Manajemen Sekolah Berkebutuhan Khusus Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.269Keywords:
Manajemen Sekolah, Berkebutuhan Khusus, Kualitas PembelajaranAbstract
Sekolah berkebutuhan khusus memiliki peran penting dalam menyediakan layanan pendidikan yang inklusif dan berkualitas bagi siswa dengan kebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi manajemen sekolah yang dapat diterapkan secara efektif guna meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif terhadap aktivitas pembelajaran, pengelolaan sekolah, serta interaksi antara guru, siswa, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat strategi utama yang berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran, yaitu: (1) pengembangan kurikulum yang fleksibel dan disesuaikan dengan kebutuhan individual siswa, (2) pemanfaatan teknologi pembelajaran yang inovatif dan ramah disabilitas, (3) pelatihan guru secara berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan empati terhadap siswa berkebutuhan khusus, serta (4) penguatan kerja sama antara pihak sekolah, orang tua, dan komunitas sebagai bentuk dukungan lingkungan belajar yang holistik dan berkelanjutan. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya pengelolaan sekolah yang terstruktur, inovatif, dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik dengan kebutuhan khusus. Sekolah berkebutuhan khusus perlu secara proaktif merancang dan menerapkan strategi manajerial yang mampu mengakomodasi perbedaan individu, sekaligus menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, adaptif, memberdayakan, dan berorientasi pada perkembangan jangka panjang siswa
References
Ambawani, Cettra Shandilia Latunusa, Giri Sayekto, Harun Joko Prayitno, and Indri Chairunnissa, ‘Implementasi Kepemimpinan Progresif Di SMA’, Journal of Education Research, 5.3 (2024), 2966–77 <https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1326>
Andriani, Opi, Putri Eka Pangestu, Desi Fita Noviyanti, and Silvira Julianti, ‘Landasan Filosofis Dalam Optimalisasi Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi’, Jurnal Pendidikan & Pengajaran (Jupe2), 2.1 (2024), 185–201 <https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i1.270>
Anshory, Shofyan, Yudin Citriadin, and Fathul Maujud, ‘Tata Kelola Pendidikan Islam: Strategi Manajemen Dan Tantangan Kontemporer’, ASCENT: Al-Bahjah Journal of Islamic Education Management, 2.1 (2024), 36–41 <https://doi.org/10.61553/ascent.v2i1.128>
Aulia, Dinda, and Rusi Rusmiati Alliyah, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka : Persepsi Guru Sekolah Dasar’, Karimah Tauhid, 3.3 (2024), 2979–96 <https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12209>
Aulia, Elok, Bilawatin Nufus, Yatim Riyanto, and Sri Setyowati, ‘Strategi Dan Pendekatan Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan’, 06.02 (2024), 183–200 <https://doi.org/10.15642/JAPI.2024.6.2.183-200>
Awaliah, Nabilah Putri, Ayunda Khoirunisa, Rani Anjelina, and Hendri Marhadi, ‘Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Identifikasi Dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif’, 2.3 (2024), 153–62 <https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i3.721>
Azizah, Mar’atul, Solikhin Solikhin, and Nurul Lailiyah, ‘Implementasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Mendukung Pelayanan Administrasi’, Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2.2 (2024), 80–94 <https://doi.org/10.59373/ngaos.v2i2.46>
Candra Susanto, Primadi, Dewi Ulfah Arini, Lily Yuntina, Josua Panatap Soehaditama, and Nuraeni Nuraeni, ‘Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, Dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka)’, Jurnal Ilmu Multidisplin, 3.1 (2024), 1–12 <https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504>
Dewi, Silvia, M Afif Zamroni, and Aris Adi Leksono, ‘Penanaman Sikap Moderasi Beragama Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran PAI’, Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 4.1 (2024), 1–15 <https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v4i1.1558>
Ekaputra, Firdiawan, Fuldiaratman Fuldiaratman, Muhammad Rusdi, Fatria Dewi, and Roseli Theis, ‘Pelatihan Pengembangan Keterampilan Guru SMA Melalui Pembuatan Flipbook Sebagai Sumber Belajar Mandiri’, I-Com: Indonesian Community Journal, 4.3 (2024), 1843–50 <https://doi.org/10.33379/icom.v4i3.5095>
