Nilai-Nilai Pendidikan Akhlaq Kitab Tanbihul Muta’alim Karya Imam Ahmad Maisur Sindi Attursidy

Authors

  • Shofahul Jannah Universitas Al-Falah Assunniyyah Kencong Jember
  • Nur Wahidah Universitas Al-Falah Assunniyyah Kencong Jember

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.278

Keywords:

Nilai, Pendidikan, Akhlak, Tanbihul Muta'alim, Imam Ahmad

Abstract

Dalam lembaga pendidikan, dimasa globalisasi moralitas merupakan masalah penting bagi lembaga pendidikan karena moralitas bagi siswa saat ini mulai merosot. Semua ini disebabkan oleh kurangnya perhatian dan penekanan pada berbagai faktor. untuk membentuk pendidikan moral siswa saat ini menekankan bahwa pentingnya pembelajaran nilai-nilai Ahlaq. Agar ilmu yang dicapai sempurna. Dalam konteks ini penulis tertarik ingin mengkaji pemikiran k.h imam Ahmad maisur Sindi Attursidiy perjalanan seseorang dalam menuntut ilmu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan atau library research dengan pendekatan kualitatif. Adapun Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kitab Tanbihul Muta’allim dan data skunder berupa buku, artikel, karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan tema yang penulis kaji. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah contect analysis atau analisis isi. Tujuan dalam penelitian ini Yang pertama bagaimana Ahlaq terhadap guru,  ahlaq terhadap orangtua dan ahlaq terhadap ilmu. Yang mana ke tiga bab ini sangat berkaitan dengan pencapaian seorang penuntut ilmu dalam kesempurnaan yang berkah dan manfaat.

References

Aisyah, N. N., & Fitriatin, N. (2025). Krisis Moral dan Etika di Kalangan Generasi Muda Indonesia dalam Perspektif Profesi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 329–337. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i1.908

Astuti, S. I. (2010). Pendekatan holistik dan kontekstual dalam mengatasi krisis karakter di indonesia. Cakrawala Pendidikan, (3), 84129.

Bafadhol, I. (2017). Pendidikan akhlak dalam perspektif islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 19-19.

Bahri, S. (2022). Urgensi Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Menanamkan Nilai Akhlak Peserta Didik. Jurnal Al-Qayyimah, 5(2), 121-139. doi:https://doi.org/10.30863/aqym.v5i2.682

Dewi, E. (2011). Akhlak dan kebahagiaan hidup Ibnu Miskawaih. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 13(2), 257-266.

Hafsah, H., & Afni, A. (2021). Pendidikan Kecerdasan Moral Sebagai Penguatan Kepribadian Siswa Era Industry 4.0. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 24-30.

Hermawati, Y. H., Sukma, E. W., & Rahmawati, S. (2024). Tantangan pendidikan karakter di Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 10(2).

Nurasyiah, A., Destri, A. F., Izdiar, H. S., Nurazijah, M., & Nurjaman, A. R. (2024). Pentingnya suri tauladan Rasulullah SAW terhadap gaya hidup hedonisme di kalangan mahasiswa. Tashdiq: Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah, 3 (1), 45–55.

Rambe, M. S., Waharjani, W., & Perawironegoro, D. (2023). Pentingnya pendidikan akhlak dalam kehidupan masyarakat Islam. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 5(1).

Rambe, M. S., Waharjani, W., & Perawironegoro, D. (2023). Pentingnya pendidikan akhlak dalam kehidupan masyarakat Islam. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 5(1).

Rianda, M. Z., & Anugerah, S. P. (2024). Perilaku Menyimpang Di Kalangan Pelajar: Pencegahan Dan Penanganan. Journal of Sustainable Education, 1(2), 11-19.

Shonhadji,Ahmad, Thoyib,Armanu, Sunyoto,Agus, Furchan,Arief, Santoso,Mudji, Arifin,Mike s, Arifin,Imron. (1996). Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan (Ed. 1, Cet. 2). Malang: Kalimasahada Press.

Yunita, Y. (2023). Pendidikan Akhlak Bagi Mahasiswa. Penerbit P4I.

Downloads

Published

11-06-2025

How to Cite

Shofahul Jannah, & Nur Wahidah. (2025). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlaq Kitab Tanbihul Muta’alim Karya Imam Ahmad Maisur Sindi Attursidy. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.278