Analisis Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Nilai Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan Formal

Authors

  • Nursyamsiah Universitas Insaniah Sumatera Utara
  • Naimah Agustina Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Padang Lawas-Gunung Tua, Paluta
  • Leli Hasanah Lubis Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-bukhary Labuhanbatu
  • Yusman Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli
  • Ahmad Taufik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Padang Lawas-Gunung Tua, Paluta

Keywords:

Moderasi Beragama, Kurikulum Pendidikan Islam, Internalisasi Nilai, Toleransi, Pendidikan Multikultural

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kurikulum Pendidikan Islam berbasis nilai moderasi beragama terhadap implementasi nilai moderasi beragama di lembaga pendidikan formal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kurikulum tersebut berpengaruh signifikan terhadap internalisasi nilai moderasi seperti toleransi, antikekerasan, dan penghargaan terhadap keberagaman di sekolah. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi, Provinsi Sumatera Utara pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Sampel berjumlah 66 siswa kelas 10 yang dipilih secara purposive sampling dan dibagi dalam kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen berupa angket skala Likert digunakan untuk mengukur implementasi nilai moderasi yang meliputi lima indikator: integrasi nilai toleransi, sikap siswa, peran guru, kebijakan sekolah, dan kegiatan sekolah. Hasil penelitian diharapkan menunjukkan bahwa kurikulum berbasis nilai moderasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan sikap dan perilaku moderat siswa. Temuan ini memperkuat pentingnya pengembangan kurikulum yang menjunjung kebhinekaan dan perdamaian guna membentuk generasi inklusif dan harmonis di tengah masyarakat multikultural.

References

Aslim, Aslim, Hayari Hayari, Hamuni Hamuni, and Sitti Hermina. 2023. “Sosialisasi Nilai-Nilai Multikuturalisme Dalam Mewujudkan Kohesi Sosial Masyarakat Multikultur Di Desa Jati Bali Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara.” Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):14–29.

Azca, Muhammad Najib, Hairus Salim, Mohammad Zaki Arrobi, Budi Asyhari, and Ali Usman. 2021. Dua Menyemai Damai: Peran Dan Kontribusi Muhammadiyah Dan Nahdlatul Ulama Dalam Perdamaian Dan Demokrasi. UGM PRESS.

Cahyani, Nabila Dwi, Rara Luthfiyah, Vanny Apriliyanti, and Munawir Munawir. 2024. “Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Budaya Religius Untuk Meningkatkan Pembentukan Karakteristik Islami.” Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam 23(1):477–93.

Chanifudin, Chanifudin, and Tuti Nuriyati. 2020. “Integrasi Sains Dan Islam Dalam Pembelajaran.” Asatiza 1(2):212–29.

Darmawan, Agus, and Siti Aminah. 2024. “Peran Tasawuf Dalam Transformasi Sosial Di Dunia Pendidikan Modern.” An-Nafah: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 4(1):40–49.

Djollong, Andi Fitriani, and Anwar Akbar. 2019. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Antar Ummat Beragama Peserta Didik Untuk Mewujudkan Kerukunan.” Jurnal Al-Ibrah 8(1):72–92.

Freire, Paulo. 1970. “The Adult Literacy Process as Cultural Action for Freedom.” Harvard Educational Review 40(2):205–25.

Hakim, Luqman, Abdul Bar Mursyid, Ahmad Wildan Thobibi Bahja, and Ali Masud. 2023. “Pengarusutamaan Paradigma Inklusif Dalam Ekosistem Pendidikan Islam Di Tengah Gejala Intoleransi Pelajar Muslim.” Cendekia 15(02):291–303.

Hasnawati, Sri. 2022. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Bagi Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kualitas Pemahaman Peserta Didik.”

Julaiha, Siti. 2014. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran.” Dinamika Ilmu 14(2):226–39.

Lickona, Thomas. 2022. Character Matters (Persoalan Karakter): Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas, Dan Kebajikan Penting Lainnya. Bumi Aksara.

Muadzin, Ali Mustofa Arif. 2021. “Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator Dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 7(2):171–86.

Muhammad, Shalahuddin, Lala Tansah, Aan Hasanah, and Bambang Samsul Arifin. 2024. “Penanaman Nilai Akhlak Berbasis Pendidikan Islam Sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Di Sekolah.” Burangrang: Jurnal Pusat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) 2(1):44–53.

