Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Dinamika Kehidupan Modern
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.266Keywords:
Pendidikan Islam, Globalisasi, Teknologi Informasi, Revitalisasi Nilai, Penguatan KarakterAbstract
Pendidikan Islam memegang peranan penting dalam membentuk karakter, pengetahuan, dan keterampilan generasi Muslim yang seimbang antara aspek duniawi dan ukhrawi. Namun, globalisasi, kemajuan teknologi, dan perubahan gaya hidup modern membawa tantangan terhadap internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam. Penelitian ini menguji pengaruh dinamika kehidupan modern terhadap revitalisasi nilai pendidikan Islam dengan pendekatan kuantitatif dan metode PLS-SEM. Data diperoleh dari studi dokumentasi literatur relevan, dianalisis untuk menguji hubungan kausal antara dinamika kehidupan modern dengan revitalisasi nilai pendidikan Islam (integrasi nilai dalam kurikulum, inovasi metode pembelajaran, penguatan karakter peserta didik). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif dan signifikan dengan koefisien jalur 0,681 dan R-square 0,464. Temuan ini menegaskan perlunya pendidikan Islam bertransformasi adaptif dengan mengintegrasikan nilai Islam dalam kurikulum dan metode pembelajaran inovatif serta penguatan karakter sesuai konteks zaman. Penelitian merekomendasikan pendekatan holistik dan kolaboratif antara keluarga, sekolah, dan masyarakat agar pendidikan Islam dapat menjawab tantangan modern tanpa kehilangan esensinya sebagai sumber moral dan spiritual generasi masa depan.
References
Alifta, Z., Setyaningrum, V. A., & Triyono, T. I. (2024). Implementasi Model Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(3), 291-296.
Daulay, N. C., & Ritonga, S. (2024). The Importance of Collaboration Between Schools And Parents in Improving Student Achievement: Pentingnya Kerjasama Antara Sekolah Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. Zeniusi Journal, 1(2), 55-61.
Dini, J. P. A. U. (2022). Efektivitas peran guru pendamping dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6791-6802.
Fakhruddin, M. Z. (2019). Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Literasi Digital Abad 21. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25-29.
HSB, A. S. Z., & Ritonga, S. (2024). Analysis of The Implementation of Learning Based on Student Characteristics as An Effort to Prevent Undesirable Behavior at al Yusra Abadi Tahfiz School: Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Karakteristik Siswa Sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Hal-Hal Yang Tidak Diinginkan Perilaku Di Sekolah Tahfiz Al Yusra Abadi. Zeniusi Journal, 1(2), 19-25.
Irpan Siregar, I. S., Suryatik, & Muhammad Zulham Munthe. (2024). Peran Artificial Intelligence (AI) Dalam ProsesPembelajaran Mahasiswa PGMI Di STITAl-Bukhary LabuhanbatuSumatera Utara. Zeniusi Journal, 1(1). https://doi.org/10.70821/zj.v1i1.3
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25-37.
Kapitan, S. F., & Aseng, A. C. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Ekonomi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 891-902.
Mirza, I., & Wahyudi, A. W. (2025). Analisis Implementasi Nilai Tafsir Tarbawi Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik: Kajian Literatur Tafsir Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 5(1).
Muzakki, A., Zainiyati, H. S., Rahayu, D. C., & Khotimah, K. (2021). Desain pembelajaran model ASSURE berbasis multimedia pada mata pelajaran Al Quran Hadits. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 149-161.
Nur Lutfiatul Jannah, & Ida Rindaningsi. (2024). Development of Teachers as Human Resources in The Digital Era. Zeniusi Journal, 1(2). https://doi.org/10.70821/zj.v1i2.26
Samad, A., bin Mujib, L. S., & Malik, A. (2023). Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Pembentukan Karakter Religius di MTs At-Tahzib dan MTs Al-Ishlahuddiny, Lombok Barat. Palapa, 11(1), 293-323.
Shobirin, M. (2018). Pembelajaran tahfidz Al Qur’an dalam penanaman karakter Islami. Quality, 6(1), 16-30.
Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 115-123.
Tambak, S. (2015). Metode diskusi dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 1-20.
Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi peran orangtua dan guru dalam pembentukan karakter Islami anak usia dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30-37.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Galih Orlando, Leli Hasanah Lubis, Yunita Sipahutar, Mariani Siregar , Monica Mulyani Batubara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International