Relevansi Pendekatan Deep Learning pada Kurikulum Cinta Di MAN 1 Sragen
Keywords:
Relevansi, Penedekatan Deep Learning, Kurikulum CintaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendekatan deep learning serta mengkaji relevansinya terhadap kurikulum cinta di madrasah aliyah negeri 1 Sragen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian mencakup guru dan wakil kepala madrasah bidang kurikulum di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sragen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan deep learning telah mulai diterapkan melalui tiga elemen utama: (1) meaningful learning, (2) mindful learning, dan (3) joyful learning. Elemen-elemen tersebut tercermin dalam pembelajaran kontekstual, aktivitas reflektif, dan suasana kelas yang menyenangkan secara emosional. Namun, penelitian juga menemukan beberapa tantangan, yaitu: (1) keterbatasan pemahaman guru terkait Kurikulum Cinta dan integrasinya dalam perencanaan pembelajaran, serta (2) belum tersedianya panduan teknis dan contoh implementasi praktis pembelajaran berbasis nilai. Untuk mengatasi tantangan tersebut, penelitian ini merekomendasikan: (1) pelatihan menyeluruh bagi guru terkait integrasi pendekatan deep learning dan Kurikulum Cinta, serta (2) pengembangan modul pembelajaran kontekstual yang menggabungkan materi akademik dan nilai-nilai kemanusiaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan deep learning sangat relevan dan efektif dalam mendukung internalisasi Kurikulum Cinta, khususnya dalam memperkuat pendidikan karakter dan menciptakan pembelajaran yang bermakna serta berpusat pada siswa.
References
Asihati, T., & Hapsari, R. (2025). Membangun Budaya Belajar Menyenangkan di Madrasah melalui Kurikulum Cinta dan Strategi Pembelajaran Mendalam. 04(2), 86–92.
Fitriani, A., & Santiani. (2025). Analisis Literatur : Pendekatan Pembelajaran Deep Learning Dalam Pendidikan. Kampus Akademik Publising Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU), 2(3), 50–57.
Fullan, M., Quinn, J., & McEachen, J. (2017). Deep learning: Engage the world, change the world. Corwin Press.
Hasanah, A., Fitriani, A., Mardianah, D., Salam, F., Mutia, N. A., & Nopasari, D. (2025). Analisis Buku Ipas Kelas 5 Kurikulum Merdeka. Sindoro CENDIKIA PENDIDIKAN, 11(3). https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252
Lexy J, M. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Maelasari, N., & Lusiana. (2025). Efektivitas Deep Learning Dalam Pembelajaran : Sebuah Kajian Systematic Literature Review ( SLR ). Jurnal Education and Development Institut, 13(2), 298–305.
Mukhlis, F. (2017). Pendidikan Agama Islam Anti Radikalisme. 2(1705045066), 1–111.
Putri, N. A. (2022). Konsep pembelajaran deep learning dalam pendidikan abad 21. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi.
Qamariah, Z., & Anwar, K. (2025). Analisis Konseptual Kurikulum Cinta : Pendekatan Humanistik dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. 5(2).
Sumarto, & Harahap, E. K. (2016). Perencanaan Pendidikan dalam Menyusun Kurikulum Deep Learning untuk Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Literasiologi, 13, 1–23.
Suwandia, Putrib, R., & Sulastri. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik (JPKP), 2(2), 69–77.
Yuliana, D., Suparto, A. A., & Syukria, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Canva pada Mata Pelajaran TIK Kelas VII MTs Al-Hidayah. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(01), 34–50. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i01.3791
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan, Rugaiyah, Masduki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International