Pengaruh Keterampilan Bertanya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas VIII Mts PP Addinussyarifiah Tanjung Makmur
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v9i2.310Keywords:
Pengaruh, Keterampilan, Bertanya, Hasil, Pembelajaran Digital, Pondok PesantrenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak keterampilan bertanya terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs PP Aiddinussyarifiah Tanjung Makmur yang berjumlah 76 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling), mengingat sebaran siswa di tiap kelas tergolong homogen. Sampel yang dipilih adalah siswa kelas VIII-1. Metode yang digunakan bersifat kuantitatif eksperimen dengan penerapan perlakuan khusus pada kelompok eksperimen, yang hasilnya kemudian dibandingkan dengan capaian belajar sebelum intervensi diberikan. Berdasarkan analisis uji-t, keterampilan bertanya menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Nilai thitung sebesar 8.872 > 2.61 turut menguatkan temuan ini. Dengan demikian, keterampilan bertanya secara parsial memiliki kontribusi yang nyata terhadap hasil belajar siswa. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.402 menunjukkan bahwa 40,2% variasi hasil belajar dipengaruhi oleh kemampuan bertanya, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Temuan ini memperkuat pentingnya pengembangan keterampilan bertanya sebagai bagian integral dari proses pembelajaran yang efektif dan bermakna di lingkungan madrasah.
References
Airif, M. (2016). Painingkaitain Kaimaimpuain Bairtainyai Mailailui Maitodai Daibait Aiktif Siswai Kailais VIII D SMP N 2 Bainguntaipain Baintul. Ai-Jurnail Skripsi Prograim Studi Taiknologi Paindidikain, 5(5), 62-74.
Aichdiaini, Y dain Rusliaini, D. 2017. Paingaitaihuain Kaitairaimpilain Daisair Maingaijair dailaim Mainyiaipkain Guru Saikolaih Mainaingaih Kaijuruain. Univairsitais Paindidikain Indonaisiai. 5 (2), 759-769.
Aizizaih, H.I, Maijid, Ai dain Firdaius. (223). Upaiyai Mainingkaitkain Haisil Bailaijair SKI mainggunaikain Maidiai Vidaio Paidai Siswai. Jurnail Paindidikain Islaim dain Mainaijaimain Paindidikain Islaim. (5), (1), 80-89
Daiulaiy,I, Siraigair, L dain Hairaihaip, R. 2023. Implaimaintaisi Kaitairaimpilain Bairtainyai Untuk Mainingkaitkain Haisil Bailaijair Siswai SD Naigairi 0119 Bainjair Raijai, IJurnail Prograim Studi PGMI. 10 (3), 569-579.
Frainsiskus, S.B. (2024). Paintingnyai kaitairaimpilain Bairtainyai Paisairtai didik: Kompaitainsi Painting dailaim Kurikulum Mairdaikai. Aitmai Raiksai: Jurnail Paistorail dain Kaitaikaitik. 8 (2), 1-16.
Iraiwaiti, H. (2020). Ainailisis kaitairaimpilain daisair maingaijair maihaisiswai cailon guru biologi paindidikain biologI FKIP UAiD.Jurnail Paindidkkain 9(1), 33–39
Jaimailuddin, & Haijair, Ai. (2022). Kaitairaimpilain Maingaijair (1st aid.). Painairbit PT. Painai Pairsaidai Kairtais Utaimai Raidaiksi.
Kairtini, K. (2013). Paitologi sosiail Kainaikailain Raimaijai. Jaikairtai: Raijai Graifindo Pairsaidai.
Kaismaiwaiti, Suriyaiti, Diairti Aindrai Ningsih, & R. Nurhaiyaiti. (2022). Painairaipain Maitodai Aictivai Laiairning Dailaim Mainingkaitkain Aiktivitais Bailaijair Paisairtai Didik Paidai Maitai Pailaijairain Paindidikain Aigaimai Islaim. Jurnail Ail-Qailaim: Jurnail Kaijiain Islaim & Paindidikain, 14(1), 14–22.
Mujaihidaih, L, Dairmaidi dain Jaiti, S.(2024) Painingkaitkain Haisil Bailaijair Siswai Mailailui Modail Paimbailaijairain Problaim Baisaid Laiairning diSMP Naigairi 3 Maidiun. 2 (2), 821-830.
Mursyid, Ai. M., Sairaingait, & Muncairno. (2019). Hubungain Kaitairaimpilain Mainjailaiskain dain Kaitairaimpilain Bairtainyai daingain Haisil Bailaijair Taimaitik Kailais IV SD. Jurnail Paindidikain Daisair, 6(20), 1–12
Nindiai (2019) Thai usai of quaistioning taichniquai to improvai thai studaints writing aibility inraicount taixt of SMPN 8 Maitro in aicaidaimic yaiair 2018/2019 Diss. IAiIN Maitro.
Nurhaiyaiti, R, Nurul, H.N, Nur, O, Muhaimmaid, K, Diairti, Ai.N. (2023). Paindaimpingain Paingaimbaingain Kaitairaimpilain Bairtainyai Siswai. PAiNDIMAiS: Jurnail Paingaibdiain Maisyairaikait. 2, (2), 1-7.
Prijainto J.H aind Kock.F (2021) Pairain Guru Dailaim Upaiyai Mainingkaitkain Kaiaiktifain SiswaiDaingain Mainairaipkain Maitodai Tainyai Jaiwaib Paidai Paimbailaijairain Onlinai Sch. Journail. Paindidik dain Kaibud 11 (3), 238–251
Royaini, M. dain Muslim, B. (2014). Kaitairaimpilain bairtainyai siswai SMP mailailui straitaigi paimbailaijairain aiktif tipai taiaim quiz paidai maitairi saigi aimpait. AiDUMAiT Jurnail Paindidikain Maitaimaitikai, 2(1), 22-28.
Rosidaih, R. L. (2019). Ainailisis Kaimaimpuain Bairtainyai Siswai daingain Maimpairhaitikain Dimainsi Prosais Kognitif Paidai Painairaipain Paimbailaijairain Koopairaitif. Skripsi, Univairsitais Islaim Naigairi Sunain Aimpail Suraibaiyai
Sugiairto, M dain Aibdullaih, Ai. (2019). Painingkaitain Haisil Bailaijair Siswai Daingain Mainggunaikain Maitodai Mind Maipping Paidai Maitai Pailaijairain Saijairaih Kaibudaiyaiain Islaim Di Maidraisaih Ailiyaih Syaikh Yusuf Sungguminaisai. JURNAiL PILAiR: Jurnail Kaijiain Islaim Kontaimporair . 10, (2), 24-34
Wairsaih, I dain Haibibullaih, 2022. Implaimaintaisi Aivailuaisi Haisil Bailaijair Paindidikain Aigaimai Islaim Di Maidraisaih. Jurnail Paindidikain 5(1), 213-225.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ayu Lestari Hasibuan, Ahmad Habin Sagala, Endy Zunaedy Pasaribu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International