MENGENAL SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA: JEJAK PERJUANGAN DAN TANTANGAN MASA KINI (TELAAH PEMIKIRAN HAMKA)
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Sejarah Pendidikan, Hamka, Pemikiran Islam, Tantangan Kontemporer, Etika SosialAbstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia memiliki akar historis yang panjang dan dinamis, mencerminkan interaksi antara nilai-nilai Islam, budaya lokal, dan pengaruh kolonial. Artikel ini menelaah sejarah perkembangan PAI dari masa awal penyebaran Islam hingga era kontemporer, dengan fokus pada pemikiran dan kontribusi Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka). Melalui pendekatan kualitatif dan studi kepustakaan, artikel ini menggali pandangan Hamka mengenai pentingnya pendidikan agama yang tidak hanya berorientasi pada aspek ritual, tetapi juga membentuk karakter dan etika sosial. Hamka memandang PAI sebagai sarana pembebasan umat dari keterbelakangan intelektual dan moral. Artikel ini juga membahas tantangan kontemporer PAI, seperti sekularisasi pendidikan, krisis moral generasi muda, dan ketimpangan akses pendidikan di wilayah terpencil. Dengan merefleksikan pemikiran Hamka, artikel ini memberikan sumbangan dalam merumuskan arah baru PAI yang lebih relevan dan transformatif di era modern.
References
Abuddin Nata. (2012). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Arifin, I. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Azra, A. (1999). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos.
Djamaluddin, A. (2000). Pendidikan Islam dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan.
Hamka. (1982). Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas.
Hamka. (1984). Dari Perbendaharaan Lama. Jakarta: Bulan Bintang.
Madjid, N. (1997). Islam Doktrin dan Peradaban. Jakarta: Paramadina.
Mas'ud, A. (2002). Menuju Paradigma Baru Pendidikan Islam. Yogyakarta: Gama Media.
Mujiburrahman. (2006). Islam and the Secular State in Indonesia. Leiden: Brill.
Noer, D. (1980). Gerakan Modern Islam di Indonesia, 1900–1942. Jakarta: LP3ES.
Rahman, F. (1982). Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. Chicago: University of Chicago Press.
Steenbrink, K. A. (1986). Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES.
Wahid, M. (2001). Islam dan Pendidikan: Telaah Historis dan Filosofis. Yogyakarta: LKiS.
Yatim, B. (2001). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Rajawali Press.
Zuhairini, et al. (1993). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rudi Hartono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International