Analisis Pengaruh Kebijakan Larangan Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Akademik Siswa Di Pondok Pesantren Addinussyarifiah Tanjung Makmur

Authors

  • Linda Astuti Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia
  • Jailani Syahputra Siregar Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia
  • Basyarul Ulya Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v9i2.304

Keywords:

Kebijakan Larangan Handphone, Prestasi Akademik, Pondok Pesantren, Disiplin Belajar, Pengaruh Teknologi, Lingkungan Pendidikan Pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebijakan larangan penggunaan handphone dengan prestasi akademik siswa di Pondok Pesantren Tanjung Makmur Provinsi Sumatera Utara. Penelitian menggunakan populasi seluruh siswa Pondok Pesantren Addinussyariah Tanjung Makmur mencakup semua tingkat pendidikan yang ada di pesantren, baik yang berada di tingkat MTs maupun MA dengan jumlah 340 santri. Teknik sampling menggunakan sampel berbasis kriteria (Purposive Sampling) yaitu siswa yang memenuhi kriteria berupa siswa yang aktif belajar di pesantren dan terpengaruh oleh kebijakan larangan menggunakan handphone. Sampel diambil Sampel sebanyak 50 orang dengan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi sederhana, hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat kuat antara nilai akademik awal siswa sebelum kebijakan diterapkan dan nilai akhir setelah kebijakan diberlakukan. Nilai koefisien korelasi Pearson sebesar r = 0.954 dengan tingkat signifikansi p < 0.01 menunjukkan bahwa hubungan tersebut signifikan secara statistik. Nilai R Square = 0.907 mengindikasikan bahwa sekitar 90,7% variasi dalam prestasi akademik dapat dijelaskan oleh model yang dikembangkan. Temuan ini menunjukkan bahwa kebijakan larangan penggunaan handphone berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan prestasi akademik siswa. Namun, di samping dampak positif seperti peningkatan konsentrasi belajar, interaksi sosial, dan pengendalian pengaruh negatif dunia maya, kebijakan ini juga menimbulkan dampak negatif, seperti keterbatasan akses informasi dan peluang pengembangan teknologi di kalangan siswa. Dengan demikian, diperlukan pendekatan kebijakan yang seimbang agar manfaat optimal dapat diperoleh tanpa menghambat potensi santri dalam perkembangan teknologi informasi.

References

Adawiyah Robi’atul Vina, Nadya Afrida Reffansyah, & Bakti Fatwa Anbiya. (2024). Teknologi Pembelajaran: Peran Whatsapp Dalam Interaksi Pendidik Dan Peserta Didik. Jurnal Edukasi, 2(April), 84–98.

Ananda, G. C., Manajemen, P. S., Sains, F. S., Pembangunan, U., Budi, P., & Berganda, M. R. (2019). Pengaruh penilaian prestasi kerja terhadap promosi pegawai pada perguruan panca budi medan. 2(1), 102–113.

Fadhilla, N. (2022). Negatif Dengan Masalah Interpersonal Sebagai. 7(1), 33–48.

Febriani, I., Sumardi, L., Hadisaputra, S., & Muhaimi, L. (2023). Peran Orang Tua dalam Mengurangi Dampak Negatif Gadget Pada Anak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 613–619. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1225

Hadisti, S., & Rahmat, T. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi ‎Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 2‎ Payakumbuh. Journal of Educational Management and Strategy, 2(1), 01–10. https://doi.org/10.57255/jemast.v2i1.228

Nuraliyah, E., Fadilah, A., Handayaningsih, E., Ernawati, E., & Oktadriani, S. L. (2022). Penggunaan Handphone dan Dampaknya bagi Aktivitas Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1585. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.961

Nurhalifah, Rizaldi, D. R., Muktofan, Nilwan, & Fatimah, Z. (2024). Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Action Research Journal, 1(1), h. 14.

Putri novita, Y. (2017). p-ISSN 2406-8012 e-ISSN: 2503-3530 Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar, 4(1), 54–61.

Rahayu, D. S., Rahmi, D., Kurniati, A., & Yuniati, S. (2024). Systematic Literatur Review : Pengaruh Media Sosial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Didactical Mathematics, 6(1 SE-Articles), 20–29. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/dm/article/view/9001

Santri, P., Mamba, P., & Huda, U. L. (2020). Persepektif Sosiologi-Komunikasi Penerapan Qonun-Qonun Larangan Membawa Handphone Pada Santri Pesantren Mamba’ul Huda. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. Volume 2 nomor 1 tahun 2020 issn: 2654-329x. 2, 56–70

Downloads

Published

17-07-2025

How to Cite

Linda Astuti, Jailani Syahputra Siregar, & Basyarul Ulya. (2025). Analisis Pengaruh Kebijakan Larangan Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Akademik Siswa Di Pondok Pesantren Addinussyarifiah Tanjung Makmur. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(2). https://doi.org/10.58822/tbq.v9i2.304