Khasanah, Miratu, ‘Tantangan Penerapan Teknologi Digital Dalam Pendidikan Islam : Memanfaatkan Inovasi Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran’, 2.2 (2024), 282–89 <https://doi.org/10.32939/ljmpi.v2i2.4240>
Lumanauw, Nelsye, ‘Analisis Komponen Pariwisata 4A Di Desa Jatiluwih Bali’, Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 9.2 (2024), 94–104 <https://doi.org/10.56743/jstp.v9i2.368>
Maulida Laily Kusuma Wati, Subyantoro Subyantoro, and Wagiran Wagiran, ‘Peranan Guru Dalam Manajemen Peserta Didik Untuk Meningkatkan Kualitas Peserta Didik’, Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10.1 (2024), 1073–90 <https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3436>
Mirrota, Dita Dzata, ‘Tantangan Dan Solusi Pembelajaran Agama Islam Di Sekolah Inklusi’, Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13.1 (2024), 89–101 <https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v13i1.1423>
Nurinawati, Sofia, Fredrick Dermawan Purba, and Laila Qodariah, ‘Kualitas Hidup Pada Ibu Dari Anak Dengan Attention Deficit Hiperactivity Disorder’, Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9.2 (2021), 131–41 <https://doi.org/10.22219/jipt.v9i2.15431>
Nurkholifah, Dira Rosalia, Sunardi Sunardi, and Budi Susetyo, ‘Peran Koordinasi Guru Kelas Dan Guru Pembimbing Khusus Dalam Penyusunan Program Pembelajaran Individual Bagi Anak Berkebutuhan Khusus’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7.8 (2024), 7739–44 <https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4860>
Pendidikan, Jurnal Pemikiran, Muhammad Zia-uhaq, Natriani Syam, Romansyah Sahabuddin, and Muhammad Irfan, ‘Peran Jasa Konsultan Pendidikan Dalam Peningkatan Kompetensi Guru’, 30.2 (2024), 235–40 <https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i2.8960>
Penelitian, Jurnal, ‘Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar Di Kabupaten Bireuen’, Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 5.2 (2024), 127–68 <https://doi.org/10.30596/jppp.v5i2.17397>
Rachman, Lutfi, and Universitas Brawijaya Malang, ‘Transformasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Madrasah Berbasis Pesantren’, 2.1 (2024), 65–75 <https://doi.org/10.38073/aijis.v2i1.1983>
Rahmawati, Sri, and Jamilus Jamilus, ‘Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan’, Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5.4 (2024), 4321–27 <https://doi.org/10.54373/imeij.v5i4.1448>
Rianti, Nurul Safia, Sugeng Utaya, Purwanto Purwanto, and Tuti Mutia, ‘Menelaah Persepsi Guru Geografi Terhadap Penerapan Project Based Learning Dalam Kurikulum Merdeka (Mgmp Kediri, Tulungagung)’, GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 12.1 (2024), 433 <https://doi.org/10.31764/geography.v12i1.19952>
Rizkia, Natashya, Putri Mustari, Gabriella Putri, Kezia Hutasoit, Putri Rizky Yanti, and Fitriani Afifah, ‘Peran Dinas Tenaga Kerja Publisher : Universitas Muhammadiyah Palu’, 8.1 (2025), 314–33 <https://doi.org/10.56338/jks.v8i1.6690>
Wahid, Lalu Abdurrahman, and Tasman Hamami, ‘Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Dan Strategi Pengembangannya Dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan’, J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8.1 (2021), 121–42 <https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.15222>
Waruwu, Marinu, ‘Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan Dan Peran Di Bidang Pendidikan’, Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5.2 (2024), 198–211 <https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236>
Wijaya, Muhammad Yudhistira, ‘Studi Literatur: Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah-Sekolah Inklusi Di Indonesia’, Arus Jurnal Pendidikan, 4.1 (2024), 1–12 <https://doi.org/10.57250/ajup.v4i1.344>
Wiraguna, Sidi, L.M.F. Purwanto, and Robert Rianto Widjaja, ‘Metode Penelitian Kualitatif Di Era Transformasi Digital Qualitative Research Methods in the Era of Digital Transformation’, Arsitekta : Jurnal Arsitektur Dan Kota Berkelanjutan, 6.01 (2024), 46–60 <https://doi.org/10.47970/arsitekta.v6i01.524>
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sahbuki Ritonga, Daroe Iswatiningsih, Nurul Zuriah, Akhsanul In’am, Dahrul Aman Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International