Keefektifan Dan Keefisienan Kegiatan Belajar Mengajar Pada Program Kelas Matrikulasi Di MTS Al-Qur’an La Raiba Hanifida Jombang
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.277Keywords:
keefektifan, keefisienan, matrikulasi, belajar mengajarAbstract
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi keefektifan dan keefisienan program kelas matrikulasi di MTs al-Qur’an La Raiba Hanifida Jombang dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan teknik observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program matrikulasi tiga tingkat Al-Farobi, Al-Ghazali, dan Al-Jabbar berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran secara signifikan. Keberhasilan ini ditunjang oleh antusiasme siswa dalam mengikuti program, penggunaan model pembelajaran peta imajinasi Hanifida yang inovatif, serta adanya evaluasi rutin yang dilakukan oleh pihak sekolah. Meskipun masih terdapat kendala seperti keterbatasan fasilitas penunjang, program ini tetap berjalan efektif dan efisien karena mampu menjembatani kesenjangan latar belakang akademik siswa baru. Program ini dinilai relevan dan adaptif terhadap kebutuhan peserta didik yang berasal dari berbagai jenjang dan mutu pendidikan sebelumnya. Dengan adanya kelas matrikulasi ini, proses transisi pembelajaran menjadi lebih terarah dan sistematis, sehingga turut mendukung peningkatan mutu pendidikan di lingkungan madrasah. Rekomendasi ke depan adalah peningkatan sarana prasarana dan pengembangan kurikulum berbasis karakter untuk mempertahankan keberhasilan program secara berkelanjutan
References
Alplonia Lau, E. (2023). Efektivitas dan efisiensi melalui pemanfaatan runout time (ROT) methot. Economic Challenge, 5, 1–11.
Hanifudin, H., & Idawati, K. (2024). Implementation of Islamic Counseling Guidance in Forming Student Character in Madrasah. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 718–726. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.5129
Hosna, R., & Samsul, H. S. (2015). Melejitkan Pembelajaran dengan Prinsip-prinsip Belajar. Malang: CV Cita Intrans Selaras.
Ibrahim, M., & Tamam, A. M. (2024). Program matrikulasi bahasa Arab pada pondok pesantren. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 103–124. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i1.16276
Salma Nabila, S., & Arifin, I. (2024). MANAJEMEN SEKOLAH RAMAH ANAK PADA SEKOLAH BERBASIS KEAGAMAAN. Jurnal Pendidikan, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(12). https://doi.org/10.17977/um065.v4.i12.2024.2
Syarif, M. (2020). Penggunaan Teori Vygotsky Dalam Pembelajaran Materi Anggota Tubuh Pada Siswa RA Dayah Ilmi Lampoih Saka Kec. Peukan Baro Kabupaten Pidie. Tarbiyatul - Aulad Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 6, 27–42.
Untari Ningsih, N. P. D., Sugiarka, I. G., & Cahyani, N. N. A. G. (2023). Pengembangan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Teknologi Komunikasi Interpersonal Guru di Era Society 5.0. Lampuhyang, 14(1), 1–10. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v14i1.325
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Fatkhurrozak, Imron Arifin, Khoirotul Idawati, Rofiatul Hosna, Hanifuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International