Muzakki, Ibnu Hamdan. 2024. “Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Dalam Menciptakan Kesalehan Sosial Di SMAN 3 Ponorogo.”

Nasrullah, Nasrullah, Jun Sang, Mohammad S. Alam, Muhammad Mateen, Bin Cai, and Haibo Hu. 2019. “Automated Lung Nodule Detection and Classification Using Deep Learning Combined with Multiple Strategies.” Sensors 19(17):3722.

Ningsih, Wirda, and Zalisman Zalisman. 2024. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Konteks Global. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Nugroho, Muhammad Aji, and Khoiriyatun Ni’mah. 2018. “Konsep Pendidikan Islam Berwawasan Kerukunan Pada Masyarakat Multikultural.” Millah: Journal of Religious Studies 337–78.

Nurhayati, Nunung, Rudi Hartanto, Irena Paramita, Diamonalisa Sofianty, and Qaisar Ali. 2023. “The Predictors of the Quality of Accounting Information System: Do Big Data Analytics Moderate This Conventional Linkage?” Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity 9(3):100105.

Nurjanah, Erlintang Alfin, and Rochman Hadi Mustofa. 2024. “Transformasi Pendidikan: Menganalisis Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada 3 SMA Penggerak Di Jawa Tengah.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13(1):69–86.

Pransiska, Toni. 2018. “Pendidikan Islam Transformatif Syeikh Nawawi Al-Bantani: Upaya Mewujudkan Generasi Religius-Saintifik.” JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran 18(2):172–88.

Putnam, Robert D. 2000. “Bowling Alone: America’s Declining Social Capital: Originally Published in Journal of Democracy 6 (1), 1995.” Culture and Politics: A Reader 223–34.

Rachman, Fathor. 2021. Modernisasi Manajemen Pendidikan Islam. IRCiSoD.

Rahman, Md Mizanur, Mosab I. Tabash, Aidin Salamzadeh, Selajdin Abduli, and Md Saidur Rahaman. 2022. “Sampling Techniques (Probability) for Quantitative Social Science Researchers: A Conceptual Guidelines with Examples.” Seeu Review 17(1):42–51.

Rahman, Mohammad Taufiq. 2025. Metodologi Penelitian Agama. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Saputra, Ginanjar Bowo, and Hernawan Hadi. 2018. “Penegakan Hukum Persekongkolan Tender Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktik Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.” Jurnal Privat Law 6(2):213–19.

Sari, Ifit Novita, Lilla Puji Lestari, Dedy Wijaya Kusuma, Siti Mafulah, Diah Puji Nali Brata, Jauhara Dian Nurul Iffah, Asri Widiatsih, Edy Setiyo Utomo, Ifdlolul Maghfur, and Marinda Sari Sofiyana. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Unisma Press.

Sholeh, Muh Ibnu. 2023. “Implementasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Program Anti-Bullying Di Lembaga Pendidikan Islam.” Al Manar 1(2):62–85.

Subianto, Jito. 2013. “Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8(2).

Umair, Muhammad, and Hasani Ahmad Said. 2023. “Fazlur Rahman Dan Teori Double Movement: Definisi Dan Aplikasi.” Al-Fahmu: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 2(1):71–81.

Wibowo, Setiawan Edi, and Vitry Rayani Bethesda Saragih. 2024. “Meta-Analysis of Contextual Teaching and Learning’s (CTL) Effect on Elementary School Students’ Critical Thinking Skills.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 8(4):784–91.

Zahro, Fatimatus, Salsabilla Salva Augusta, and Insan Romadhan. 2024. “Komunikasi Empati Untuk Mengurangi Kasus Bullying Pada Siswa SD Negeri Medokan Semampir.” TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora 2(1):136–46.

Zaqiah, Qiqi Yuliati, and A. Rusdiana. 2014. “Pendidikan Nilai: Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah.”

Downloads

Published

26-07-2025

How to Cite

Nursyamsiah, Naimah Agustina, Leli Hasanah Lubis, Yusman, & Ahmad Taufik. (2025). Analisis Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Nilai Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan Formal. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/298