Pendidikan Anak Perempuan: Kajian Hadis Nabi Muhammad Saw

Authors

  • Nur Halimah Sekolah Tinggi Agama Islam “UISU” Pematangsiantar, Indonesia

Keywords:

Pendidikan Islam, Anak Perempuan, Hadis, Karakter, Masyarakat Madani, Nilai-Nilai Islam

Abstract

Pendidikan anak perempuan dalam Islam memiliki peranan penting dalam membentuk masyarakat madani yang beradab dan berkualitas. Islam memandang perempuan sebagai pilar peradaban, sehingga pendidikan yang diberikan harus dimulai sejak usia dini. Pendidikan anak perempuan bukan hanya membentuk aspek intelektual, tetapi juga menanamkan nilai keimanan, akhlak, kemandirian, keadilan, dan kelembutan sebagai landasan pembentukan karakter. Kajian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research) untuk mengkaji hadis-hadis Nabi Muhammad SAW yang menunjukkan perhatian besar Islam terhadap pendidikan perempuan. Hasil kajian menunjukkan bahwa melalui pendidikan yang terarah, anak perempuan akan tumbuh menjadi pribadi yang berdaya, mampu berperan sebagai ibu, istri, dan anggota masyarakat yang aktif. Peran ini turut menentukan kualitas generasi mendatang. Pendidikan yang menanamkan nilai-nilai Islam dan keterampilan hidup kepada anak perempuan juga membentuk individu yang memiliki semangat toleransi, tanggung jawab sosial, dan kemampuan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Di tengah tantangan globalisasi dan disrupsi digital, anak perempuan yang terdidik dapat menjadi agen perubahan yang konstruktif di tengah masyarakat. Dengan demikian, pendidikan anak perempuan merupakan investasi strategis dalam membangun masyarakat madani yang egaliter, inklusif, dan berkeadaban tinggi, sekaligus menjadi bagian dari dakwah Islam yang berkelanjutan dan transformatif.

References

Al-Ghazali. (2002). Ihya Ulumuddin (Vol. 3). Beirut: Dar al-Fikr.

Al-Nawawi, Y. ibn Sharaf. (2005). Riyadh al-Salihin (A. S. al-Tamimi, Trans.). Riyadh: Darussalam.

Al-Syaibani, O. M. (1979). Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Asy-Syaikhani, M. ibn Ismail & Muslim, H. ibn H. (2009). Shahih Bukhari dan Muslim (Vol. 1–4). Riyadh: Darussalam.

Badawi, J. (2001). Gender Equity in Islam: Basic Principles. Plainfield: American Trust Publications.

Hasan, H. (2011). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Hasyim, S. (2006). Hal-Hal yang Tak Terpikirkan tentang Isu-Isu Keperempuanan dalam Islam. Jakarta: Penerbit KPG.

Ibn Hajar al-Asqalani. (2000). Fath al-Bari bi Syarh Shahih al-Bukhari. Beirut: Dar al-Ma’rifah.

Jafar Rambe. (2024). Integrasi Media Sosial sebagai Alat Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah SWASTA MAMBA’UL ‘ULUM. Zeniusi Journal, 1(2). https://doi.org/10.70821/zj.v1i2.21

Madkur, A. (2010). Pendidikan dalam Islam. Jakarta: Pustaka al-Husna.

Munir, M. (2017). Pendidikan Islam dan Gender: Studi Pemikiran Tokoh Muslim Kontemporer. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 131–148. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i2.1356.

Nasution, H. (1986). Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran. Bandung: Mizan.

Quraish Shihab, M. (1998). Wawasan Al-Qur'an: Tafsir Maudhu'i atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.

Quraish Shihab, M. (2005). Perempuan: Dari Cinta hingga Seks, dari Nestapa hingga Nestapa. Jakarta: Lentera Hati.

Rahman, F. (1995). Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. Chicago: University of Chicago Press.

Zuhdi, M. (2013). Gender Equality in Islamic Higher Education in Indonesia: An Analysis of the Curriculum and Practices in State Islamic Universities. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 51(2), 285–305. https://doi.org/10.14421/ajis.2013.512.285-305.

Downloads

Published

08-09-2025

How to Cite

Nur Halimah. (2025). Pendidikan Anak Perempuan: Kajian Hadis Nabi Muhammad Saw. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/306