Analisis Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Moralitas Siswa MTs PP Addinussyarifiah Tanjung Makmur

Authors

  • Masrina Munthe Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia
  • Betti Megawati Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia
  • Maisaroh Ritonga Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v9i2.331

Keywords:

Kegiatan, Keagamaan, Moralitas, Siswa

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk melakukan analisis kegiatan keagamaan terhadap moralitas siswa. Populasi adalah seluruh siswa pada MTs PP Addinussyarifiah Tanjung Makmur sebanyak 280. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan teknik Non-Probability Sampling: Purposive Sampling (Sampling Bertujuan). Teknik ini memastikan bahwa kedua kelompok terwakili secara proporsional dalam sampel yang diambil. Peneliti memilih sampel (dalam hal ini, kelas VIII-3) karena kelas tersebut memiliki karakteristik tertentu secara spesifik kelas dengan tingkat keaktifan yang rendah dalam kegiatan keagamaan disekolah berdasarkan laporkan guru pembina. Sampel berjumlah 31 orang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Hasil penelitian pengohaan pada normalitas data dapat kita ketahui bahwa nilai signifikan untuk variabel penanganan kenakalan siswa menggunakan strategi guru terlihat harga statistic untuk Shapiro – Wilk sebesar 0.937 dan p-value = 0.092 > 0.05 yang berarti memberi simpulan sama yaitu data berdistribusi normal. Hal ini berarti bahwa kedua variabel yang digunakan dalam penelitian telah berdistribusi normal. Hasil penelitian diperoleh besar pengaruh berdasarkan adanya perbedaan mean = 41.127 yang berarti selisih skor moralitas siswa antara sebelum dan sesudah di terapkan kegiatan kegamaan. Harga positif bermakna setelah diberi penerapam kegiatan keagaman dalam penanganan moralitas siswa berdampak positif. Selanjutnya hasil terpenting dari table Paired Samples Test ini harga statistic t = 21.832 dengan db 28 dan angka sig atau p-value = 0.000 < 0.05 atau Ho ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Moralitas Siswa MTs PP Addinussyarifiah Tanjung Makmur.

References

Amsa, Syarifudin, and Hamim Farhan. 2020. “Peranan Aktivitas Keagamaan Dalam Membina Moralitas Remaja Masjid At-Taqwa Di Dusun Ngering Sukoanyar Cerme Gresik.” Tamaddun 20 (2): h. 103-112.

Adam dan Adiyan. 2022. “Pengaruh Gadget Terhadap Ahklak Dan Moral Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 47 Kota Ternate Adiyana Adam.” 8(1): 29–47.

Ananda, Geby Citra et al. 2019. “Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Terhadap Promosi Pegawai Pada Perguruan Panca Budi Medan.” 2(1): h. 102–13.

Asy’arie B, Maulidah, N, Nurwahyuni, E dan Sulalah. 2024. “Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah : Dampaknya Terhadap Pemahaman.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7 (1): h. 264-277.

Budiman, Arip, M Ag, Mariyah Qurrotu, and Vina Selvia. 2022. “Pengaruh Pendidikan Keagamaan Terhadap Nilai Moral Anak Dalam Kehidupan Sehari-Hari Di Madrasah Diniyah Nurul Hayat Dusun Babakan Kepuh Desa Bongas. Jurnal UIN SUnan Gunung Jati 3 (7): h. 446-458.

Hastuti, Cici, Amirudin, and Iqbal Amar Muzaki. 2023. “Pengaruh Kegiatan Pembiasaan Keagamaan Terhadap Akhlak Siswa Di Smpn 7 Karawang Barat.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 6 (1): h. 55–68.

Ibrahimy, Universitas. 2021. “Guru Sebagai Model Dan Teladan. Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam.” 6 (1). h. 1-8.

Idrus, Muhammad. 2023. “Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa The Rule of Civics Education Teachers to the Development of Students ’ Moral Intelligence.” Jurnal Pendidikan Moral dan Kewargenaraan 1(2): h. 76–86.

Ilham H, Purwanto, H, Annisa M, Marsyanda, F dan Rahma, F. 2024. “Krisis Moral Dan Etika Pada Generasi Muda Indonesia.” Angewandte Chemie International Edition, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi 6(11), h. 233–41.

Intani, M. 2025. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Pada Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Bulukerto.” Jurnal Al-Muaddib. 7(1): h. 19–32.

Mewar, dan Athallah. 2021. “Krisis Moralitas Pada Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Perspektif 1(2): h. 132–42.

Rubiyati, Partono, dan Utomo, B.. 2024. “pengaruh kegiatan keagamaan dan motivasi terhadap Pengembangan religiositas siswa kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurna Open System 18(7): h 1807–18.

Zalsabella P, Difa, Eka Ulfatul C, and Moh Kamal. 2023. “Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Dan Moral Anak Di Masa Pandemi.” Journal of Islamic Education 9(1): h. 43–63.

Downloads

Published

17-07-2025

How to Cite

Masrina Munthe, Betti Megawati, & Maisaroh Ritonga. (2025). Analisis Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Moralitas Siswa MTs PP Addinussyarifiah Tanjung Makmur. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(2). https://doi.org/10.58822/tbq.v9i2.331