Hubungan Kebiasaan Berbahasa Arab Dengan Kepercayaan Diri Santri Berkomunikasi Di Pondok Pesantern Ahmadul Jariah
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v9i2.332Keywords:
Kebiasaan, Bahasa Arab, KomunikasiAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan berbahasa Arab dengan kepercayaan diri santri dalam berkomunikasi di Pondok Pesantren Ahmadul Jariah, Kota Pinang. Populasi dalam kajian ini terdiri daripada semua pelajar kelas VIII yang terdiri daripada lima kelas, dengan jumlah keseluruhan 118 orang santri. Berdasarkan anggapan awal bahawa seluruh populasi adalah homogen, maka beberapa sampel boleh mewakili populasi tersebut. Oleh itu, sampel dalam kajian ini diambil menggunakan teknik Sampling Acak Sederhana (Simple Random Sampling), iaitu kelas VIII-2 yang terdiri daripada 30 orang pelajar. Hasil kajian mendapati terdapat hubungan antara kebiasaan berbahasa Arab dengan kepercayaan diri santri dalam berkomunikasi di Pondok Pesantren Ahmadul Jariah. Temuan ini diperoleh daripada kajian yang dijalankan terhadap data 30 pelajar, di mana ditemukan adanya korelasi positif yang signifikan secara statistik (r = .995, p < .001) antara kebiasaan berbahasa Arab dan kepercayaan diri santri dalam berkomunikasi. Ini menunjukkan bahawa semakin tinggi kebiasaan berbahasa Arab dalam kalangan santri, semakin tinggi pula kepercayaan diri mereka dalam berkomunikasi. Nilai R Square = (.891) menjelaskan bahawa sekitar 89.1% variasi dalam Skor Kepercayaan Diri Berkomunikasi boleh dijelaskan oleh Skor Kebiasaan Berbahasa Arab. Selebihnya (100% - 89.1% = 10.9%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam model ini. Nilai Constant = (.853) adalah nilai intercept, yang bermaksud skor Kepercayaan Diri Berkomunikasi yang dijangka adalah 85.3. Nilai Skor Kebiasaan Berbahasa Arab = (.518), yang merupakan koefisien regresi bagi variabel bebas, menunjukkan bahawa setiap peningkatan satu unit dalam Skor Kebiasaan Berbahasa Arab diikuti dengan peningkatan sebanyak 0.518 unit dalam Skor Kepercayaan Diri Berkomunikasi.
References
Alvina, Vikria Tahta, Ratih Haryati, Mustafiqul Hilmi, and Danial Hilmi. 2024. “Al Mi ’ Yar : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban Metode Hypnoteaching Melalui Neuro Linguistic Programming ( NLP ) Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab.” 7(2): 805–15.
Faramita, Faramita, Firdaus Firdaus, and Nazaruddin Nazaruddin. 2024. “Pengaruh Kegiatan Muhadharah Terhadap Kecerdasan Linguistik Dan Kepercayaan Diri Peserta Didik.” Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam 4(02): 12–25.
Habibah, Aizzatin, Syihabuddin Syihabuddin, and Yayan Nurbayan. 2022. “Menumbuhkan Cinta Bahasa Arab Dengan Bi’Ah ‘Arabiyyah Di Pondok Pesantren.” Arabi : Journal of Arabic Studies 7(2): 251–62.
Hamid, Tb. Abdul, Abdul Kosim, and Mohd. Azhar. 2024. “Problematika Pemerolehan Bahasa Arab Pada Santri Berkepribadian Ekstrovert Dan Introvert.” Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 5(2): 311–19.
Hendri, Muspika. 2017. “Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 3(2): 196.
Luthfi, Taufik. 2021. “Hubungan Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Arab Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Pada Siswa Kelas IX (Sembilan) SMP Al-Ihsan.” Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 2(2): 76–89.
Maimun, Muhamad Fadhlullah. 2024. “Metode Mu ḥ ā ḍ Arah Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Santri.” 4(1): 304–14.
Musthofa, Rohelah, and Bisyarotul Hanun. 2023. “Hubungan Kegiatan Latihan Khitobah Dan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab.” Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(1): 43.
Nurhayati, and Julita Sari Nasution. 2022. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas Viii Smpit Fajar Ilahi Batam.” Jurnal AS-SAID 2(1): 100–115.
Rizqi, Alfi Ainur et al. 2024. “Al Mi ’ Yar : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban Pergeseran Makna Kata Antum Dalam Interaksi Sosial Santri Pondok Pesantren Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan.” 7(2): 611–18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mutiara Siregar, Betti Begawati, Rahmi Syafriyeti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International