Pengaruh Metode Takrir Terhadap Penguatan Hafalan Al-Qur’an Surah Pendek Bagi Siswa Mis Mamba’ul ‘Ulum Sigambal Kabupaten Labuhanbatu

Authors

  • Patimah Pasaribu Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Suryatik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-bukhary Labuhanbatu
  • Leli Hasanah Lubis Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-bukhary Labuhanbatu
  • Dwina Putri Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-bukhary Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.270

Keywords:

Metode Takbir, Penguatan, Hafalan Quran

Abstract

This study uses a quantitative approach with a saturated sampling technique, where all students in the class are included as samples. The experimental class consisting of 19 students was taught using the Takrir Method, while the control class consisting of 19 students was taught using the Sima'i Method. The instrument used in this study was an oral test with 16 questions designed to measure students' memorization abilities for short surahs. Data analysis was carried out using a paired t-test at a significance level of α = 0.05. The results of the hypothesis testing showed that the t-count value was greater than the t-table (4.546> 1.696). Thus, the alternative hypothesis (Ha) is accepted and the null hypothesis (H0) is rejected, which means that there is a significant effect of the use of the Takrir Method on strengthening the memorization of the Qur'an in grade IV students at MIS Mamba'ul Ulum Lingga Tiga. In conclusion, this study proves that the Takrir Method is effective in improving memorization of the Qur'an in short surahs, which can be used as a consideration in the Tahfizh teaching method in Islamic schools. This finding has important implications in the development of Islamic education curriculum, especially in the field of Tahfizh Al-Qur'an

References

Abdulwaly Cece, 2018, 50 Kesalahan Dalam Menghafal Al-Qura’n, Tina Media, Solo,.

Dandy Suhendar Dadang (Editor), 2017, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa, Edisi V, Cetakan Kedua, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, PN Balai Pustaka, Jakarta.

Ernayanti Eli,2019 Implementasi Metode Takrir dalam Menghafal Al-Qura’n di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng. Skripsi, Surabaya.

Fahmi Bisyauqin Mushaf, 2015. Al-Qur’an dan Terjemah, Pelayan Al-Qur’an Mulia, Tangerang.

Fitriani Ida, 2017, Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif.

Gade Fithriani , 2014, Implementasi Metode Takarir Dalam Pembelajaran Menghafal Al-qur An, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol XIV, No.2

Gusman Baharuddin Ata dkk, 2021, Studi Terhadap Implementasi Metode Takrir Bagi Penghafal Al-Qura’n, Jurnal Pendidikan & Agama Islam, Vol 4. No 2,.

Hajarman, 2020, Implementasi Metode Sima’i Dan Takrir Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qura’n Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Bandar Lampung, Skripsi, Bandar Lampung..

Iskandar Bukhari, 2023, Panduan Penulisan Karya Ilmiah dan Skripsi, Cetakan ke empat, Penerbit Kerjasama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu, Sumatera Utara dengan CV Manhaji Medan.

Is Bukhari, 2024, Pendidikan Kejujuran Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Penerbit Adab, CV. Adanu Abimata, Indramayu.

, Metode dan Model Pembelajaran, Cetakan pertama, Penerbit Kerjasama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu, Sumatera Utara dengan CV Manhaji Medan.

Kementerian Agama, 2020, Al-Qur’an Dan Terjemahannya, Pelayan Al-Qur’an Mulia, Tangerang, Jakarta.

Najib Mughni, 2018 Implementasi Metode Takrir Dalam Menghafalkan Al quran Bagi Santri Pondok Pesantren Punggul Nganjuk, Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman,Vol VIII, NO 3, Nganjuk.

Nasution Faisal Tamini, 2023, Analisis Metode Takrir Dalam Menghafal Al-Qur‟An Di Ma‟Had Tahfiz Al-Qur‟An Bir Walidain Medan Labuhan, Skripsi, Medan.

Nugrahastuti Eka dkk, 2014, Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Yang Berkombinasi Pada Materi IPA Di Min Bandar Lampung, Vol 03. No 1, Bandar Lampung.

Prahata Jasa Yodi dkk, 2023, Pengembangan Aplikasi Android Hafalan Surah Al-Qur'an Menggunakan Metode Takrir, Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Komputer, Vol 1. No 2..

Romlah, 2017, Pengaruh Motorik Halus Dan Motorik Kasar Terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini, Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, vol 2.

Ripai Siregar Arsyad and Bukhari Is, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Azan Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas Ii MIS Darul Muhsinin Kecamatan Sungai Kanan, Vol 1, Labuhanbatu.

Saputra Doni, 2021, Implementasi Metode Tasmi’ Dan Takrir Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri, Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, Vol 2. No 4.

Sa’dullah, 2017, Sembilan Cara Praktis Menghafal Al-Qur'an, Gema Insani, Jakarta.

Sakho Muhammad Ashin, 2018. Menghafal Al-Qur’an, Manfaat, Keutamaan, Keberkahan dan Metode Praktisnya, Qaf Media Kreativa, Jakarta Selatan.

Sholihuddin dkk, 2022, Pendampingan Metode Takrir Dan Sambung Ayat Dalam Meningkatkan Daya Ingat Hafalan Santri Di PPTQ Al Hadi Imaan Dukun Gresik, Journal of Community Engagement, Vol 2. No 1. Jawa Timur.

Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif R & D, Alfabeta, Bandung.

Suryatik, 2020, Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, Penerbit Kerjasama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu, Sumatera Utara dengan CV Manhaji Medan.

Syafitri Dewi dkk, Penerapan Metode Takrir Dalam Penguatan Hafalan Juz ’Amma Santri Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Jati Agung Lanpung Selatan, Vol. 01. No. 04. Sidoharjo.

Taniah Siti, 2018, Al-Jamiah UIN Raden Intan Lampung. Skripsi. Bandar lampung

Ulul Mc, 2017, Penerapan Metode Tahfidz, Kitabah Dan Takrir Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Pada Santri Kudus: Skripsi, Kudus.

Wirianto Dicky, 2012, STAI Al-Washliyah and Banda Aceh, Metode Takrir Sebuah Pendekatan Yang Menyenangkan , Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol XIII No 1 , Banda Aceh.

Wahyudi Roffiul dan Ridhoul Wahidi, 2017, Metode Cepat Hafal Al-Qur’an Saat Sibuk Kuliah, Semesta Hikmah, Yogyakarta.

Downloads

Published

11-06-2025

How to Cite

Patimah Pasaribu, Suryatik, Leli Hasanah Lubis, & Dwina Putri. (2025). Pengaruh Metode Takrir Terhadap Penguatan Hafalan Al-Qur’an Surah Pendek Bagi Siswa Mis Mamba’ul ‘Ulum Sigambal Kabupaten Labuhanbatu. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.270