MENGENAL SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA: JEJAK PERJUANGAN DAN TANTANGAN MASA KINI (TELAAH PEMIKIRAN HAMKA)

Authors

  • Rudi Hartono Sekolah Tinggi Agama Islam “UISU” Pematangsiantar

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Sejarah Pendidikan, Hamka, Pemikiran Islam, Tantangan Kontemporer, Etika Sosial

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia memiliki akar historis yang panjang dan dinamis, mencerminkan interaksi antara nilai-nilai Islam, budaya lokal, dan pengaruh kolonial. Artikel ini menelaah sejarah perkembangan PAI dari masa awal penyebaran Islam hingga era kontemporer, dengan fokus pada pemikiran dan kontribusi Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka). Melalui pendekatan kualitatif dan studi kepustakaan, artikel ini menggali pandangan Hamka mengenai pentingnya pendidikan agama yang tidak hanya berorientasi pada aspek ritual, tetapi juga membentuk karakter dan etika sosial. Hamka memandang PAI sebagai sarana pembebasan umat dari keterbelakangan intelektual dan moral. Artikel ini juga membahas tantangan kontemporer PAI, seperti sekularisasi pendidikan, krisis moral generasi muda, dan ketimpangan akses pendidikan di wilayah terpencil. Dengan merefleksikan pemikiran Hamka, artikel ini memberikan sumbangan dalam merumuskan arah baru PAI yang lebih relevan dan transformatif di era modern.

References

Abuddin Nata. (2012). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Arifin, I. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Azra, A. (1999). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos.

Djamaluddin, A. (2000). Pendidikan Islam dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan.

Hamka. (1982). Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Hamka. (1984). Dari Perbendaharaan Lama. Jakarta: Bulan Bintang.

Madjid, N. (1997). Islam Doktrin dan Peradaban. Jakarta: Paramadina.

Mas'ud, A. (2002). Menuju Paradigma Baru Pendidikan Islam. Yogyakarta: Gama Media.

Mujiburrahman. (2006). Islam and the Secular State in Indonesia. Leiden: Brill.

Noer, D. (1980). Gerakan Modern Islam di Indonesia, 1900–1942. Jakarta: LP3ES.

Rahman, F. (1982). Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. Chicago: University of Chicago Press.

Steenbrink, K. A. (1986). Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES.

Wahid, M. (2001). Islam dan Pendidikan: Telaah Historis dan Filosofis. Yogyakarta: LKiS.

Yatim, B. (2001). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Zuhairini, et al. (1993). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

08-09-2025

How to Cite

Rudi Hartono. (2025). MENGENAL SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA: JEJAK PERJUANGAN DAN TANTANGAN MASA KINI (TELAAH PEMIKIRAN HAMKA). Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/321