Lagu Balonku Untuk Menambah Semangat Belajar Anak Paud Mutiara Islam
Abstract
Lagu anak merupakan salah satu media pembelajaran yang efektif dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) karena mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna. Salah satu lagu anak yang populer dan mudah diterapkan dalam kegiatan pembelajaran adalah lagu “Balonku”. Lagu ini memiliki melodi yang ceria serta lirik yang sederhana sehingga mudah diingat, dinyanyikan, dan dipahami oleh anak-anak. Penggunaan lagu “Balonku” dalam proses pembelajaran di PAUD bertujuan untuk meningkatkan semangat dan motivasi belajar anak, sekaligus mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak secara terpadu. Melalui kegiatan menyanyikan lagu “Balonku”, anak-anak tidak hanya merasa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, tetapi juga memperoleh stimulus positif terhadap perkembangan bahasa dan komunikasi. Lirik lagu yang sederhana membantu anak mengenal kosakata baru, melatih pengucapan, serta meningkatkan kemampuan mengekspresikan diri secara verbal. Selain itu, kegiatan bernyanyi yang disertai dengan gerakan tubuh sederhana dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik halus dan koordinasi gerak anak. Dengan demikian, lagu “Balonku” dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan dan edukatif di lingkungan PAUD. Penerapan lagu ini secara rutin dalam kegiatan belajar diharapkan mampu menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, dan sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini.
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Bloom, B. S. (1976). Human Characteristics and School Learning. New York: McGraw-Hill.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Hermawan, H. 2010. Teori belajar dan Moti-vasi. Bandung: Citra Praya.
Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.
Hanna-Pladdy, B., & Mackay, A. (2011). The Relation Between Instrumental Musical Activity and Cognitive Aging. Neuropsychologia, 49(3), 322-333.
Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menon, V., & Levitin, D. J. (2005). The rewards of music listening: Dopamine release, emotion, and memory. Neuropsychologia,
Morgan, G. A., Leech, N. L., Gloeckner, G. W., & Barrett, K. C. (2012). IBM SPSS for introductory statistics: Use and interpretation. Routledge.
Nurhasanah, F. (2019). Analisis Aspek Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar
Piaget, J. (1954). The Construction of Reality in the Child. New York: Basic Books. SW Childhood Education. Paris: UNESCO.
Sari, N. (2018). Pengaruh Lagu Anak-Anak terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta.
Sekaran, U. (2013). Research methods for business: A skill-building approach (4th ed.). John Wiley & Sons.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, U. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Wulan. (2019). Analisis Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak
Swanwick, K. (1999). Teaching music musically. Routledge.
Maslow, A. H. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review, 50(4), 370-39
Menon, V., & Levitin, D. J. (2005). The rewards
of music listening: Dopamine release,
emotion,and memory. Neuropsychologia,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Haris Suwondo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International


















