Pengaruh Pesta Joget Terhadap Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 6 SD Negeri 1 Mata Kecamatan Kambowa, Buton Utara
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v9i2.330Keywords:
Pesta Joget, Nilai PAI, Pendidikan Agama Islam, Siswa SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan menghadiri pesta joget terhadap nilai pendidikan agama islam (PAI) pada siswa kelas 6 SD Negeri 1 Mata Kecamatan Kambowa, Kabupaten Buton Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 6 yang berjumlah 20 orang, dan teknik pengambilan sampel di lakukan secara total sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengukur frekuensi, durasi, dan intensitas keterlibatan siswa dalam pesta joget, serta dokumentasi nilai PAI siswa. Hasil analisis regresi linear menunjukan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara keterlibatan dalam pesta joget terhadap nilai PAI siswa. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,815 menunjukan bahwa 81,5% variasi nilai PAI siswa dapat dijelaskan oleh kebiasaan menghadiri pesta joget. Koefisien regresi sebesar -1,142 menandakan bahwa semakin tinggi keterlibatan siswa dalam pesta joget, maka semakin rendah nilai PAI yang diperoleh. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pesta joget memiliki dampak signifikan terhadap penurunan nilai akademik Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan yang lebih ketat dari pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat agar siswa dapat lebih fokus dalam kegiatan belajar, khususnya dalam penguatan nilai-nilai keagamaan.
References
Abubakar, F. (2015). Pengaruh komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa terhadap motivasi belajar dan prestasi akademik mahasiswa. Jurnal Pekommas, 18(1), 53–62.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. (No Title).
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Fitri, D. (2024). Peran Ibu Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Pada Era Digital Di Pekon Tapak Siring Lampung Barat. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Hidayat, Y. N. (2025). Pendidikan Holistik Integratif Perspektif Pendidikan Islam. Journal of Educational Research and Community Service, 1(2), 84–94.
Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Kurniawan, D. A., & Astalini, A. (2019). Evaluasi sikap siswa SMP terhadap IPA di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(1), 124–139.
Muinah, M. (2020). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 3(1), 1–8.
Pahmi, M., Ismail, M. I., & Muzakkir, M. (2019). Internalisasi Pembentukan Karakter dalam Proses Pembelajaran pada SMP Negeri 37 Bulukumba. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 25–37.
Putra, A. A. (2016). Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 41–54.
Santoso. (2020). Aktifitas hiburan seperti pesta joget dapat memberikan dampak negatif pada nilai akademik jika mengurangi waktu belajar siswa atau membuat mereka kelelahan. Institute for Religion and Civil Society Development (Ircisod).
Sari, A., & Yuliana, R. (2018). Dampak hiburan tradisional terhadap perilaku akademik siswa. Jurnal Penelitian Sosial Dan Budaya, 5(2), 25–37.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yusfita, Basri, La Jusu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International