara bertahap sebagai petunjuk bagi umat Islam agar memperoleh kesejahteraan dunia dan akhirat. Untuk menjaga kemurniannya, Al-Qur’an tidak hanya perlu dibaca dan dipelajari, tetapi juga dijaga melalui hafalan dan pengulangan yang berkelanjutan. Pondok pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, memiliki peran penting dalam melestarikan nilai-nilai Al-Qur’an. Salah satu lembaga yang aktif dalam program tahfidz adalah Madrasah Hifdzil Qur’an (MHQ) di bawah naungan Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Jombang, yang menyelenggarakan program muroja’ah (pengulangan hafalan) sebagai strategi menjaga hafalan santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi santri terhadap efektivitas program muroja’ah dalam menjaga hafalan Al-Qur’an di MHQ PPP. Walisongo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para santri memiliki persepsi positif terhadap program muroja’ah karena terbukti efektif dalam membantu menjaga hafalan mereka secara konsisten. Kesimpulannya, program muroja’ah memiliki kontribusi signifikan dalam memperkuat kualitas hafalan Al-Qur’an santri dan perlu terus dikembangkan sebagai bagian integral dari proses pendidikan tahfidz.

References

Anwar, Abu, and Munzir Hitami. 2023. Ulumul Qur’an: Sebuah Pengantar. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Aris, A S. 2022. “Ilmu Pendidikan Islam.”

Azizah, Risda Alifia N U R. 2025. “Implementasi Metode Tahfidzul Qur’an One Day One Colour Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Di Sd Islam Pangeran Diponegoro Semarang Tahun Ajaran 2024/2025.”

Fatiq, Diska Firzan Nadia, and Nasrullah Nasrullah. 2024. “Eksplorasi Peran Dukungan Sosial Dan Rasa Syukur Dalam Meningkatkan Subjective Well Being Santri Penghafal Al-Qur’an Di Pesantren Malang.” Journal of Education Research 5(4): 6048–56.

Helmi, Adila Rizkita, Khalid Ramdhani, and Siti Khulasoh. 2025. “Upaya Guru Dalam Mempertahankan Hafalan Juz 30 Melalui Metode Muraja’ah Pada Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Amanah.” Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam 8(1): 52–63.

Hendra, Jailani Afri. 2024. “Studi Fenomenologi Regulasi Diri Terhadap Kemampuan Menghafal Santri Tahfidz Di Pondok Pesantren Nahdlatut Ta’limiyah Karang Anyar Plakpak Pegantenan Pamekasan.”

Herwati, Herwati et al. 2023. “Motivasi Dalam Pendidikan (Konsep-Teori-Aplikasi).”

Imran, Muhammad. 2022. “Implementasi Program Tahfidz Camp Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Tangerang.”

Insanni, Nurul, Nur Hidayah, and Muin Abdullah. 2023. “Penerapan Metode Muroja’ah Jadid Dan Qodim Dalam Menjaga Kualitas Hafalan Al-Qur’an.” Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah 8(1): 336–43.

Maulana, Anwar Dwi, and Ami Latifah. 2025. “Strategi Guru Tahfidz Melalui Metode Pengulangan Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Lampung Selatan: Penelitian.” Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan 3(4): 4085–93.

Mawaddah, Nabitatul, and Ali Said. 2022. “Implementasi Program Tahfidz Lembaga Madrasah Hifdzil Qurâ€TM an Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Jombang).” Education, Learning, and Islamic Journal 4(2): 121–45.

Mirza, Muhammad. 2024. “Penerapan Metode Muraja’ah Mutqin Di Pesantren Babul Maghfirah.”

Mubarak, Ahmad. 2025. “Upaya Pembina Tahfidz Dalam Mengatsi Kejenuhan Santri Menghafal Al-Qur’an Dalam Perspektif PAI Di PPTQ Darul Muqamah Kabupaten Sidrap.”

Nisanabila, Khairun. 2024. “Penerapan Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Wafa Dengan Menggunakan Media Kartu Gambar Dan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Bacaan Di TK Terpadu Putera Zaman.”

Rahmad, Wahyu Basuki, and Asriana Kibtiyah. 2022. “Pembentukan Karakter Religius, Disiplin Dan Tanggungjawab Melalui Kegiatan Tahfidzul Qur’an Di SD Islam Roushon Fikr Jombang.” Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 18(2): 31–52.

Rakhmayanti, Fitria Zahroh. 2024. “Manajemen Program Unggulan Tahfidz Al-Quran Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Siswa MI Istiqomah Sambas Purbalinga.”

Rokim, Syaeful. 2020. “Akselerasi Pembelajaran Tahfiz Pada Lembaga Pendidikan Alquran: Studi Di Pondok Pesantren Wadi Mubarak Bogor.”

Saleh, Muhammad. 2022. “Analisis Tentang Pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an Pada Pondok Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur.”

Septiani, Dewi. 2024. “Penerapan Metode Ummi Dalam Menghafal Al-Qur’an Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas Amanah Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayatullah Sleman.”

Soleh, Moh. 2024. “Manajemen Pembelajaran Tahfidz Juz ‘Amma Dalam Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Pati.”

Susilo, Agus Agus, and Ratna Wulansari. 2020. “Sejarah Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam 20(2): 83–96.

Yusuf, Mochamad Aris. 2025. “Komunikasi Interpersonal Dalam Pembinaan Tahfizh: Analisis Proses Menghafal Al-Qur’an Santri Zaid Bin Tsabit.” Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya 8(2): 257–75.

Downloads

Published

15-08-2025

How to Cite

Rahayu Ningsih, Khoirotul Idawati, & Hanifudin. (2025). Persepsi Santri Terhadap Efektivitas Program Muroja’ah Dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an Di Madrasah Hifdzil Qur-an (MHQ) Pondok Pesantren Putri (PPP). Walisongo Cukir Jombang. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/345